Lompat ke isi

Mahabharat (seri televisi 2013)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Swastik productions)

Mahabharat
GenreMitologi
PembuatSiddharth Kumar Tewary
BerdasarkanMahabharata
oleh Vyasa
Ditulis olehSiddharth Kumar Tewary
Sharmin Joseph
Radhika Anand
Anand Vardhan
Mihir Bhuta
SutradaraSiddharth Anand Kumar
Amarprith G
Mukesh Kumar Singh
Kamal Monga
Loknath Pandey
Pengarah kreatifAmol Surve
PemeranSourabh Raaj Jain
Shaheer Sheikh
Pooja Sharma
Aham Sharma
Arpit Ranka
Praneet Bhat
Arav Chowdhary
NaratorSaurabh Raj Jain
Penggubah lagu temaAjay–Atul[1]
Penata musikJitesh Panchal
Lenin Nandi
Sushant Pawar
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode267[2]
Produksi
ProduserSiddharth Kumar Tewary
Rahul Kumar Tewary
PenyuntingParesh Shah
Pengaturan kameraMulti camera
Durasi22 menit
45 menit (untuk episode perkenalan)
Rumah produksiSwastik Productions
Rilis asli
JaringanStarPlus
Rilis16 September 2013 (2013-09-16) –
16 Agustus 2014 (2014-08-16)

Mahabharata adalah serial televisi mitologi India tahun 2013 yang berdasarkan pada kisah Epik Sansekerta Mahabharata.[3] Serial ini ditayangkan mulai 16 September 2013 hingga 16 Agustus 2014 di Star Plus.[4][5] Serial ini juga tersedia secara digital di Disney+ Hotstar. Diproduksi oleh Swastik Productions Pvt. Ltd, dibintangi oleh Saurabh Raj Jain, Pooja Sharma, Shaheer Sheikh dan Aham Sharma.[6]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai dengan Bisma, putra Santanu dan Gangga, mengambil sumpah selibat untuk meyakinkan Satyawati untuk menikah dengan ayahnya Santanu, Raja Hastinapura. Santanu dan Satyawati menikah dan memiliki 2 anak – Citranggada dan Wicitrawirya. Chitranggada meninggal dan atas saran ratu Satyawati, Bisma memenangkan tiga putri kerajaan Kasi untuk Wicitrawirya tetapi Putri tertua Amba menolak untuk menikah dengannya dan pergi untuk kekasihnya yang menolaknya. Dia menyalahkan Bisma dan bersumpah bahwa dia akan menjadi penyebab kematiannya. Wicitrawirya meninggal tanpa anak, kecuali Veda Vyasa, putra Satyawati yang lahir melalui ilmu gaib diminta untuk menghamili 2 istri Wicitrawirya, Ambika dan Ambalika dengan cara yang sama seperti dia dikandung. Selain para ratu, Byasa juga menghamili seorang pelayan Parishrami melalui ilmu gaib. Tak lama kemudian, Ambika melahirkan Dretarastra, terlahir buta, Ambalika melahirkan Pandu, terlahir pucat dan Parashrami melahirkan Widura.

25 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Dretarastra menikah dengan Gandari, putri Kerajaan Gandhara karena anugerahnya melahirkan seratus putra. Setelah mengetahui calon suaminya buta Gandari memutuskan untuk menutup matanya sendiri untuk berbagi rasa sakit suaminya. Ini membuat marah Sangkuni, saudara laki-laki Gandari, dan dia bersumpah untuk menghancurkan Bisma, karena dialah yang mengajukan lamaran pernikahan Gandari. Dretarastra menolak tahta karena buta, dan tahta diberikan kepada Pandu. Pandu menikahi Kunti, putri Kerajaan Kunti, dan Madri dari Kerajaan Madra. Pandu kemudian dikutuk oleh resi Kindama, bahwa dia akan mati jika mencoba menghamili istri-istrinya. Pandu patah hati, meninggalkan kerajaan dengan 2 istrinya. Setelah itu Dretarastra secara de facto menjadi Raja Hastinapura.

Kunti menggunakan anugerahnya, yang diberikan kepadanya oleh resi Durwasa, untuk memohon dewa pilihannya dan mendapatkan anak dari mereka. Dia melahirkan Yudhishthira dari Yama (dewa kematian dan kebenaran), Bima dari Bayu (dewa angin), Arjuna dari Indra (raja para dewa). Dia juga mengucapkan anugerah untuk Madri, dan Madri mendapatkan anak kembar - Nakula dan Sadewa - dari Aswini Kumara. Gandari cemburu dengan perkembangan ini dan melahirkan segumpal daging setelah hamil selama 2 tahun, tetapi ini dipotong menjadi 101 bagian oleh Veda Vyasa, dan potongan ini akhirnya berubah menjadi anak - 100 Kurawa (dipimpin oleh Duryodana) dan seorang putri, Dursala.

