Lompat ke isi

Tapestri Bayeux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dewangga Bayeux)
Uskup Odo merapatkan barisan angkatan perang Adipati William di palagan Hastings pada tahun 1066, sulaman pada Tapestri Bayeux

Tapestri Bayeux (bahasa Prancis: Tapisserie de Bayeux; bahasa Latin: Tapete Baiocense) adalah kain bersulam sepanjang hampir 70 meter (230 kaki) dan selebar 50 sentimeter (20 inci)[1] yang menggambarkan rentetan peristiwa yang berakhir dengan takluknya Inggris kepada bangsa Norman pada tahun 1066. Pengerahan pasukan Norman ke Inggris, di bawah pimpinan William, Adipati Normandia, bertujuan untuk menggugat kedaulatan Raja Harold II, dan memuncak pada peristiwa pertempuran Hastings. Tapestri Bayeux diduga berasal dari abad ke-11, beberapa tahun saja seusai pertempuran Hastings, dan menurut pandangan yang kini sudah berterima luas, tapestri ini dibuat di Inggris, mungkin untuk dihadiahkan kepada William. Tapestri Bayeux menyajikan cerita dari sudut pandang pihak penakluk, yaitu bangsa Norman, dan selama berabad-abad tersimpan di Normandia.

Di dalam bukunya yang terbit tahun 2005, La Tapisserie de Bayeux, Sylvette Lemagnen, konservator tapestri ini, mengemukakan sebagai berikut:

Tapestri Bayeux tapestry adalah salah satu capaian tertinggi bangsa Norman di bidang seni rupa gagrak Romanik .... kelestariannya dalam keadaan yang nyaris utuh selama sembilan abad hampir-hampir merupakan sebuah mukjizat ... Panjangnya yang istimewa, keserasian dan kesegaran warna-warninya, kehalusan seni kriyanya, dan kecendekiaan yang menjiwai pengerjaannya berpadu menjadikannya tunak memukau.[2]

Kain hiasan dinding ini memuat 58 gambar adegan,[note 1] banyak yang ditambahi titulus Latin, disulam pada kain linen dengan benang wol warna-warni. Tapestri ini agaknya dibuat atas prakarsa Odo, Uskup Bayeux, adik William yang seibu lain bapak, dan dikerjakan di Inggris pada dasawarsa 1070-an untuk dihadiahkan kepada William. Para sarjana menemukan kembali Tapestri Bayeux pada tahun 1729, saat berlangsungnya pemajangan tahunan tapestri ini di Katedral Bayeux. Tapestri Bayeux kini terpajang di Musée de la Tapisserie de Bayeux di Bayeux, Normandia, Prancis (49°16′28″N 0°42′01″W / 49.2744°N 0.7003°W / 49.2744; -0.7003).

Corak-corak hias pada Tapestri Bayeux adalah corak sulaman, bukan corak tenunan tapestri, sehingga tidak memenuhi definisi sempit dari kata "tapestri".[5] Meskipun demikian, kain hiasan dinding ini sudah sedari dulu disebut tapestri, dan baru belakangan ini saja sebutan "Sulaman Bayeux" mulai dipakai sejarawan-sejarawan seni rupa tertentu. Tapestri Bayeux dapat dipandang sebagai contoh langka dari karya seni rupa gagrak Romanik sekuler. Tapestri dijadikan penghias dinding gereja-gereja maupun rumah-rumah mewah di Eropa Barat pada Abad Pertengahan, kendati dengan panjangnya yang mencapai 05 x 6.838 meter (16 kaki 5 inci x 22.434 kaki 5 inci), Tapestri Bayeux terbilang istimewa dari segi ukurannya. Yang disulam hanya gambar benda dan hiasan, latarnya dibiarkan kosong sehingga corak-corak hias terlihat menonjol, dan wajar saja jika cara kerja semacam ini yang dipakai, mengingat besarnya bidang yang harus dihias.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Odo, Uskup Bayeux

Rujukan tertulis paling tua yang diketahui mengenai tapestri ini adalah catatan inventaris Katedral Bayeux dari tahun 1476,[6] tetapi asal-usul keberadaannya terus menjadi biang spekulasi dan kontroversi.

Menurut legenda yang ada di Prancis, pembuatan tapestri ini digagas dan dikerjakan sendiri oleh Matilda, Garwa Adipati William, dibantu dayang-dayangnya. Itulah sebabnya di negara Prancis tapestri ini kadang-kadang disebut La Tapisserie de la Reine Mathilde (Tapestri Rani Matilda). Meskipun demikian, kajian ilmiah pada abad ke-20 menyimpulkan bahwa kemungkinan besar tapestri ini dibuat atas prakarsa adik William yang seibu lain ayah, yaitu Odo, Uskup Bayeux,[7] tokoh yang menjadi Bupati Kent sesudah bangsa Norman berhasil mendaulat negeri Inggris, dan menjabat sebagai Pemangku Raja Inggris selama William berada di Normandia.

