Édgar Ramírez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Édgar Ramírez
Ramírez di San Diego Comic-Con 2017
LahirÉdgar Filiberto Ramírez Arellano[1]
25 Maret 1977 (umur 47)[1]
San Cristóbal, Táchira, Venezuela[1]
PekerjaanPemeran
Tahun aktif2003–kini

Édgar Filiberto Ramírez Arellano (pengucapan bahasa Spanyol: [ˈeðɣaɾ raˈmiɾes], Templat:;lahirmati) adalah seorang pemeran dan mantan wartawan asal Venezuela.[2] Ia memerankan Carlos the Jackal dalam seri biopik Prancis-Jerman tahun 2010 Carlos sebuah peran di mana ia memenangkan César Award untuk Aktor Paling Menjanjikan di César Awards 2011 , dan dinominasikan untuk Golden Globe dan Emmy Award untuk Aktor Terbaik. Ia juga memerankan Larry, seorang agen CIA dalam film Zero Dark Thirty , Paz—seorang pembunuh CIA—dalam The Bourne Ultimatum , dan Roberto Duran in Hands Stone . Ramírez menang di ALMA Awards 2012 untuk Ares di Wrath of the Titans . Ia menerima beberapa nominasi penghargaan untuk perannya sebagai Gianni Versace dalam miniseri 2018 The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story . Pada tahun 2020, ia memiliki peran berulang dalam miniseri HBO The Undoing .

Ramírez belajar komunikasi di Universitas Katolik Andrés Bello . Ia kemudian bekerja di media dan mempertimbangkan untuk menjadi diplomat . Ketika Guillermo Arriaga memuji film pendek yang telah dia buat, dia memutuskan untuk mengejar hobi pertunjukannya sebagai karier.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Ramírez lahir di San Cristóbal, Táchira , Venezuela, putra Soday Arellano, seorang pengacara, dan Filiberto Ramírez, seorang perwira militer. Dia memiliki saudara perempuan bernama Nataly dan keponakan perempuan bernama Enrique dan Maria Camilla. Sebagian masa kecilnya dihabiskan dengan bepergian ke berbagai negara, ia berbicara lima bahasa dengan lancar.

Ramírez lulus pada tahun 1999 dari Universitas Katolik Andrés Bello di Caracas dengan gelar di bidang komunikasi massa, mengambil jurusan komunikasi audiovisual, meskipun ia bermaksud untuk mengejar hubungan internasional . Saat kuliah, ia bekerja sebagai jurnalis baru, yang meliput politik. Kemudian, ia menjadi direktur eksekutif Dale al Voto, sebuah yayasan Venezuela. Dia dan timnya membuat kampanye untuk radio, televisi, dan bioskop. Namun, ia selalu tertarik pada seni pertunjukan dan selama kuliah terlibat dengan seni. Ramírez bertanggung jawab atas promosi internasional Festival Film Viart. "Bohong kalau aku bilang aku bermimpi menjadi aktor sejak kecil. Tapi aku tidak acuh dengan dunia seni pertunjukan. Aku selalu sangat tertarik. Aku tidak pernah memikirkannya sebagai karier. ." Ramírez lulus, karena dia sedang mengerjakan tesisnya dan akan menghadiri Harvard National Model UN tahun itu sebagai delegasi dari sekolahnya. Tiga tahun kemudian Arriaga kembali ke Venezuela dari festival Film Cannes di Prancis, di mana film tersebut memenangkan Hadiah Pekan Kritikus. Film tersebut kemudian juga dinominasikan untuk Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Ramírez kemudian memutuskan untuk mengejar minat aktingnya.

Karier Akting[sunting | sunting sumber]

Pengakuan pertama Ramirez sebagai aktor adalah sukses sinetron Cosita Rica , untuk Venevisión yang ditayangkan pada bulan September 2003 sampai Agustus 2004, berlangsung 270 episode. Pada tahun 2005, ia membuat debut film utamanya bermain Choco, minat cinta Domino Harvey dalam film Domino yang disutradarai oleh Tony Scott .

Dia berada di Vantage Point yang disutradarai oleh Pete Travis . Dalam film thriller politik Sony Pictures yang berbiaya tinggi ini, Ramírez bergabung dengan pemain internasional bintang termasuk Dennis Quaid , Matthew Fox , William Hurt , Forest Whitaker , Eduardo Noriega , dan Ayelet Zurer . Ramírez memerankan Javier, seorang mantan tentara pasukan khusus yang dipaksa untuk menculik Presiden Amerika untuk mendapatkan saudaranya kembali. Yang akan datang adalah Cyrano Fernandez , dengan Ramírez sebagai pemeran utama. Produksi independen ini disutradarai oleh Alberto Arvelo.

