Æthelswith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Æthelswith (tahun 838-888) merupakan putri Raja Æthelwulf dari Wessex. Ia menjadi Ratu Æthelswith ketika ia menikah dengan Raja Burgred dari Mercia pada tahun 853. Pernikahannya kemungkinan menandai subordinasi Burgred kepada ayah mertuanya dan kerajaan Sachen yang pada saat itu baik Wessex dan Mercia menderita dari penjarahan bangsa (Viking). Burgred juga menghadapi masalah dengan Kerajaan Powys di perbatasan baratnya dan pada tahun 853 Æthelwulf menyerahkan negara Welsh atas nama Burgred.

Serangan Viking yang beruntun selama bertahun-tahun membuat militer Mercia melemah dan pada tahun 868 Burgred terdesak dipanggil oleh adik Æthelswith Raja Æthelred dari Wessex untuk membantunya di dalam konfrontasi dengan pasukan Denmark di Nottingham. Ini merupakan yang terakhir kalinya bangsa Sachen dibantu oleh bangsa Mercia dan juga yang terkenal adalah peristiwa dimana Alfred yang Agung, salah satu adik Æthelswith, menikahi wanita dari bangsa Mercia yang bernama Ealhswith.

Pemerintahan Burgred berlangsung sampai tahun 874 ketika Viking mendorongnya dari kerajaan dan ia melarikan diri ke Roma dengan Æthelswith. Ia wafat tak lama kemudian. Æthelswith tinggal di Italia, dan dimakamkan di Pavia pada tahun 888.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Simon Keynes & Michael Lapidge eds, Alfred the Great, Asser's Life of King Alfred and Other Contemporary Sources (Penguin Classics). London: Penguin, 1983, pp. 69, 113, 232, 281.