15 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun berlalu, dan Kurawa tumbuh menjadi jahat, dipimpin oleh kakak tertua mereka Duryodana, yang sangat dipengaruhi oleh pamannya Sangkuni, bertentangan dengan Pandawa yang saleh. Pandawa kembali ke Hastinapura bersama Kunti, setelah kematian Pandu dan Madri. Sangkuni mencoba meracuni Bima, tetapi dia diselamatkan oleh kakek buyutnya Naag Raj. Bisma mengusir Sangkuni dari Hastinapura, memaksanya kembali ke Gandhara. Semua pangeran dikirim untuk belajar di bawah Guru Dronacarya di mana Dronacarya mengajar semua orang tentang peperangan termasuk putranya Ashwatthama.

12 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun berlalu dan para pangeran kembali ke Hastinapura, di mana mereka terlibat dalam kompetisi untuk menunjukkan keahlian mereka. Arjuna memenangkan kompetisi, tetapi Karna menantang Arjuna karena Dronacarya menyatakan Arjuna sebagai pemanah terhebat di dunia. Kunti menyadari bahwa Karna adalah anaknya yang diperolehnya dari Surya, Dewa Matahari, jauh sebelum menikah. Sementara itu, Arjuna juga berteman dengan Sri Krishna, sepupunya (ayah Sri Krishna adalah Basudewa, saudara laki-laki Kunti), dan Raja Dwarka. Kurawa mencoba membunuh Pandawa menggunakan istana yang terbuat dari lilin, tetapi Pandawa melarikan diri. Mereka pergi ke pengasingan sehingga semua orang percaya mereka sudah mati. Dalam prosesnya, Pandawa menghadapi setan dengan nama Hidimba. Bima membunuh Hidimba tetapi akhirnya menikahi saudara perempuannya, Hidimbi. Pasangan itu melahirkan seorang putra, Gatotkaca. Arjuna yang menyamar sebagai seorang Brahmana memenangkan Drupadi dalam Swayamvarnya yang diatur oleh ayahnya, Raja Panchala, Drupada. Arjuna membawanya ke ibunya yang sedang melakukan Puja dan tanpa menyadari apa yang dia bicarakan memerintahkannya untuk berbagi apapun yang telah dia menangkan dengan saudara laki-lakinya. Pandawa akhirnya menikahi Drupadi, putri Panchala dan putri Raja Drupada, yang lahir dari api, sehingga identitas mereka terungkap. Mereka kembali ke Hastinapura dan membenarkan poliandri mereka.

Urutan peristiwa menyebabkan Kerajaan Kuru terbagi, Pandawa menerima kerajaan baru - Khandavprastha. Arjuna menghancurkan Khandava. Mereka merenovasi kota, dan menamainya menjadi Indraprastha. Kemakmuran Indraprastha membuat marah Duryodana. Duryodana yang cemburu memanggil Pandawa untuk permainan dadu, di mana Yudhishthira kehilangan kerajaannya, saudara-saudaranya serta istri mereka Drupadi. Drupadi diseret dan dipermalukan di pengadilan, namun, pada akhirnya Krishna menyelamatkan kehormatannya.

Pandawa dan Drupadi, sebagai akibat dari kekalahan, terpaksa diasingkan selama 12 tahun dan satu tahun penyamaran, fase terakhir dihabiskan di kerajaan Raja Wirata. Arjuna mendapat pasupatashtra dari tuan shiva. Pandawa bersatu kembali dengan anak-anak mereka - Upapandawa (5 putra Drupadi) dan Abimanyu (putra Arjuna dan Subadra), setelah masa pengasingan. Abimanyu menikah dengan Utari, putri Raja Wirata dan Ratu Sudesna.

Perjanjian damai Pandawa dengan Kurawa gagal terwujud, sehingga menegaskan bahwa perang akan terjadi. Baik Pandawa maupun Kurawa, mengumpulkan pasukan masing-masing dengan bersekutu dengan berbagai suku dan kerajaan.

Sesaat sebelum Perang Kurukshetra dimulai, Arjuna memperoleh pengetahuan tentang Bhagavad Gita dari Krishna, yang membantunya memperjuangkan kebenaran tanpa penyesalan membunuh rakyatnya sendiri dalam prosesnya. Perang dimulai dan berlanjut selama 18 hari - kedua belah pihak menghadapi kehancuran massal. Pandawa dan Kurawa kehilangan semua anak, mertua, dan sekutu mereka, dan perang secara resmi berakhir setelah Duryodana, satu-satunya Kurawa yang tersisa, dibunuh oleh Bima.

