Captain America: The First Avenger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Captain America: The First Avenger
Poster Film
SutradaraJoe Johnston
ProduserKevin Feige
SkenarioChristopher Markus
Stephen McFeely
Berdasarkan
Captain America
oleh Joe Simon
Jack Kirby
PemeranChris Evans
Tommy Lee Jones
Hugo Weaving
Hayley Atwell
Sebastian Stan
Dominic Cooper
Neal McDonough
Derek Luke
Stanley Tucci
Penata musikAlan Silvestri
SinematograferShelly Johnson
PenyuntingRobert Dalva
Jeffrey Ford
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 19 Juli 2011 (2011-07-19) (El Capitan Theatre, L.A.)
  • 22 Juli 2011 (2011-07-22) (Amerika Serikat)
  • 9 September 2011 (2011-09-09) (Indonesia)
Durasi124 menit[1]
NegaraUSA
BahasaInggris
Anggaran$140 juta[2]
Pendapatan
kotor
$370.6 juta[3]

Captain America: The First Avenger merupakan sebuah film pahlawan super Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2011. Ini adalah film kelima di Marvel Cinematic Universe. Film yang disutradarai oleh Joe Johnston ini pemainnya antara lain oleh Chris Evans, Tommy Lee Jones dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 19 Juli 2011.

Captain America: The First Avenger perdana di Hollywood pada tanggal 19 Juli 2011, dan dirilis di Amerika Serikat pada 22 Juli 2011. Film ini mendapat review positif dan sukses secara komersial, terlaris lebih dari $370 juta di seluruh dunia. Blu-ray dan DVD yang dirilis pada 25 Oktober 2011. Sebuah sekuel berjudul Captain America: The Winter Soldier dirilis pada 4 April 2014, dan film ketiga berjudul Captain America: Civil War dirilis pada tanggal 6 Mei 2016.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Dimulai pada tahun 1942 saat Perang Dunia II, seorang pria bertubuh kurus dan pendek dengan riwayat kesehatan buruk, Steve Rogers (Chris Evans), berusaha untuk bergabung ke militer Amerika untuk ikut berperang. Setelah mencoba berkali-kali dan tidak berhasil, Steve akhirnya berhasil lolos seleksi karena dibantu Dr. Erskine (Stanley Tucci) yang melihat kebaikan di hati Steve. Dr. Erskine menunjuknya sebagai percobaan teknologi terbaru militer Amerika yang bisa mengubah tubuh seseorang dengan memanipulasi gen dan ototnya, menjadikannya manusia unggul. Steve Rogers yang telah menjadi Captain America memiliki kekuatan yang luar biasa diterjunkan dalam medan perang di Eropa melawan Nazi dan berhasil membebaskan banyak tawanan perang Amerika. Steve juga berhadapan dengan Johann Schmidt (Hugo Weaving) yang menggunakan kekuatan kubus Odin dan pemimpin organisasi kejahatan Hydra. Dengan kekuatan kubus Odin, Schmidt menyuntikkan serum ke tubuhnya yang mengubahnya menjadi Red Skull. Akhirnya Captain America berhasil mengalahkan semua musuhnya namun dia kecelakaan di kutub es bersama dengan roket yang membawa bom. Captain America lalu membeku dan kembali ditemukan pada masa depan oleh Nick Fury.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Captain America – The First Avenger". British Board of Film Classification. July 13, 2011.
  2. ^ Ryan, Mike (Mei 19, 2010). "Should We Now Call Him 'Captain England'?". Yahoo!. Archived from the original on July 22, 2011. Retrieved June 28, 2010.
  3. ^ Captain America: The First Avenger at Box Office Mojo

Pranala luar[sunting | sunting sumber]