Émile Jaques-Dalcroze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Émile Jaques-Dalcroze

Émile Jaques-Dalcroze (6 Juli 1865 – 1 Juli 1950) adalah seorang komponis, musisi, dan pengajar musik asal Swiss yang mengembangkan euritmika, sebuah metode mengajar dan mengalami musik melalui gerakan. Pengaruh euritmika dapat dilihat pada pedagogi Orff Schulwerk yang umum diterapkan di pendidikan musik sekolah umum di Amerika Serikat.

Metode Dalcroze melibatkan pengajaran konsep musik melalui gerakan. Berbagai analogi gerakan dipakai untuk konsep musik demi mengembangkan suasana ekspresi musik yang terintegrasi dan alami. Dalcroze merasa membelokkan badan sesuai instrumen musik yang bagus adalah cara terbaik untuk menciptakan dasar musik yang kuat dan bersemangat. Metode Dalcroze terdiri dari tiga elemen yang sama pentingnya, yaitu euritmika, solfège, dan improvisasi.[1] Menurut Dalcroze, bersama-sama mereka membentuk pelatihan kemusisian yang diperlukan untuk menjadi musisi utuh. Dalam pendekatan yang ideal, elemen-elemen dari setiap subjek menyatu, sehingga menghasilkan pendekatan pengajaran berdasarkan kreativitas dan gerakan.

Dalcroze memulai kariernya sebagai seorang pedagog di Geneva Conservatory tahun 1892, tempat ia mengajar harmoni dan solfège. Antara 1903 dan 1910, Dalcroze mulai memberikan presentasi publik mengenai metode ciptaannya.[2] Pada tahun 1910, dengan bantuan industrialis Jerman Wolf Dohrn, Dalcroze mendirikan sebuah sekolah di Hellerau, di luar Dresden, khusus untuk mengajarkan metodenya. Sekolah Hellerau ini menelurkan banyak musisi, termasuk Pangeran Serge Wolkonsky, Vera Alvang (Griner), Valeria Cratina, Jelle Troelstra (putra Pieter Jelles Troelstra), Inga dan Ragna Jacobi, Albert Jeanneret (adik Le Corbusier), Mariam Ramberg, dan Placido de Montelio. Setelah Perang Dunia I pecah tahun 1914, sekolah ini ditutup.

Beberapa komposisi buatannya adalah Nocturne untuk biola dan orkestra, Violin Concerto #1 in c dan Poème (2nd Concerto) untuk biola dan orkestra. Dua komposisi terakhir tadi tersedia dalam format CD berlabel Guild.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mead, V. H. (1996). "More than Mere Movement – Dalcroze Eurhythmics." Music Educators Journal, 82(4), 38-41.
  2. ^ Mead, p.39.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]