Æthelred dan Æthelberht

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Æthelred dan Æthelberht dari Kent (dari Eastry)
Lahirabad ketujuh
Meninggalskt. 669
Dihormati diKekristenan Anglo-Saxon
Tempat ziarahBiara Ramsey di Huntingdonshire; Canterbury[1]
Pesta17 Oktober (translasi relikui)[1]
Atributdengan Aethelberht, sbg saudara kerajaan, terkadang dengan pedang[1]

Æthelred dan Æthelberht (juga Ethelred, Ethelbert) menurut legenda kerajaan Kent (dibuktikan pada abad ke-XI) adalah dua pangeran Anglo-Saxon dari abad ke-VII. Berasal dari wangsa Kerajaan Kent, mereka dihormati sebagai santo dan martir oleh Gereja Katolik. Sejarah mereka dinyatakan oleh teks-teks hagiografi yang berasal dari abad ke-XI, bahwa mereka dibunuh oleh sepupu pertama mereka Ecgberht. Yang terakhir kemudian akan mendirikan sebuah biara di Minster-in-Thanet untuk menebus kesalahannya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Teks "Legenda Santa Mildrith" mencatat bahwa Æthelred dan Æthelberht adalah putra Eormenred, yang juga putra Raja Eadbald dari Kent. Eormenred memberikan hak asuh putra-putranya kepada saudaranya Eorcenberht, yang menjadi raja setelah kematian Eadbald. Masih anak-anak, mereka dibunuh oleh Thunor, pelayan Ecgberht, putra dan penerus Eorcenberht di atas takhta Kent. Untuk menebus pembunuhan sepupunya, Ecgberht mendanai pendirian sebuah biara di Minster-in-Thanet. Abdis pertama di biara ini adalah saudara perempuan dari pangeran yang terbunuh bernama Domne Eafe atau Æbbe menurut sumber.

Kultus[sunting | sunting sumber]

Peninggalan Æthelred dan Æthelberht pertama kali disimpan di Wakering, di kerajaan Saxon Timur. Pada abad ke-X, Uskup Oswald dari Worcester memindahkan mereka ke Biara Ramsey. Translasi ini diperingati pada 17 Oktober.

Kedua bersaudara ini menjadi subjek dari dua hagiografi: Passio SS Ethelberti atque Ethelredi regiae stirpis pueroru, ditulis pada sekitar 1000 oleh biarawan Byrhtferth dari Biara Ramsey, dan Passio et translatio beatorum martyrum Ethelredi atque Ethelbri, ditulis antara 1050 dan 1200. Teks ini, yang juga berasal dari Biara Ramsey, disimpan dalam manuskrip Bodley 285 di Perpustakaan Bodleian, Universitas Oxford.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Rabenstein, Katherine (March 1999). "Ethelbert (Ædilberct, Ethelbricht) and Ethelred of Kent MM (AC)". Saints O' the Day for October 17. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-06. Diakses tanggal 2007-03-08.  unarchived version Diarsipkan 2020-03-02 di Wayback Machine. Accessed 2012-02-22.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Bede, Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum, Ed. and Trans. by B. Colgrave and R.A.B. Mynors (Oxford 1969).
  • J. A. Giles, Roger of Wendover's Flowers of History, Translation, Vol.1 (London 1849).
  • S. Plunkett, Suffolk in Anglo-Saxon Times (Stroud 2005).
  • D. W. Rollason, The Mildrith Legend. A Study of Early Medieval Hagiography in England (Leicester 1982).
  • F. M. Stenton, Anglo-Saxon England, 3rd Edition (Oxford 1971).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]