Aswatama (putra Dronacharya), saat melihat kematian Duryodana, menjadi marah dan menyerang kamp Pandawa pada malam hari, membunuh banyak tentara dalam prosesnya. Drestadyumna, Srikandi (kakak tertua Drupadi yang membantu Pandawa membunuh Bisma) dan Upapandawa dibunuh oleh Aswatama saat mereka sedang tidur. Dia juga mencoba membunuh seorang janda Utari dan bayinya yang belum lahir agak tidak berhasil, tetapi keduanya dihidupkan kembali dan anak itu dinamai 'Parikesit' oleh Krishna.

Krishna juga mengutuk Aswatama untuk tetap menderita sakit parah dan keabadian selama sisa hidupnya karena tindakan keji itu. Pandawa kembali ke Hastinapura, di mana Dretarastra mencoba membunuh Bima tetapi tidak berhasil. Gandari mengutuk Krishna karena membiarkan perang terjadi karena dia kehilangan semua putra dan cucunya, jadi dia mengalami nasib yang sama. Pertunjukan diakhiri dengan Yudhishthira yang akhirnya dinobatkan oleh Krishna, sebagai Raja Hastinapura.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Sourabh Raaj Jain sebagai Krishna / Wisnu: Putra Dewaki dan Basudewa; anak angkat Yasoda dan Nanda; saudara tiri Balram dan Subadra; keponakan Kunti; kekasih ilahi Radha; suami Rukmini; sepupu Karna dan Pandawa; Teman Drupadi. Dia adalah inkarnasi Dewa Wisnu, yang datang ke bumi untuk melindungi dharma.
  • Shaheer Sheikh sebagai Arjuna: Pangeran Pandawa Ketiga; Pemanah terbaik; anak Pandu dan Kunti; putra rohani Indra; adik laki-laki Karna, Yudistira, Bima; Kakak Nakula dan Sadewa; Suami Drupadi, Ulupi, Citranggada dan Subadra; Ayah Srutakarma, Irawan, Babruwahana dan Abimanyu; Guru dan ayah mertua Uttarā; Kakek Parikesit.
  • Pooja Sharma sebagai Drupadi: Putri Pancala; putri Raja Drupada yang terlahir dari api; Adik perempuan Srikandi dan Drestadyumna; istri Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa; ibu Pratiwindya, Sutasoma, Srutakarma, Satanika dan Srutasena. Kemudian permaisuri Indraprastha dan Hastinapura.
  • Aham Sharma sebagai Karna: Raja Angga; Pemanah terbaik; Putra Rohani Surya; anak Kunti; kakak laki-laki Pandawa; Anak angkat Adhiratha dan Radha; teman Duryodana.
  • Arpit Ranka sebagai Duryodana: Korawa Sulung; Putra pertama Raja Drestarastra dan Ratu Gandari; keponakan Sangkuni; Petarung gada; Teman Karna dan Aswatama; suami Banowati. Putra mahkota Hastinapura yang sombong dan pemarah, dia sering dimanipulasi oleh paman dari pihak ibu Sangkuni.
  • Praneet Bhat sebagai Sangkuni: Putra Raja Subala dan Ratu Sudarma; Kakak laki-laki Gandari; suami Arasi; ayah Uluka, Vrikasura dan Patatatri. Pada awalnya, dia adalah seorang pangeran tetapi kemudian menjadi Raja Gandhara.
  • Arav Chowdhary sebagai Bisma: putra Raja Santanu dan Dewi Gangga serta Kakek Pandawa dan Korawa; Prajurit Hebat. Dia telah bersumpah untuk membujang dan diberi anugerah oleh ayahnya untuk menentukan waktu kematiannya.
  • Thakur Anoop Singh sebagai Drestarastra: Raja Hastinapura yang Buta. Ia lahir dari Niyoga Byasa dan Ambika; Kakak laki-laki Pandu dan Widura; Suami Gandari, ayah Korawa, dan Dursala, paman dari pihak ayah Pandawa. Dia sangat merasa tidak aman dan sangat memihak kepada putra-putranya yang sering kali menghalangi dia untuk membuat keputusan yang bijaksana.
  • Riya Deepsi sebagai Gandari: putri Raja Subala dan Ratu Sudarma; Putri Gandhara, yang kemudian menjadi Ratu Hastinapura; Adik perempuan Sangkuni; istri Drestarastra; ibu Korawa dan Dursala. Setelah mengetahui bahwa calon suaminya terlahir buta, dia memutuskan untuk menutup matanya untuk ikut merasakan kepedihan suaminya.
  • Shafaq Naaz sebagai Kunti: Janda Ratu Hastinapura dan putri Kerajaan Kunti (menikah sebelumnya); Istri pertama Raja Pandu. Ibu Karna, Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa; putri Surasena; putri angkat Kuntibhoja; saudara perempuan Basudewa; bibi dari pihak ayah Baladewa, Krishna, dan Subadra. Dia memiliki kekuatan untuk memiliki anak dengan memohon kepada Tuhan.
