Out of the Blue (album Electric Light Orchestra)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Out of the Blue
Album studio karya Electric Light Orchestra
DirilisOktober 1977
DirekamMei–Agustus 1977, Musicland Studios, Munich
GenreRock, art rock
Durasi70:12
LabelJet, United Artists
ProduserJeff Lynne
Kronologi Electric Light Orchestra
The Light Shines On
(1977)The Light Shines On1977
Out of the Blue
(1977)
Three Light Years
(1978)Three Light Years1978
Singel dalam album Out of the Blue
  1. "Turn to Stone"
    Dirilis: Oktober 1977
  2. "Mr. Blue Sky"
    Dirilis: Januari 1978
  3. "Wild West Hero"
    Dirilis: Mei 1978
  4. "Sweet Talkin' Woman"
    Dirilis: September 1978
  5. "It's Over"
    Dirilis: Oktober 1978

Out of the Blue adalah album studio ke-7 dari grup musik rock Britania Raya, Electric Light Orchestra, yang dirilis pada bulan Oktober 1977. Album ini diproduseri oleh Jeff Lynne dalam format album ganda dan merupakan karya mereka yang paling laris.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jeff Lynne menulis keseluruhan lagu di album dalam waktu 3 setengah minggu setelah mendapat inspirasi secara tiba-tiba saat sedang menyewa chalet di daerah Alpen Swiss. Selanjutnya dibutuhkan waktu 2 bulan untuk merekamnya di Munich. Album ini dengan cepat mendapat pesanan sebanyak 4.000.000 dan mendapat sertifikasi multi-Platina setelah dirilis. Out of the Blue melambungkan 5 singel hit di berbagai negara. Ciptaan Lyne dalam format album ganda ini merupakan yang pertama dalam sejarah musik Britania Raya yang berhasil menempatkan 4 hit singel ke top 20 UK Singles Chart. Sisi tiga double LP orisinal terdiri dari simfoni Concerto for a Rainy Day yang dibuat dari 4 nomor lagu terpisah yang dijadikan suit utuh. Efek suara cuaca buruk yang dimasukkan dalam "Concerto" benar-benar nyata direkam Jeff Lynne saat hujan lebat di musim panas di Munich tahun 1977. Suite Concerto menjadi simfoni rock terakhir yang dikerjakan oleh Lynne.

Lynne menganggap A New World Record dan Out of the Blue sebagai hasil karya terbaik grup mereka,[1][2] yang mana keduanya berhasil terjual keras serta menerima sertifikasi multi-platina menurut RIAA. Capital Radio and Daily Mirror Rock and Pop Awards (cikal bakal The Brit Awards) menamakannya "Album of the Year" pada tahun 1978. Jeff Lynne selaku komposer, menerima Ivor Novello yang pertama kalinya dalam kategori Outstanding Contributions to British Music pada tahun yang sama.

Kendaraan ruang angkasa yang muncul di sampul album yang kini menjadi lambang grup, merupakan hasil karya Kosh dan Shusei Nagaoka. Gambar ini didasarkan pada logo yang dirancang Kosh pada album sebelumnya, A New World Record yang terinspirasi dari kegilaan akan Star Wars dan Close Encounters of the Third Kind. Kendaraan ini juga tampak mirip dengan stasiun ruang angkasa yang dilengkapi pangkalan seperti yang ada di 2001: A Space Odyssey (1968).[3] Nomor JTLA 823 L2 yang dilampirkan di kendaraan saat tiba di stasiun adalah nomor katalog asli album. Tema ruang angkasa yang diusung grup muncul dalam pertunjukkan langsung dalam bentuk panggung bernuansa dalam piring terbang.

Perilisan Out of the Blue di Amerika Serikat awalnya dilakukan oleh Jet/United Artists Records. Namun, kemudian ditemukan bahwa ada album Out of the Blue yang dianggap tidak lengkap dijual di toko-toko musik AS dan Kanada dalam harga diskon setelah perilisan Out of the Blue yang menyebabkan penurunan volume penjualan. Jet menuntut UA dan langsung mengalihkan distribusi ke CBS Records pada tahun 1978. Jet segera kembali melakukan mengalihkan hak cipta untuk distribusi di AS termasuk seluruh album ELO di masa depan dan album lama ke CBS Records AS dengan logo Jet/Columbia.

