Lompat ke isi

Anjungan komputasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Platform komputasi)

Dalam ilmu komputer, pelantar atau anjungan[1] (bahasa Inggris: platform)[a] merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur peranti keras dengan sebuah kerangka kerja peranti lunak (termasuk kerangka kerja aplikasi). Kombinasi tersebut memungkinkan sebuah peranti lunak, khusus peranti lunak aplikasi, dapat berjalan. Platform yang umum sudah menyertakan arsitektur, sistem operasi, bahasa pemrograman dan antarmuka yang terkait (pustaka sistem runtime atau antarmuka pengguna grafis) untuk komputer.

Platform adalah unsur penting dalam pengembangan peranti lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat menjalankan peranti lunak. Penyelenggara platform menyediakan pengembang peranti lunak dengan kesepakatan serangkaian kode logika yang akan berjalan secara konsisten sepanjang platform berjalan di atas platform yang lainnya. Kode logika ini mencakup kode bita, kode sumber, dan kode mesin. Dengan demikian, pelaksanaan program tidak dibatasi oleh jenis sistem operasi yang tersedia. Platform teah menggantikan sebagian besar bahasa mesin mandiri.[butuh rujukan]

Beberapa platform peranti lunak mengemulasi platform peranti keras secara menyeluruh, seperti pada pemayaan sistem.

Contoh sistem operasi[sunting | sunting sumber]

Android, sebuah sistem operasi seluler yang populer

Seluler[sunting | sunting sumber]

Contoh kerangka kerja peranti lunak[sunting | sunting sumber]

.NET merujuk pada rangkaian luas produk-produk dan teknologi dari Microsoft. Kebanyakan memiliki ketergantungan yang sama terhadapa .NET Framework dari Microsoft, dan Common Language Infrastructure (CLI).

Seluler[sunting | sunting sumber]

Konsol[sunting | sunting sumber]

Contoh peranti keras[sunting | sunting sumber]

Diurutkan secara kasar dari jenis paling umum ke yang tidak umum:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kata platform dapat bersinonim dengan pelantar di bidang komputer. Dapat juga merujuk kepada anjungan, serambi, atau wahana di bidang lain.
  1. ^ "platform". Wikikamus bahasa Indonesia. 2024-01-11.