  • Rohit Bhardwaj sebagai Yudistira: Pangeran Pandawa Pertama; Raja yang jujur. Dia memerintah Indraprastha dan kemudian Hastinapura; Putra Pandu dan Kunti; putra rohani Yama; adik laki-laki Karna; Kakak laki-laki Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa; Suami Drupadi, ayah Pratiwindya.
  • Saurav Gurjar sebagai Bima: Pangeran Pandawa Kedua; seorang pejuang gada yang hebat; anak Pandu dan Kunti; putra rohani Bayu; Adik Karna dan Yudistira; kakak laki-laki Arjuna, Nakula dan Sadewa; Suami Hidimbi dan Drupadi; Ayah Gatotkaca dan Sutasoma.
  • Nissar Khan sebagai Drona: Putra Sage Bharadwaja, guru kerajaan pangeran Kuru, suami Krepi, ayah Aswatama. Dibunuh oleh Drishtadhyumna pada Hari ke 15 perang Kurukshetra.
  • Ankit Mohan sebagai Aswatama: Putra Drona dan Krepi; Sahabat Duryodana, Pejuang Agung di pihak Korawa, Dikutuk dengan keabadian oleh Shri Krishna.
  • Vin Rana sebagai Nakula: Pangeran Pandawa Keempat; anak Kunti; Putra rohani Ashwini Kumar Nastya; anak angkat Pandu dan Madri; Kakak kembar Sadewa; adik Karna, Yudistira, Bima dan Arjuna; Suami Drupadi; ayah Satanika.
  • Lavanya Bhardwaj sebagai Sadewa: Pangeran Pandawa Kelima; anak Kunti; anak angkat Pandu dan Madri; Putra rohani Ashwini Kumar Darsa; Adik kembar Nakula; adik Karna, Yudistira, Bima dan Arjuna; Suami Drupadi, ayah Srutasena.
  • Nirbhay Wadhwa sebagai Dursasana: Korawa Kedua, putra kedua Raja Drestarastra dan Ratu Gandari; adik laki-laki Duryodhana; kakak laki-laki 98 Korawa dan Dursala, Dibunuh oleh Bima pada hari ke-16.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Veebha Anand[7] sebagai Subadra/Yogamaya: Putri Basudewa dan Rohini; adik perempuan Balram dan Krishna; istri keempat Arjuna; Teman Drupadi; ibu Abimanyu; Nenek Parikesit. Inkarnasi dewi Yogamaya.
  • Nazea Hasan Sayed sebagai Vrushali: istri Karna.
  • Sayantani Ghosh sebagai Satyawati: Seorang nelayan wanita yang menikah dengan Raja Shantanu dan menjadi Ratu. Ibu Weda Wyasa, Citranggada, dan Wicitrawirya; Ibu tiri Bisma.
  • Naveen Jinger sebagai Widura: Perdana Menteri Hastinapura, putra Byasa dan Ambika serta Parishrami pembantu Ambalika, adik laki-laki Drestarastra dan Pandu; suami Sulaba.
  • Sudesh Berry sebagai Drupada: Raja Pancala dan ayah dari Srikandi, Drestadyumna dan Drupadi.
  • Karan Suchak sebagai Drestadyumna: Putra Raja Drupada yang lahir dari api, adik laki-laki Srikandi dan kakak laki-laki Drupadi serta Pangeran Pancala, ayah Kesatrawarma, Kesatradarma, Kesatranjaya, dan Drestaketu.
  • Shikha Singh sebagai Srikandi: Putri Raja Drupada dan Ratu Kokila; kakak perempuan Satyajit, Drestadyumna dan Drupadi; Kelahiran kembali Putri Amba.
  • Paras Arora sebagai Abimanyu: putra Arjuna dan Subadra; Suami Uttarā dan ayah Parikesit. Seorang pejuang muda dan pemberani yang dibunuh oleh Korawa karena pengkhianatan
  • Hemant Choudhary sebagai Krepa: Kul Guru dari Hastinapura; Astra Guru Korawa dan Pandawa; Saudara laki-laki Krepi dan saudara ipar Drona
  • Sandeep Arora sebagai Wikarna: Pangeran Korawa ketiga, putra ketiga Raja Drestarastra dan Ratu Gandari serta adik laki-laki Duryodana dan Dursasana, kakak laki-laki Dushala dan suami Indumati.
  • Abhianshu Vohra sebagai Raja Susarma.
  • Kaushik Chakravorty sebagai Salya: Raja Madra dan kakak laki-laki Madri.
  • Ajay Mishra sebagai Sanjaya: Penasihat dan kusir Drestarastra.
  • Atul Mishra sebagai Weda Wyasa: Putra Satyawati dan Maharishi Parashara ayah pengganti Drestarastra, Pandu dan Widura. Penulis Mahabharata