Alasan-alasan yang melandasi teori prakarsa Odo adalah sebagai berikut:

  1. Tiga orang pengikut Odo yang tercantum namanya di dalam Kitab Domesday ditampilkan pada tapestri ini.
  2. Tapestri ini ditemukan di Katedral Bayeux, gereja yang dibangun Odo.
  3. Waktu pengerjaannya mungkin saja bertepatan dengan waktu pembangunan Katedral Bayeux pada dasawarsa 1070-an, dan kemungkinan besar dirampungkan pada tahun 1077, siap untuk dijadikan pajangan dalam acara peresmian gereja tersebut.

Andaikata benar dibuat atas prakarsa Odo, kemungkinan besar tapestri ini dirancang dan dikerjakan di Inggris oleh para seniman Angli-Saksen (mengingat markas utama Odo kala itu berada di Kent), tersirat dari unsur-unsur bahasa Angli-Saksen yang terkandung di dalam kalimat-kalimat Latin pada tapestri ini, kemiripannya dengan berbagai karya seni tekat lainnya yang dihasilkan di Inggris kala itu, dan pewarna nabatinya yang dapat dijumpai pada kain-kain tenun Inggris dari masa ke masa.[8][9][10] Howard B. Clarke berpendapat bahwa perancangnya (yaitu orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan narasi dan argumen politisnya) adalah Scolland, Abas Biara Santo Agustinus di Canterbury, mengingat jabatan lamanya sebagai kepala skriptorium di Biara Mont Saint-Michel (yang terkenal dengan gambar-gambar iluminasinya), kunjungan-kunjungannya ke Tugu Trayanus, serta koneksinya dengan Wadard dan Vital, dua orang yang terindentifikasi pada Tapestri Bayeux.[11][12] Christine Grainge mengemukakan pendapat lain, bahwa perancangnya mungkin saja Lanfranc, Uskup Agung Canterbury yang menjabat dari tahun 1070 sampai 1089.[13] Pekerjaan sulam-menyulam mungkin dilakukan oleh para seniwati kriya tekat. Karya seni tekat halus Angli-Saksen yang disebut Opus Anglicanum sudah terkenal di seantero Eropa. Mungkin saja tapestri ini dibuat untuk dipajang di istana Odo di Bayeux, dan kemudian hari dihibahkan ke katedral yang dibangunnya, mengingat sebelumnya penah ada sehelai kain pajangan dinding (tidak lagi diketahui keberadaannya, tetapi tercatat di dalam babad) bergambar kisah kepahlawanan Byrhtnoth, yang dihibahkan janda kesatria Angli-Saksen itu ke Biara Ely.[14]

Masih ada beberapa teori lain. Carola Hicks menduga bahwa Tapestri Bayeux mungkin saja dibuat atas prakarsa Edith, Janda Permaisuri Edward Pengaku Iman, dan adik Harold Godwinson.[15] Wolfgang Grape pernah menggugat konsensus yang mengatakan bahwa Tapestry Bayeux adalah karya seni tekat Angli-Saksen, dengan mengetengahkan perbedaan teknik-teknik sulam Angli-Saksen dari teknik-teknik sulam Eropa Utara;[16] Pakar bahan baku Abad Pertengahan, Elizabeth Coatsworth,[17] menyanggah pendapat Wolfgang Grape. Menurutnya, "usaha untuk membedakan seni tekat Angli-Saksen dari seni tekat Eropa Utara lainnya sebelum tahun 1100 atas dasar teknik tidak dapat dipertahankan berdasarkan pengetahuan yang ada dewasa ini."[10] George Beech menduga tapestri ini dikerjakan di Biara Saint-Florent de Saumur di Lembah Loire, dan mengemukakan bahwa penggambaran perang Breton yang terperinci menyiratkan adanya sumber-sumber tambahan di Prancis.[18] Andrew Bridgeford menduga bahwa Tapestri Bayeux sesungguhnya hasil rancangan Inggris dan mengandung pesan-pesan rahasia yang dimaksudkan untuk mengeroposkan kekuasaan bangsa Norman.[19]

