Jacob Marley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arwah Marley mengunjungi Ebenezer Scrooge pada novel A Christmas Carol, oleh John Leech

Jacob Marley adalah karakter fiksional dari novel yang berjudul A Christmas Carol, karya Charles Dickens. Dalam novel tersebut, Marley memiliki situasi-situasi tertentu: ia telah mati selama tujuh tahun, dan merupakan mantan mitra usaha Ebenezer Scrooge (tokoh utama)[1]. Sehubungan dengan itu, pada alur ceritanya, Marley yang sudah mati (arwah) datang mengunjungi Scrooge. Marley menunjukkan kondisi arwahnya yang terikat oleh bola rantai dan kotak uang, pembalasan atas ketamakan dan kekikirannya. Kemudian, Marley memperingati Scrooge bahwa ia hanya memiliki satu kesempatan untuk menebus jiwanya. Sebaliknya, apabila Scrooge tidak melakukan hal tersebut maka ia akan bernasib sama seperti Marley. Bahkan, nasibnya akan lebih buruk dibandingkan dengan Marley. Selain itu, Marley juga mengatakan bahwa Scrooge akan dikunjungi tiga arwah lain untuk mengubah sifat kikirnya.[2] [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Who's Who in Dickens (dalam bahasa Inggris). Routledge. 2006-04-14. ISBN 978-1-134-77822-5. 
  2. ^ "Jacob Marley | fictional character | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-03. 
  3. ^ "The Project Gutenberg eBook of A Christmas Carol, by Charles Dickens". www.gutenberg.org. Diakses tanggal 2024-05-03.