  • Arun Singh Rana sebagai Pandu: Putra Ambalika dan Byasa, suami Kunti dan Madri, ayah dari Pandawa, Raja Hastinapura.
  • Ali Hassan sebagai
    • Jayadratha: Putra Raja Brihanmanas dan kemudian Raja Kerajaan Sindhu, suami Dursala, dan ayah Suratha.
    • Takshak: penguasa Nagraj dan Takshila yang membunuh cucu Arjuna, Parikesit.
  • Vaishnavi Dhanraj sebagai Hidimbā: Istri pertama Bima dan ibu Gatotkaca.
  • Ketan Karande sebagai Gatotkaca: Putra Bima dan Himdimbā, yang dibunuh oleh Karna.
  • Tarun Khanna sebagai Balarama: Putra Rohini dan Basudewa, kakak laki-laki Subadra dan kakak tiri Krishna, suami Revati.
  • Deepak Jethi sebagai Wirata: Raja Matsya, suami Sudesna, dan ayah Utara dan Utari.
  • Mallika Nayak sebagai Sudesna: Ratu Matsya, istri Wirata, ibu Utari dan Utara.
  • Rumi Khan sebagai Kicaka: Panglima Matsya, saudara laki-laki Sudeshna dan paman dari pihak ibu Utari dan Utara.
  • Joy Mathur sebagai Sisupala: Sepupu Krishna dan teman Duryodana.
  • Richa Mukherjee sebagai Utari: Putri Raja Wirata dan Ratu Sudesna, adik perempuan Utara, istri Abimanyu, dan ibu Parikesit, janda putri Hastinapura.
  • Pravisht Mishra sebagai Utara: Putra Wirata dan Sudesna serta saudara laki-laki Utari. Dia dibunuh oleh Salya pada hari pertama perang.
  • Puneet Issar sebagai Parasurama: Avatar keenam Dewa Wisnu dan guru Bisma, Drona, dan Karna
  • Sameer Dharmadhikari Sebagai Santanu: Raja Hastinapura; putra Pratipa dan Sunanda; suami Gangga dan Satyawati; ayah Bisma, Citranggada dan Wicitrawirya.
  • Vivana Singh as Devi Ganga: River goddess of Purity, King Shantanu's first wife, and Bhishma's mother.
  • Aryamann Seth as Vichitravirya: King Shantanu and Queen Satyavati's son, Chitrangad's younger brother, and Ambika and Ambalika's husband.
  • Ratan Rajput as Amba: Princess of Kasi kingdom, Kashya's daughter, Ambika and Ambalika's elder sister and the Princess of Kashi
  • Aparna Dixit as Ambika: Princess of Kasi kingdom, Vichitravirya's first wife and Dhritarashtra's mother.
  • Mansi Sharma as Ambalika:Princess of Kasi kingdom, Vichitravirya's second wife and Pandu's mother.
  • Suhani Dhanki as Madri: Princess of Madra and King Pandu's second wife later second queen consort of Hastinapur and Nakul and Sahadev's mother. She died after the death of her husband Pandu due to a curse.
  • Rio Kapadia as Subala: King of Gandhar, Sudharma's husband and Shakuni and Gandhari's father.
  • Shweta Gautam as Sudharma: Queen of Gandhar, Subala's wife and Shakuni and Gandhari's mother.
  • Ananya Agarwal as Malini: Draupadi's little friend.
  • Anju Jadhav as Sugadha: Gandhari's maid and Yuyutsu's mother.
  • Jayantika Sengupta as Arshi: Shakuni's wife.
  • Manish Bishla as Yuyutsu: Dhritarashtra and Sugadha’s son, Duryodhana’s younger step brother and other Kauravas’s elder step brother, fought for Pandavas and remained alive.
  • Bhakti Chauhan as Priyamvada: Kunti's childhood friend like maid. The only person who knows Karna's secret from beginning
  • Kanishka Soni as Sulabha: Vidura's wife.
  • Ketaki Kadam as Radha: Krishna's divine consort.
  • Chandni Sharma as Kripi: Drona's wife, Ashwathama's mother, and Kripa's twin sister.
  • Garima Jain as Dushala: King Dhritarashtra and Queen Gandhari's daughter, Pandavas and Kauravas' sister, Jayadrath's wife and Suratha's mother.
  • Preeti Puri as Devaki: Vasudev's wife, Kansa's sister, and Krishna's mother.
  • Vandana Singh as Yashoda: Krishna's adoptive mother.
  • Pallavi Subhash[8] as Rukmini: Krishna's first wife in Dwarka.
  • Gurpreet Singh ad Rukmi: Prince of Vidharbha and Rukmini's brother.
  • Akhilendra Mishra as Kansa: Devaki's elder brother and Krishna's maternal uncle.
  • Tinu Verma as Jarasandha: King of Magadha. He is defeated by Karna and is killed by Bheem.
