Pengguna:IvanLanin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
idPengguna ini merupakan penutur ibu bahasa Indonesia.
en-3This user is able to contribute with an advanced level of English.
su-2Kontributor ieu bisa nulis dina basa Sunda hambalan panengah.
min-2Pangguno iko punyo ilmu tingkek manangah dalam bahaso Minangkabau.
jv-1ꦤꦫꦒꦸꦤꦥꦸꦤꦶꦏꦶꦒꦣꦃꦏꦮꦿꦸꦃꦧꦱꦗꦮꦶ.
Pengguna ini adalah editor di Wikipedia bahasa Indonesia. (verifikasi)
Pengguna ini gemar membuat tulisan rintisan.
Pengguna ini adalah seorang narablog: NTKP.
Pengguna ini memiliki akun Twitter/X
(Ikuti)
Pengguna ini memiliki akun Facebook
(Profil)
Logo Instagram
Pengguna ini memiliki akun Instagram
(Ikuti)
Pengguna ini memiliki akun LinkedIn
(Profil)

Halo, selamat datang di halaman pengguna saya. Sebelumnya, bertahun-tahun saya membiarkan halaman ini tanpa paragraf pembuka, tetapi kini saya pikir saya perlu menulis sedikit pembuka agar orang dapat mengenal latar belakang saya. Latar belakang ini saya ungkapkan bukan atas dasar narsisisme, melainkan sebagai bahan bagi para wikipediawan lain untuk memahami tindakan, pendirian, dan bidang keahlian saya. Saya upayakan seringkas mungkin agar tidak membosankan.

Saya mulai menjadi kontributor aktif di Wikipedia bahasa Indonesia (WPID) sejak 18 Februari 2006 dan saat ini mendapat amanah dari komunitas untuk menjadi pengurus, birokrat, dan pemeriksa. Bersama Borgx dan REX, saya turut dapat dipersalahkan bertanggung jawab atas halaman-halaman kebijakan dan pedoman serta bantuan yang dibuat atau dikembangkan antara tahun 2006–2008. Pada periode itu pun, saya ikut menggagas dibentuknya Wikimedia Indonesia yang diharapkan dapat menggiatkan aktivitas luring proyek-proyek Wikimedia dalam berbagai bahasa yang dipertuturkan di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya kesibukan luring, kontribusi saya di Wikipedia menurun drastis antara tahun 2009–2011 dan saya berselingkuh dengan jejaring sosial lain. Pada tahun 2012 saya mencoba bertobat dan kembali ke pelukan cinta lama saya, Wikipedia.

Mata pencarian saya di dunia nyata adalah konsultan tata kelola perusahaan dan manajemen risiko. Selain itu, saya juga pernah menjadi penerjemah dan editor paruh waktu, baik secara profesional maupun amatir. Pendidikan S-1 saya tempuh pada bidang teknik kimia (ITB, 1999), sedangkan pendidikan S-2 saya tempuh pada bidang teknologi informasi (UI, 2012). Saya merencanakan untuk mengambil S-3 saya pada bidang linguistik dengan topik linguistik korpus. Saya beragama Islam, berusia paruh baya, berzodiak Kaprikornus, berasal dari suku Minangkabau, beristrikan perempuan suku Jawa, dan memiliki dua orang putra. Minat utama saya adalah pemrograman komputer, khususnya algoritme dan PHP, serta linguistik, khususnya bahasa Indonesia. Saya juga tertarik dengan berbagai disiplin akademik lain, tetapi tidak terlalu tertarik dengan budaya populer.

Misi di Wikipedia Indonesia[sunting | sunting sumber]

Peralatan bantuan[sunting | sunting sumber]

Kutipan favorit[sunting | sunting sumber]

  • “I hope someday you'll write with us, and the world will edit as one.” (anonim)
  • “Peringatan borgx: Wikipedia dapat menyebabkan ketagihan, pekerjaan Anda terbengkalai, mata Anda sakit karena terlalu lama melihat monitor dan tagihan telepon Anda membengkak.” (seorang wikipediaholik)
  • “The problem with Wikipedia is that it only works in practice. In theory, it can never work.” (anonim)
  • “Wikipedia bukan tempat promosi tokoh/kegiatan: obyek dikenal terlebih dahulu di khalayak, baru masuk ke wikipedia; bukan sebaliknya.” (Kembangraps)

Afiliasi organisasi[sunting | sunting sumber]

Daftar afiliasi berikut saya cantumkan sebagai upaya untuk menghindari vanitas. Mohon ingatkan saya bila saya memberikan informasi yang tidak netral pada artikel-artikel yang terkait dengan organisasi saya.

Subhalaman[sunting | sunting sumber]