Penawaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penawaran adalah tawaran (sering kali kompetitif ) untuk menetapkan label harga oleh individu atau bisnis untuk suatu produk atau layanan atau permintaan agar sesuatu dilakukan.[1] Penawaran digunakan untuk menentukan biaya atau nilai sesuatu.

Penawaran dapat dilakukan oleh seseorang yang berada di bawah pengaruh suatu produk atau jasa berdasarkan konteks situasinya. Dalam konteks lelang, bursa saham, atau lahan yasan, tawaran harga yang bersedia dibayar oleh suatu bisnis atau individu disebut tawaran. Dalam konteks inisiatif pengadaan perusahaan atau pemerintah. di bidang siswa sekolah Bisnis dan Hukum secara aktif menawar mata kuliah pilihan dengan permintaan tinggi yang memiliki kapasitas kursi maksimum melalui proses penawaran kursus menggunakan poin penawaran yang telah dialokasikan sebelumnya atau mata uang penawaran elektronik pada sistem penawaran kursus.[2] Tawaran harga yang ingin dijual oleh suatu bisnis atau individu disebut juga tawaran. Istilah "penawaran" juga digunakan saat memasang taruhan dalam permainan kartu . Penawaran digunakan oleh berbagai bidang ekonomi untuk menentukan permintaan dan nilai barang atau properti. Di dunia teknologi maju saat ini, Internet adalah platform favorit untuk menyediakan fasilitas penawaran; ini adalah cara alami untuk menentukan harga suatu komoditas dalam ekonomi pasar bebas .

Banyak istilah serupa yang mungkin menggunakan atau tidak menggunakan konsep serupa telah dikembangkan di masa lalu sehubungan dengan penawaran, seperti lelang terbalik, penawaran sosial, atau banyak ide kelas permainan lainnya yang mempromosikan dirinya sebagai penawaran. Penawaran terkadang juga digunakan sebagai perjudian etis di mana hadiah uang tidak hanya ditentukan oleh keberuntungan tetapi juga oleh total permintaan yang ditarik oleh hadiah itu sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definition of bidding in English". Oxford. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2012. Diakses tanggal 29 March 2014. 
  2. ^ "Not Quite the Economist - Course bidding: Is auction always the best?". blogs.harvard.edu.