  • Raj Premi as Kalayavan: A demon king who was fetched to death by Lord Krishna.
  • Niel Satpuda as Prativindhya: Yudhishthira and Draupadi's first son.
  • Aman Sharma as Sutasoma: Bhima and Draupadi's son.
  • Yash Joshi as Shrutakarma: Arjuna and Draupadi's son.
  • Jay Joshi as Shatanika: Nakula and Draupadi's son.
  • Akshay Batchua as Shrutasena: Sahadeva and Draupadi's son.
  • Yagya Saxena as Eklavya: A devoted student of Drona who gives away his thumb as Guru Dakshina.
  • Mohit Raina[9] / Amit Mehra as Lord Shiva: Known as the 'destroyer', a part of the Trinity;Supreme Being
  • Sachin Verma / Nikhil Arya as Lord Indra: God of rain, King of the Gods and Heaven, and Bali and Arjuna's father.
  • Sandeep Rajora as Lord Surya: Lord Sun and Sugriva and Karna's father.
  • Kunal Bhatia as Lord Agni: God of fire. Drishtadyumna and Draupadi's father
  • Vishal Kotian as Lord Hanuman: Rama's devotee, Vayu's son, and Bheema's elder spiritual brother.
  • Vidyut Xavier as adolescent Karna.
  • Vedant Sawant as adolescent Balarama.
  • Kunwar Vikram Soni as young Shri Krishna.
  • Rohit Shetty as young Yudhishthira.
  • Miraj Joshi as young Bhima.
  • Soumya Singh as young Arjuna.
  • Devish Ahuja as young Nakula.
  • Rudhraksh Jaiswal as young Sahadeva.
  • Alam Khan as young Duryodhana.
  • Aayush Shah[10] as young Ashwatthama.
  • Raj Anadkat as young Vikarna (Third eldest brother among the 100 Kauravas).
Pemeran Peran
Saurabh Raj Jain Krishna / Basudewa / Madawa / Gowinda
Dewa Wisnu
Rohit Bhardwaj Yudhistira
Saurav Gurjar Bima / Wrekodara
Shaheer Sheikh Arjuna / Parta
Vin Rana Nakula
Lavanya Bhardwaj Sadewa
Pooja Sharma Drupadi / Pancali
Arav Chowdhary Bisma / Dewabrata
Aham Sharma Karna / Raja Angga
Arpit Ranka Duryudana
Nirbhay Wadhwa Dursasana
Praneet Bhatt Sangkuni / Raja Gandhara
Ankit Mohan Aswatama
Nissar Khan Mahaguru Drona
Anoop Singh Thakur Dretarastra
Riya Deepsi Gandari
Arun Singh Rana Pandu
Shafaq Naaz Kunti
Suhani Dhanki Madri
Naveen Jingar Widura
Hemant Choudhary Resi Kripa
Vibha Anand Subadra / Yogmaya
Paras Arora Abimanyu
Sandeep Arora Wikarna
Sabar Kashyap Yuyutsu
Garima Jain Dursala / Dursilawati
Anju Jadhav Sugada / Sukhda
Ajay Mishra Sanjaya
Sudesh Berry Drupada
Shikha Singh Srikandi
Karan Suchak Drestadyumna
Aadil Thakkar Wirata
Mallika Nayak Sudesna
Pravisht Mishra Utara
Richa Mukherjee Utari
Rumi Khan Kichak
Vaishnavi Dhanraj Hidimbi
Ketan Karande Gatotkaca
Niel Satpuda Pratiwindya
Aman Sharma Sutasoma
Jay Saumik Joshi Satanika
Akshay Batchu Srutasena
Yash Shah Srutakarma
Kaushik Chakravorty Salya / Raja Madra
Ali Hassan Taksaka
Jayadrata
Tarun Khanna Baladewa
Sameer Dharmadhikari Maharaja Santanu
Vivana Singh Dewi Gangga
Sayantani Ghosh Satyawati / Durgandini
Aryamann Seth Wicitrawirya
Aparna Dixit Ambika
Mansi Sharma Ambalika
Ratan Rajput Amba
Atul Mishra Begawan Byasa
Mohit Raina Dewa Siwa
Nikhil Arya Dewa Indra
Kunal Bhatia Dewa Agni
Rohit Shetty Yudhistira (kecil)
Miraj Joshi Bima (kecil)
Soumya Singh Arjuna (kecil)
Devish Ahuja Nakula (kecil)
Rudraksh Jaiswal Sadewa (kecil)
Gananay Shukla Karna (kecil)
Vidyut Xavier Karna (remaja)
Alam Khan Duryudana (kecil)
Raj Shah Dursasana (kecil)
Yagya Saxena Aswatama (remaja)
Ashnoor Kaur Dursala (kecil)
Kunwar Vikram Soni Krishna (remaja)
Vedant Sawant Baladewa (remaja)
Aayush Shah Ekalawya
Preeti Puri Dewaki
Ketki Kadam Radha
Vandana Singh Yasoda
Akhilendra Mishra Raja Kamsa
Gurpreet Singh Rukmi
Pallavi Subhash Rukmini
Joy Mathur Sisupala
Raj Premi Raksasa Kalyawan
Nazea Hasan Sayed Wrusali, istri Karna
Gurbani Thappar Malini
Monali Thakur Dewi Laksmi
Tinu Verma Jarasanda
Rio Kapadia Subala
Shweta Gautam Sudarma
Jayantika Sengupta Arshi, istri Sangkuni
Jagesh Mukati Dewa Ganesha
Puneet Issar Begawan Parasurama

