Æthelthryth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santa Æthelthryth

Æthelthryth (atau Æðelþryð atau Æþelðryþe; skt. 63623 Juni 679) adalah seorang Santa Kristen Anglo Saxon, dirayakan pada 23 Juni.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Putri Anna, Raja Anglia Timur, dan istrinya Hereswith, dia mungkin lahir di Exning, dekat Newmarket di Suffolk, ketika Inggris memiliki tujuh kerajaan. Saudara perempuannya Seaxburh, Æthelburh, Wihtburh dan Sæthryth menarik diri dari dunia dan mendirikan biara. Saudaranya Santo Earconwald menjadi uskup London.

Æthelthryth mengontrak pernikahan pertama pada sekitar 652 dengan Tondberht, seorang lelaki tua yang sakit, kepala Gyrwas dari Selatan, sebuah suku di wilayah Fens. Namun, dia berhasil membujuk suaminya untuk menjaga sumpah keperawanan yang telah dia ambil sebelum pernikahannya. Ketika suaminya meninggal pada 655, dia pensiun ke Isle of Ely, yang diberikan Tondberht kepadanya sebagai "hadiah pagi"[1].

Æthelthryth kemudian menikah lagi pada 660 dengan Ecgfrith, raja Northumbria. Tak lama setelah naik takhta pada 670, Æthelthryth ingin menjadi seorang biarawati. Langkah ini mungkin menyebabkan pertengkaran panjang Ecgfrith dengan Wilfridus, Uskup Agung York, yang merupakan penasihat spiritualnya. Uskup pada awalnya berhasil membujuk raja untuk menyetujui bahwa Æthelthryth harus hidup dalam damai untuk beberapa waktu sebagai biarawati Coldingham, yang didirikan oleh bibinya, Æbbe dari Coldingham.[1]

Satu versi menjelaskan bahwa Ecgfrith awalnya menerima bahwa Æthelthryth terus tetap suci, tetapi itu, sekitar 672, dia ingin mewujudkan pernikahannya dan bahkan mencoba menyuap Wilfridus agar dia menggunakan pengaruhnya untuk membujuk ratu. Setelah penolakannya, raja memutuskan untuk mengeluarkan ratu dari biaranya dengan paksa. Setelah itu, dia melarikan diri untuk berlindung di Ely dengan dua biarawati yang setia padanya[1], berhasil melarikan diri sebagian berkat gelombang pasang yang ajaib.

Raja Northumbria menikah lagi dengan Eormenburh dan mengusir Wilfridus dari kerajaannya pada 678.

Menurut Sejarah Anglo-Saxon, Æthelthryth mendirikan biara ganda Ely pada 673; biara ini akan dihancurkan selama invasi Denmark pada 870.

Æthelthryth meninggal karena wabah pes di Ely pada 679. Beda menceritakan bagaimana, setelah kematian Æthelthryth, jenazahnya digali oleh Abdis Seaxburh, saudara perempuannya yang sebelumnya adalah Ratu Kent, kemudian dimakamkan di peti marmer putih dari Cambridge.

Adik perempuan, keponakan perempuan dan cucu perempuan Æthelthryth, putri kerajaan termasuk dua ratu janda (kerajaan Mercia), mengambil sumpahnya sebagai abdis biara Ely.

Kultus[sunting | sunting sumber]

Æthelthryth dirayakan pada 23 Juni. Santa Æthelthryth adalah pelindung Cambridge dan mereka yang menderita penyakit tenggorokan atau leher.

Æthelthryth biasanya disebut sebagai Santa Awdrey. Nama ini berasal dari kata sifat bahasa Inggris tawdry, yang berarti "rasa tidak enak"; sebenarnya, sepasang kekasih membeli barang-barang renda kerawang kecil di pameran yang didedikasikan untuk Awdrey yang diadakan setiap tahun di Ely; mode mereka berlalu, dan barang-barang ini segera dianggap kuno, murah, atau berkualitas buruk; ini terutama terjadi pada abad ke-XVII ketika kaum Puritan di Inggris timur memandang rendah segala bentuk pakaian berenda.

Di Ely Place, di Holborn (dekat London), ada sebuah kapel yang didedikasikan untuk Santa Æthelthryth, yang awalnya merupakan bangunan tambahan dari istana uskup Ely. Setelah Reformasi, istana ini adalah kediaman duta besar Spanyol, yang memungkinkan kelangsungan peribadatan Katolik di kapel ini, yang dengan demikian dapat dianggap sebagai gereja Katolik tertua yang digunakan di Inggris, meskipun nonkonformis Wales menggunakannya untuk beberapa waktu selama abad ke-XIX.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Patung St. Etheldreda di Katedral Ely

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c  Macpherson, Ewan (1909). "St. Etheldreda". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. 5. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^ Bede notes that he wrote this hymn in the Ecclesiastical History, IV, 20 (Wikisource version) several/many years earlier.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Virginia Blanton (2007) Signs of Devotion: the cult of St Aethelthryth in medieval England, 695–1615. University Park, Pa: Pennsylvania State University Press ISBN 0-271-02984-6
  • McCash, June Hall & Judith Clark Barban, ed. and trans. (2006) The Life of Saint Audrey; a text by Marie de France. Jefferson, NC: McFarland ISBN 0-7864-2653-5
  • M. Dockray-Miller (2009) Saints Edith and Æthelthryth: Princesses, Miracle Workers, and their Late Medieval Audience; the Wilton Chronicle and the Wilton Life of St Æthelthryth, Turnhout: Brepols Publishers ISBN 978-2-503-52836-6.
  • Maccarron, Máirín, "The Adornment of Virgins: Æthelthryth and Her Necklaces," in Elizabeth Mullins and Diarmuid Scully (eds), Listen, O Isles, unto me: Studies in Medieval Word and Image in honour of Jennifer O’Reilly (Cork, 2011), 142–155.
  • Major, Tristan, "Saint Etheldreda in the South English Legendary," Anglia 128.1 (2010), 83–101.
  • Wogan-Browne, Jocelyn, "Rerouting the Dower: The Anglo-Norman Life of St. Audrey by Marie (of Chatteris?)", in Power of the Weak: Studies on Medieval Women, ed. Jennifer Carpenter and Sally-Beth Maclean (Champaign: University of Illinois Press, 1995), 27–56.

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Rosser, Susan (Autumn 1997). "Æthelthryth: a Conventional Saint?". Bulletin of the John Rylands University Library of Manchester. 79 (3): 15–24. doi:10.7227/BJRL.79.3.4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]