Catatan sejarah[sunting | sunting sumber]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jumlah persis gambar adegannya tidak dapat dipastikan; Musée de la Tapisserie de Bayeux menyebutkan ada 58 gambar adegan, tetapi ada beberapa tafsir yang mengatakan bahwa tapestri ini terdiri atas 70 gambar adegan.[3][4]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Caviness, Madeline H. (2001). Reframing Medieval Art: Difference, Margins, Boundaries. Medford, MA: Tufts University. ; Koslin, Desirée (1990). "Turning Time in the Bayeux Embroidery". Textile & Text. 13: 28–29. ; Bertrand, Simone (1966). La tapisserie de Bayeux. La Pierre-qui-Vire: Zodiaque. hlm. 23. et combien pauvre alors ce nom de broderie nous apparaît-il! 
  2. ^ Sylvette Lemagnen, Prakata, hlm. 9; Musset, Lucien (1 November 2005). La Tapisserie de Bayeux: œuvre d'art et document historique [The Bayeux Tapestry] (edisi anotasi). Diterjemahkan oleh Rex, Richard (edisi ke-1). Woodbridge, Inggris Raya: Boydell & Brewer Ltd. hlm. 272. ISBN 978-1-84383-163-1. 
  3. ^ "Explore the Bayeux Tapestry online". Bayeux Museum. Diakses tanggal 17 Juli 2022. 
  4. ^ Freeman, Henry (21 March 2016). The Middle Ages: A History From Beginning to End (dalam bahasa Inggris). Hourly History. ISBN 978-1-5303-7624-7. 
  5. ^ Saul, Nigel. "Bayeux Tapestry". A Companion to Medieval England. Stroud, Inggris Raya: Tempus. hlmn. 32–33. ISBN 0-7524-2969-8, tapi jika merujuk OED "Tapestri": "Bahan sandang yang dihiasi corak-corak hias atau gambar-gambar lukisan, sulaman, atau tenunan warna-warni, digunakan sebagai hiasan dinding, tirai, pelapis bantalan kursi, ..." sebelum keterangan "khususnya" yang ditenun dengan cara tenun tapestri.
  6. ^ Fowke, Frank Rede. The Bayeux Tapestry – A History and Description, London: G. Bell & Sons, 1913.
  7. ^ Sir Frank Stenton (ed) et al., The Bayeux Tapestry. A comprehensive survey London: Phaidon, 1957 revised 1965.
  8. ^ Formulir nominasi Warisan Dunia UNESCO, dalam bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Dokumen Word. Terbit tanggal 9 Mei 2006.
  9. ^ Wilson, David M.: The Bayeux Tapestry, Thames and Hudson, 1985, hlmn. 201–27
  10. ^ a b Coatsworth, Elizabeth (2005). "Stitches in Time: Establishing a History of Anglo-Saxon Embroidery". Dalam Netherton, Robin; Owen-Crocker, Gale R. Medieval Clothing and Textiles. Boydell & Brewer. hlm. 1–27. ISBN 978-1-84383-123-5. 
  11. ^ Clarke, Howard B. (2013). "The Identity of the Designer of the Bayeux Tapestry". Anglo-Norman Studies 35. hlm. 119–140. doi:10.1017/9781782041085.009. ISBN 978-1-78204-108-5. 
  12. ^ "Designer of the Bayeux Tapestry identified". Medievalists.net. 30 October 2013. Diakses tanggal 30 Oktober 2013. 
  13. ^ Grainge, Christine (2023). "The identity of the designer of the Bayeux Tapestry". Archaeologia Cantiana. 144: 253–264. 
  14. ^ Dodwell, C. R. (1982). Anglo-Saxon Art, a New Perspective. Manchester: Manchester UP. hlm. 134–36. ISBN 0-7190-0926-X. 
  15. ^ "New Contender for The Bayeux Tapestry?", dari BBC, 22 Mei 2006. The Bayeux Tapestry: The Life Story of a Masterpiece, oleh Carola Hicks (2006). ISBN 0-7011-7463-3
  16. ^ See Grape, Wolfgang, The Bayeux Tapestry: Monument to a Norman Triumph, Prestel Publishing, 3791313657
  17. ^ "Oxford Bibliographies Online – Penulis (Kontributor: Elizabeth Coatsworth)". Oxford University Press. Diakses tanggal 4 Agustus 2013. 
  18. ^ Beech, George: Was the Bayeux Tapestry Made in France?: The Case for St. Florent of Saumur. (The New Middle Ages), New York, Palgrave Macmillan 1995; ditinjau ulang di dalam Robin Netherton dan Gale R. Owen-Crocker, penyunting, Medieval Clothing and Textiles, Jilid 2, Woodbridge, Suffolk, Inggris Raya, dan Rochester, New York, Boydell Press, 2006, ISBN 1-84383-203-8
  19. ^ Bridgeford, Andrew, 1066: The Hidden History in the Bayeux Tapestry, Walker & Company, 2005. ISBN 1-84115-040-1

