Roderikus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Roderic)
Roderikus digambarkan sebagai salah satu dari "enam raja" di sebuah lukisan dinding peninggalan Umayyah antara tahun 705-715 M. Lukisan dinding ini berada di Qasr Amra, sekarang di Yordania.[1]

Raja Roderikus[2] (Spanyol and Portugis: Rodrigo, Arab: Ludzriq, لذريق ; meninggal 711 atau 712) adalah raja terakhir Hispania (sekarang Iberia) (710-712) yang berasal dari bangsa Visigoth. Dalam legenda ia dikenal sebagai "raja terakhir bangsa Goth". Pada Pertempuran Guadalete (711) ia dikalahkan oleh orang-orang Islam pimpinan Thariq bin Ziyad, yang selanjutnya menguasai Iberia dengan cepat.

Memerintah Spanyol[sunting | sunting sumber]

Raja Leovigild menginvasi Kerajaan Suebi pada tahun 584 dan mencaploknya ke kuasaannya. Dia juga mendapatkan kembali sebagian dari apa yang telah direbut Bizantium dari Semenanjung Iberia. Leovigild adalah raja Arian terakhir yang memerintah Kerajaan Visigoth, dan setelah kematiannya negara tersebut berpindah agama menjadi Katolik. Penguasa berturut-turut setelah Leovigild mengusir Bizantium dari Iberia hingga mereka mengakhiri kehadiran mereka di negara tersebut pada tahun 624 M.

Sesaat sebelum penaklukan Islam, Raja Witiza mengambil alih kekuasaan, dan terdapat informasi tumpang tindih tentang dia dari sumber yang berbeda. Roderikus dari Toledo menyebutkan bahwa dia adalah orang yang bejat dan tidak bermoral, sedangkan Isidorus Pacensis dan Ibn 'Idhari menyebutkan bahwa dia berperilaku baik mereformasi kondisi Andalusia, dan di antara reformasinya adalah mengembalikan hak kepada pemiliknya yang sah, seperti orang-orang Yahudi yang dianiaya pada masa pemerintahan pendahulunya termasuk ayahnya, Achila II. Kemudian Roderikus penguasa Cordoba memberontak dan menurunkan Wittiza dari takhta. Roderikus adalah putra penguasa Cordoba, Teodofredo, dan dia secara pribadi mengambil alih urusan negara menggantikan Witiza. Orang-orang Arab memanggilnya “Ludzriq”, penindasan, tirani, dan pajak yang berat terjadi pada masanya. Namun, penulis buku “Koleksi anonim dalam Penaklukan Al-Andalus” menyebutkan bahwa Roderikus naik takhta Spanyol setelah para tetua kerajaan menyepakati hal itu. Sedangkan sumber lainnya seperti Ibnu al-Quthiyyah di "Tarikh Iftitah al-Andalus", dan di "al-Bayan al-Mughrib" oleh Ibn 'Idhari, dan "Tarikh al-Andalus oleh penulisnya yang tidak diketahui menyebutkan bahwa Roderikus merebut takhta dari putra-putra Witiza.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Williams, Betsy (2012-04-12). "Qusayr 'Amra". The Metropolitan Museum of Art. 
  2. ^ Namanya berasal dari Bahasa Gothik, akarnya dalam Bahasa Jermanik adalah Hrōþirīk(i)az.
Didahului oleh:
Vitiza
Raja Bangsa Visigoth
710 – 712
Diteruskan oleh:
Achila II