Émile Picard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Émile Picard
FRS(For) FRSE
Berkas:Charles Émile Picard.jpg
Lahir(1856-07-24)24 Juli 1856
Paris, Prancis
Meninggal11 Desember 1941(1941-12-11) (umur 85)
Paris, Prancis
KebangsaanFrench
AlmamaterÉcole Normale Supérieure (Paris)
PenghargaanFellow of the Royal Society[1]
Karier ilmiah
BidangMatematika
InstitusiUniversitas Paris
École Centrale Paris
DisertasiApplications des complexes lineaires a l'etude des surfaces et des courbes gauches
Pembimbing doktoralGaston Darboux
Mahasiswa doktoralSergei Bernstein
Paul Dubreil
Jacques Hadamard
Gaston Julia
Traian Lalescu
Philippe Le Corbeiller
Paul Painlevé
Mihailo Petrović
Simion Stoilow
Ernest Vessiot
Henri Villat
André Weil
Stanisław Zaremba

Charles Émile Picard FRS(For)[1] FRSE (bahasa Prancis: [ʃaʁl emil pikaʁ]; 24 Juli 1856 – 11 Desember 1941) adalah seorang matematikawan Prancis. Ia terpilih sebagai anggota kelima belas yang menduduki kursi 1 Académie française pada tahun 1924.[2]

Makalah matematika Picard, buku teks, dan banyak tulisan populer menunjukkan berbagai minat yang luar biasa, serta penguasaan matematika yang mengesankan pada masanya. Siswa modern dari variabel kompleks mungkin akrab dengan dua teorema bernama. Teorema kecil Picard menyatakan bahwa setiap fungsi tak konstan mengambil setiap nilai dalam bidang kompleks, dengan mungkin satu pengecualian. Teorema agung Picard menyatakan bahwa fungsi analitik dengan singularitas esensial mengambil setiap nilai seringkali tak terhingga, mungkin dengan satu pengecualian, di lingkungan singularitas mana pun. Dia membuat kontribusi penting dalam teori persamaan diferensial, termasuk bekerja pada teori Picard-Vessiot, transenden Painlevé dan pengenalan semacam kelompok simetri untuk persamaan diferensial linier. Dia juga memperkenalkan grup Picard dalam teori permukaan aljabar, yang menjelaskan kelas kurva aljabar pada kesetaraan linear modulo permukaan. Sehubungan dengan karyanya pada teori fungsi, dia adalah salah satu matematikawan pertama yang menggunakan ide-ide topologi aljabar yang muncul. Selain karya teoretisnya, Picard memberikan kontribusi pada matematika terapan, termasuk teori telegrafi dan elastisitas. Makalah yang dikumpulkannya mencapai empat jilid.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hadamard, J. (1942). "Emile Picard. 1856–1941". Obituary Notices of Fellows of the Royal Society. 4 (11): 129–150. doi:10.1098/rsbm.1942.0012. 
  2. ^ John J. O'Connor and Edmund F. Robertson. Émile Picard di MacTutor archive.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Émile Picard di Wikimedia Commons