Ramírez telah muncul di beberapa produksi lainnya. Di antaranya adalah bagian pertama dari dua bundel film Che karya Steven Soderbergh , di mana ia memainkan peran Ciro Redondo (seorang revolusioner Kuba yang bertarung dengan Ché Guevara ), La Hora Cero ( The Magic Hour ), sebuah film pendek yang disutradarai oleh Guillermo Ariaga ; Plan B , disutradarai oleh Alejandro García Wiederman (Venezuela); Yotama se va volando ( Yotama Flies Away ), disutradarai oleh Luis Armando Roche (Venezuela-Prancis); Punto y raya ( Step forward), disutradarai oleh Elia K. Schneider (Venezuela-Spanyol-Chile-Uruguay), diajukan oleh Venezuela untuk pertimbangan Oscar untuk Film Asing Terbaik 2004 , di mana ia memerankan prajurit Kolombia Pedro.

Pada tahun 2007, ia memainkan peran Paz, seorang pembunuh Blackbriar, di The Bourne Ultimatum ; dalam novel sumbernya The Bourne Ultimatum , penjahatnya adalah Ilich Ramírez Sánchez , alias Carlos the Jackal. Ramírez kemudian memainkan peran Carlos yang sebenarnya dalam seri terbatas Prancis-Jerman 2010 Carlos . Pada Penghargaan César Prancis 2011 , ia dianugerahi, untuk versi film dari serial TV, Penghargaan César untuk Aktor Paling Menjanjikan . Ramírez juga memberikan suaranya untuk pendidikan pembelajaran bahasa, menjadi bintang tamu pada suplemen CD audio untuk perangkat lunak DVD Fluenz Spanish 1.

Ramírez muncul dalam sekuel Clash of the Titans (2010), Wrath of the Titans (2012), memerankan Ares, Dewa Perang. Pada tahun 2012, ia bermain Larry di Kathryn Bigelow Film Tiga puluh Nol Gelap . Dia memerankan Bodhi di remake Point Break 2015 . Pada 2016, ia memerankan Dr. Kamal Abdic dalam film The Girl on the Train (2016) .

Pada 18 November 2016, Reporter Hollywood mewawancarai Ramírez tentang jam tangannya yang dicuri. Pencuri masuk ke apartemen Ramírez di Caracas dan mencuri koleksi jam tangannya termasuk jam tangan keramik titanium Chanel J12 Chromatic; sebuah Cartier Santos; sebuah TAG Heuer Aquaracer, sebuah Montblanc TimeWalker Chronograph. Jam tangan lain dalam koleksinya adalah Cartier Drive; sebuah Montblanc "Penghormatan kepada Nicolas Rieussec"; dan arloji Harmony dan Patrimony, keduanya oleh Vacheron Constantin semuanya bernilai sekitar 150.000 dolar.

Pada tahun 2017, Ramírez memerankan Gianni Versace di musim kedua serial antologi American Crime Story . Pada tahun 2019, Ramírez bergabung dengan pemeran film thriller mata-mata 355 , yang akan mulai syuting pada Juli 2019.

Kegiatan Filantropi[sunting | sunting sumber]

Edgar Ramírez mendukung kampanye "No Dispares" (Jangan Tembak), oleh Amnesty International , organisasi hak asasi manusia internasional. Tujuan kampanye ini adalah untuk menghilangkan jumlah cedera dan kematian yang disebabkan oleh penggunaan senjata yang tidak bertanggung jawab.

Ramírez juga merupakan bagian dari "5 Senses in Action", sebuah organisasi yang memberi manfaat bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Pada tanggal 13 Juli 2008, Ramírez mengambil bagian dalam kegiatan di luar ruangan yang merangsang pengalaman sensorik melalui gerak tubuh, bermain dan bernyanyi untuk anak-anak yang tuli dan/atau buta sejak lahir.

Pada tanggal 12 November 2010, Ramírez diangkat sebagai Duta Niat Baik Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa ( UNICEF ), di sebuah acara yang diadakan di Hotel Eurobuilding di Caracas, dan dihadiri oleh tokoh-tokoh dari korps diplomatik negara itu. Perwakilan UNICEF di Venezuela, Nadya Vásquez, mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir organisasi tersebut telah membentuk aliansi dengan aktor tersebut "yang melaluinya disediakan untuk mendukung kegiatan yang terkait langsung dengan kampanye pencegahan kekerasan"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Biography Diarsipkan 2019-01-25 di Wayback Machine.. edgar-ramirez.com
  2. ^ The Late Show with Stephen Colbert (August 25, 2016). "Édgar Ramírez Salsa Dances onto Late Show Stage". Diakses tanggal June 24, 2017 – via YouTube. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]