Nicolaas Pieneman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nicolaas Pieneman (1 Januari 1809, Amersfoort – 30 Desember 1860, Amsterdam) adalah seorang pelukis dan litografer asal Belanda Utara yang hidup pada abad ke-19.

Nicolaas Pieneman
Nicolaas Pieneman pada tahun 1859
Lahir(1809-01-01)1 Januari 1809
Amersfoort, Belanda
Meninggal30 Desember 1860(1860-12-30) (umur 51)
Amsterdam, Belanda
Kebangsaan Belanda

Biografi[sunting | sunting sumber]

Penobatan Willem II dari Belanda di Amsterdam pada tanggal 28 November 1840

Lahir 01 Januari 1810 di Amersfoort. Ayahnya adalah seorang seniman yaitu Jan Willem Pieneman. Ia belajar dengan ayahnya, juga menghadiri kelas-kelas di Royal Academy of Fine Arts di Amsterdam dan beliau juga belum menikah.

Pada tahun 1830, ia menerima medali emas dari Institut Kerajaan Belanda untuk lukisan Archimedes dibunuh oleh seorang prajurit di Sirakusa. Terutama dikenal karena potretnya, khususnya yang menggambarkan anggota keluarga kerajaan. Dia melampaui ayahnya dalam seni menampilkan penampilan manusia dan mencapai ketenaran yang lebih besar.

Pada tahun 1855, untuk potret Willem II dan Willem III dipresentasikan di Pameran Dunia Paris dan ia dipromosikan menjadi Ksatria Legiun Kehormatan. Ia juga seorang Ksatria Orde Singa Belanda, Komandan Orde Adolf Nassau dan Komandan Orde Mahkota Ek, dan Ksatria Orde Bintang Kutub.

Ia aktif terlibat dalam kegiatan sosial, termasuk pada tahun 1855 ia menjadi salah satu pendiri dan ketua perkumpulan seni Amsterdam yaitu Arti et Amicitia. Dia adalah anggota Akademi Seni Rupa Kerajaan, khususnya dia menerima 8 medali kehormatan akademi berturut-turut, termasuk untuk patung plester.

Ia juga anggota Royal Netherlands Institute. Koleksi besar karya disimpan di Rijksmuseum, termasuk lukisan Penyerahan Pangeran Diponegoro kepada Jenderal De Kock. Diantara murid-muridnya adalah Bernard te Gempt. Namun ia meninggal pada malam 30 Desember 1860 di Amsterdam pada usia 51 tahun.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]