Jorge Eduardo Hirsch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jorge E. Hirsch)

Jorge Eduardo Hirsch (lahir 1953) adalah seorang fisikawan berkebangsaan Argentina di University of California, San Diego. Hirsch menerima gelar PhD dalam bidang fisika dari University of Chicago pada tahun 1980. Menyelesaikan penelitian pasca-doktoralnya untuk fisika teoretis di University of California, Santa Barbara pada tahun 1983. Dia dikenal karena menciptakan indeks-h pada tahun 2005, sebuah indeks untuk mengukur produktivitas publikasi seorang ilmuwan dan menjadi dasar dari beberapa indeks kesarjanaan.

Latar belakang kehidupan[sunting | sunting sumber]

Hirsch lahir di Buenos Aires, Argentina. Ia meraih gelar sarjana di Universitas Buenos Aires, dan beasiswa penelitian CONICET pada tahun 1975. Beasiswa Fulbright yang diberikan kepadanya pada tahun 1976 membawanya ke Universitas Chicago, di mana ia menerima Telegdi Prize untuk Ujian Kandidat terbaik pada tahun 1977 dan dianugerahi Victor J. Andrew Memorial Fellowship pada tahun 1978. Beliau menerima gelar PhD dari University of Chicago pada tahun 1980 dan menjabat sebagai rekan peneliti pasca-doktoral di Institut Kavli untuk Fisika Teoretis di University of California, Santa Barbara. Setelah pengalaman ini, ia bergabung dengan Departemen Fisika Universitas California, San Diego pada tahun 1983.

Bidang penelitian[sunting | sunting sumber]

Fisika[sunting | sunting sumber]

Karya ilmiah Hirsch berkaitan dengan pemahaman kolektif, sifat-sifat padatan berskala besar, seperti superkonduktivitas dan feromagnetisme. Berdasarkan penjelasan yang dimulai dari mekanisme berskala kecil. Karya Hirsch yang paling signifikan adalah upayanya untuk menyatukan teori superkonduktivitas. Teori superkonduktivitas berlawanan dengan pasangan elektron dalam teori BCS konvensional. Hirsch percaya bahwa ada mekanisme tunggal superkonduktivitas untuk semua bahan yang menjelaskan efek Meissner dan berbeda dari mekanisme konvensional dalam beberapa aspek mendasar.

Hirsch terlibat dalam perdebatan sengit tentang laporan tahun 2020 tentang superkonduktivitas suhu tinggi. Pada bulan Februari 2022, ia dilarang memposting makalah selama 6 bulan di ArXiv karena mengirimkan manuskrip yang memiliki "konten yang menghasut dan bahasa yang tidak profesional. Pada tanggal 21 Maret 2023, Hirsch mempresentasikan pada pertemuan virtual American Physical Society bulan Maret terkait posisi masyarakat tentang analisis data yang dipublikasikan sehubungan dengan perdebatan superkonduktivitas suhu ruang yang kontroversial. Hirsch juga memberikan ikhtisar tentang perspektifnya tentang kontroversi tersebut bersama sesama kolega UCSD, Brian Keating, dalam podcast Into the Impossible.