Bahan bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Backhouse, Janet; Turner, D. H.; Webster, Leslie, ed. (1984). The Golden Age of Anglo-Saxon Art, 966–1066. London: British Museum Publications. ISBN 0-7141-0532-5. 
  • Bates, David; Barral i Altet, Xavier (2019). La Tapisserie de Bayeux. Paris: Citadelles & Mazenod. 
  • Bernstein, David J. (1986). "The Mystery of Bayeux Tapestry" Weidenfeld and Nicolson ISBN 0-297-78928-7
  • Bloch, Howard (2006). A Needle in the Right Hand of God: The Norman Conquest of 1066 and the Making and Meaning of the Bayeux Tapestry. Random House ISBN 978-1-4000-6549-3
  • Bridgeford, Andrew (2005). 1066 : the hidden history in the Bayeux Tapestry Walker & Company ISBN 978-0-8027-7742-3
  • Brown, Shirley Ann (1988). The Bayeux Tapestry: History and BibliographyPerlu mendaftar (gratis). Woodbridge: Boydell. ISBN 978-0-85115-509-8. 
  • Burt, Richard (2007). "Loose Threads: Weaving Around Women in the Bayeux Tapestry and Cinema", in Medieval Film, ed. Anke Bernau and Bettina Bildhauer Manchester University Press
  • Burt, Richard (July 2007). "Re-embroidering the Bayeux Tapestry in Film and Media: The Flip Side of History in Opening and End Title Sequences". Exemplaria. 19 (2): 327–350. doi:10.1179/175330707X212895. 
  • Burt, Richard (2009). "Border Skirmishes: Weaving Around the Bayeux Tapestry and Cinema in Robin Hood, Prince of Thieves and El Cid." In Medieval Film. Ed. Anke Bernau and Bettina Bildhauer (Manchester: Manchester UP), pp. 158–18.
  • Burt, Richard (2008). Medieval and Early Modern Film and Media (New York and London: Palgrave Macmillan), xiv; 279 pp. Paperback edition, 2010.
  • Campbell, Miles Warren (1984). "Aelfgyva : The Mysterious Lady of the Bayeux Tapestry". Annales de Normandie. 34 (2): 127–145. doi:10.3406/annor.1984.5553. 
  • Foys, Martin K. (2003). Bayeux Tapestry Digital Edition. Individual licence ed; CD-ROM. On-line version, 2013
  • Foys, Martin K., Overbey, Karen Eileen Overbey and Terkla, Dan (eds.) (2009) The Bayeux Tapestry: New Interpretations, Boydell and Brewer ISBN 978-1783271245.
  • Gibbs-Smith, C. H. (1973). The Bayeux Tapestry London; New York, Phaidon; Praeger
  • Hicks, Carola (2006). The Bayeux Tapestry: The Life Story of a Masterpiece. London: Chatto & Windus. ISBN 978-0-7011-7463-7. 
  • Jones, Chas (2005). "The Yorkshire Preface to the Bayeux Tapestry" The Events of September 1066 – Depicted In a Community Tapestry, Writers Print Shop, first edition. ISBN 978-1-904623-37-3
  • Pastan, Elizabeth Carson, and Stephen White, with Kate Gilbert (2014). The Bayeux Tapestry and its Contexts: A Reassessment. Boydell Press ISBN 978-1-84383-941-5.
  • Rud, Mogens (1992). "The Bayeux Tapestry and the Battle of Hastings 1066", Christian Eilers Publishers, Copenhagen; contains full colour photographs and explanatory text
  • Werckmeister, Otto Karl (1976). "The Political Ideology of the Bayeux Tapestry." Studi Medievali, 3rd Series 17, no. 2: 535–95.
  • Wilson, David McKenzie (ed.) (2004). The Bayeux Tapestry: the Complete Tapestry in Color, Rev. ed. New York: Thames & Hudson ISBN 978-0-500-25122-5 (1985 ed.). LC NK3049.
  • Wissolik, Richard David (1982). "Duke William's Messengers: An 'Insoluble, Reverse-Order' Scene of the Bayeux Tapestry". Medium Ævum. 51 (1): 102–107. doi:10.2307/43632127. JSTOR 43632127. ProQuest 1293416903. 
  • Wissolik, Richard David (March 1979). "The Monk Eadmer as Historian of the Norman Succession: Korner and Freeman Examined." American Benedictine Review, pp. 32–42.
  • Wissolik, Richard David. "The Saxon Statement: Code in the Bayeux Tapestry." Annuale Mediævale. 19 (September 1979), 69–97.
  • Wissolik, Richard David (1989). The Bayeux Tapestry. A Critical Annotated Bibliography with Cross References and Summary Outlines of Scholarship, 1729–1988, Greensburg: Eadmer Press.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Seni tekat Templat:Tapestri Templat:Penaklukan Norman