Versi sulih suara[sunting | sunting sumber]

Tayangan ini telah disulihsuarakan dalam bahasa lainnya di India termasuk Bahasa Bengali, sebagai Mahabharat, Bahasa Malayalam sebagai Mahabharatham, Bahasa Telugu sebagai Mahabharatham (Maa TV), Bahasa Tamil sebagai Mahabharatham dan Bahasa Marathi sebagai Mahabharat.[11] Versi Bengali tayangan ini disiarkan di saluran Star Jalsha, versi Malayalam disiarkan saluran Asianet, versi Tamil disiarkan saluran Star Vijay dan versi Marathi disiarkan saluran Star Pravah.

Produksi dan promosi[sunting | sunting sumber]

Star menghabiskan 100 crore (US$14 juta) di proyek serial ini dan menghabiskan juga 20 crore (US$2,8 juta) untuk pemasarannya, menjadikan serial ini sebagai serial TV termahal di India.[12]

Tim produser terdiri dari penulis naskah Bollywood Salim Khan, penulis dan ahli mitologi Devdutt Pattanaik, perancang kostum Bhanu Athaiya, musisi Ajay-Atul dan Ismail Darbar, sutradara laga Ram Shetty dan desainer lokasi Omang Kumar, Kasting serial ini dilakukan oleh Sahil Ansari, Mahesh Chandra Bhatt dan Arun Mitra.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Dengan menulis kepada Rediff, Nishi Tiwari mengatakan bahwa serial ini mendapatkan rincian kosakata, musik latar, dan latar cerita yang tepat jika dibandingkan dengan serial versi 2008 yang dibuat Ekta Kapoor, namun aktor-aktornya tidak bisa dibandingkan dengan serial versi BR Chopra yang mengudara pada dekade 1980-an. Tiwari menuliskan bahwa: "Jika serial ini menjaga kualitas penulisannya dan aktor yang bisa memerankan karakter kunci, kita mungkin memiliki sebuah pemenang lain di antara kita."[13] DNA menghargai kostum, pemandangan latar cerita, suling Krishna, dan sistem efek khusus CGI, namun ia mengatakan bahwa kisah ceritanya terlalu cepat.[14]

Serial ini telah ditonton sekitar 8,4 juta pemirsa di episode pertamanya pada 6 September 2013.[15] Serial ini telah menjadi serial fiksi yang tayang di luar akhir pekan dengan penilaian tertinggi dalam tiga tahun terakhir di televisi India.[16]

Pada tanggal 1 Desember 2013, serial ini ada di urutan ke-7 serial fiksi dengan jumlah pemirsa 6,8 juta.[17] Pekan berikutnya serial TV ini ada di urutan ke-6 dengan pemirsa 7,1 juta.[18]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia penayangan Mahabharat di antv menggunakan judul yang diindonesiakan, yakni menjadi Mahabharata. Selama penayangannya, Mahabharata menjadi tayangan yang sangat populer selama tahun 2014.[19] Pada tahun 2017, serial ini ditayangkan kembali di MNCTV. Pada tahun 2024, serial ditayangkan kembali di ANTV.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Kritik KPI[sunting | sunting sumber]

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan surat peringatan kepada pihak antv atas tayangan serial Mahabharata. KPI, dalam suratnya, meminta kepada pihak antv Untuk melakukan evaluasi internal atas tayangan tersebut serta melakukan perubahan terhadap muatan kekerasan yang dinilai tidak sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) atau memindahkan program ke jam tayang dewasa yaitu di atas pukul 22.00 WIB. Jika permintaan ini tidak dipatuhi, dapat dipastikan berakibat pada pelarangan tayang sepenuhnya, yang artinya serial Mahabharata terpaksa dilarang tayang sama sekali.

