Pendapatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam bisnis, pendapatan, penghasilan, atau pemasukan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan atau organisasi dari kegiatan aktivitasnya seperti penjualan produk dan/atau jasa kepada pelanggan. Bagi pemerintah seperti pendapatan melalui penerimaan atau pungutan pajak. Bagi investor, pendapatan kurang penting dibanding keuntungan, yang merupakan jumlah uang yang diterima setelah dikurangi pengeluaran.[1]

Pertumbuhan pendapatan merupakan indikator penting dari penerimaan pasar dari produk dan jasa perusahaan tersebut. Pertumbuhan pendapatan yang konsisten, dan juga pertumbuhan keuntungan, dianggap penting bagi perusahaan yang dijual ke publik melalui saham untuk menarik investor.

Penting untuk diingat bahwa pendapatan dan laba adalah dua hal yang berbeda. Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari penjualan produk atau jasa, sedangkan laba adalah jumlah uang yang tersisa setelah semua biaya dikeluarkan.

Bahkan perusahaan dengan pendapatan tinggi dapat mengalami kerugian jika biayanya juga tinggi. Misalnya, jika Perusahaan A menghasilkan penjualan sebesar $1 juta namun mengeluarkan biaya sebesar $2 juta, maka Perusahaan A akan mengalami kerugian sebesar $1 juta.[2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apa itu Pendapatan". Cerdasco. (dalam bahasa Inggris). 2019-07-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2020-10-22. 
  2. ^ "Revenue", Jika.io.