Dalam surat Nomor 2582/K/KPI/11/14, tertanggal 6 November 2014, KPI menilai tayangan serial Mahabharata yang ditayangkan antv pada 1 November 2014 pukul 20.25 WIB melakukan sejumlah pelanggaran, antara lain: tidak memperhatikan ketentuan tentang pelindungan anak-anak dan remaja; tidak memperhatikan ketentuan tentang penggolongan program siaran; serta larangan adegan kekerasan yang telah diatur dalam P3SPS ini. Secara lebih rinci disebutkan, bahwa program tersebut secara eksplisit menayangkan adegan perkelahian antara dua orang serta saling tendang dan memukul dengan menggunakan pedang, gada, dan panah hingga mengeluarkan darah. KPI menilai tayangan tersebut dapat menimbulkan kengerian dan ketidaknyamanan pada masyarakat.[20]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ajay-Atul roped in for Mahabharat". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 June 2022. Diakses tanggal 23 September 2020. 
  2. ^ "Mahabharat Episodes". www.hotstar.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 August 2023. Diakses tanggal 17 November 2018. 
  3. ^ "Parmavatar Shri Krishna to premiere soon; 5 mythological shows that redefined the genre and left us asking for more". India Today. 5 June 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 July 2017. Diakses tanggal 7 April 2018. 
  4. ^ TNN 1 (15 September 2013). "Mahabharat launced for the youth of the nation!". The Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 September 2013. Diakses tanggal 20 October 2013. 
  5. ^ "Mahabharat to end with one-hour special". The Times of India. 12 August 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 November 2021. Diakses tanggal 26 April 2020. 
  6. ^ Chatterjee, Swasti (16 September 2013). "The Tewary brothers on their magnum opus Mahabharat". The Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 June 2023. Diakses tanggal 27 June 2023. 
  7. ^ "Veebha as Subhadra in Mahabharat". The Times of India. 4 September 2013. 
  8. ^ "Pallavi to play Krishna's Rukmini". The Times of India. 27 October 2013. 
  9. ^ "'Mahadev' in 'Mahabharat'!". Daily News and Analysis. 21 September 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 November 2020. Diakses tanggal 26 April 2020. 
  10. ^ "Aayush Shah: The best part of 'Mahabharat' is that it stays relevant across eras and is timeless". The Times of India. 3 April 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 April 2020. Diakses tanggal 26 April 2020. 
  11. ^ Star India to air Mahabharat, Mahadev in Marathi | Rapid TV News
  12. ^ Ajita Shashidhar. "Broadcasters betting big money on the small screen with Rs.100 crore shows". India Today. Diakses tanggal 12 September 2013. 
  13. ^ Nishi Tiwari. "Review: Mahabharat, so far so good". Rediff. Diakses tanggal 17 September 2013. 
  14. ^ Chaya Unnikrishnan. "Show review: 'Mahabharat'". DNA. Diakses tanggal 28 September 2013. 
  15. ^ Debashish Mukerji. "Riding high on 'Mahabharat' ratings, Star Plus tops the chart". India Today. Diakses tanggal 27 September 2013. 
  16. ^ Priyanka Srivastava. "Major networks in epic ratings battle sebagai mythological shows like Mahabarat take on reality TV for nation's viewers". Dailymail.co.uk. Diakses tanggal 26 September 2013. 
  17. ^ "Rise in the ratings of TV shows this week - Times Of India". Articles.timesofindia.indiatimes.com. 2013-12-01. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-08. Diakses tanggal 2014-01-25. 
  18. ^ "Reality shows see a drop in ratings this week - Times Of India". Articles.timesofindia.indiatimes.com. 2013-12-08. Diakses tanggal 2014-01-25. [pranala nonaktif permanen]
  19. ^ "Ini Dia Rating Acara TV Paling Populer dan Diminati Pekan Ini". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-13. Diakses tanggal 2014-12-12. 
  20. ^ KPI ancam hentikan penayangan serial Mahabharata di antv

Pranala luar[sunting | sunting sumber]