Concerto for a Rainy Day[sunting | sunting sumber]

Sisi tiga yang berjudul "Concerto for a Rainy Day", merupakan suite 4 track yang terinspirasi oleh cuaca dan apa pengaruhnya terhadap perubahan suasana hati, yang ditutup dengan lagu ceria "Mr. Blue Sky". Ini terinspirasi dari pengalaman Jeff Lynne saat sedang mencoba menulis lagu di tengah-tengah hujan lebat di sebuah Chalet Swiss.

"Standin' in the Rain" dibuka dengan suara keyboard dan suara hujan nyata yang direkam oleh Jeff Lynne di luar studio yang disewanya. Pada detik ke-30 yang menandai dibukanya Concerto, terdengar suara petir yang menyuarakan kata-kata "Concerto for a Rainy Day" oleh sang pemain keyboard, Richard Tandy. Pada menit ke-1 alat musik petik memainkan kode morse menyebut kata "ELO". Konser mereka pada tahun 1978 dibuka dengan konserto Out of the Blue.

"Big Wheels" merupakan bagian kedua suite Concerto for a Rainy Day dan terus dengan tema cuaca dan refleksi. Nomor musik ini tidak pernah muncul dalam kompilasi manapun sampai pada tahun 2000, ia disertakan ke dalam album Flashback.

"Summer and Lightning" adalah lagu ke-3 dari suite "Concerto for a Rainy Day". Walau cuaca hujan masih diperdengarkan, tetapi lirik dan suasana lebih optimis.

"Mr. Blue Sky" adalah lagu terakhir suite yang bertema ceria dan optimistik. Ia dirilis sebagai singel.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penilaian profesional
Contemporary
Skor ulasan
Sumber Nilai
Rolling Stone (unfavorable)[4]

Billy Altman pada bulan Januari 1978 dalam wawancara dengan Rolling Stone berkomentar bahwa album ini "dibuat dan dibawakan dengan sangat teliti" dan memperlihatkan ada pengaruh Beach Boys, Bee Gees dan the Beatles, tetapi akhirnya mengatakan ia "sangat dangkal dan hambar".[5]

Serbaneka[sunting | sunting sumber]

Penilaian profesional
Legacy
Skor ulasan
Sumber Nilai
Allmusic 3.5/5 stars[6]
Pitchfork Media (8.1/10)[7]

Album ini dimasukkan dalam buku 1001 Albums You Must Hear Before You Die.[8]

Pada bulan Agustus 2006, oleh majalah Q, album ini berada di nomor 11 sebagai album 'Guilty Pleasure' sepanjang masa, daftar rekaman yang dianggap "tidak keren" namun mengagumkan dan disukai banyak orang.

Track listing[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis oleh Jeff Lynne.

Side One
No.JudulDurasi
1."Turn to Stone"3:47
2."It's Over"4:08
3."Sweet Talkin' Woman"3:47
4."Across the Border"3:52
Side Two
No.JudulDurasi
5."Night in the City"4:02
6."Starlight"4:30
7."Jungle"3:51
8."Believe Me Now"1:21
9."Steppin' Out"4:38
Side Three (Concerto for a Rainy Day)
No.JudulDurasi
10."Standin' in the Rain"4:20
11."Big Wheels"5:10
12."Summer and Lightning"4:13
13."Mr. Blue Sky"5:05
Side Four
No.JudulDurasi
14."Sweet Is the Night"3:26
15."The Whale"5:05
16."Birmingham Blues"4:21
17."Wild West Hero"4:40

30th Anniversary Edition[sunting | sunting sumber]

Edisi 30th Anniversary Edition dirilis pada bulan February 2007 dengan 3 bonus lagu, sebagai bagian dari seri Sony/BMG Music Epic/Legacy series. Perilisan ulang tahun ke-30 dirilis dalam buku hardcover cetak terbatas yang berisikan booklet 24 halaman penuh warna. Termasuk pula catatan album halaman penuh oleh Jeff Lynne dan tukang arsip ELO Rob Caiger, serta foto-foto langka dan memorabilia. Replika Stasiun Ruang Angkasa ELO juga disertakan bersama edisi kotak album perhiasan dengan buklet 12 halaman. Album ini berhasil menduduki urutan ke-18 tangga lagu album top-20 di Britania Raya. Singel ke-6 "Latitude 88 North" dirilis sebagai singel unduh digital dan format 7" terbatas.

Pada tahun 2012, Music On Vinyl merilis ulang Out of the Blue dalam bentuk rekaman vinyl di label Epic, dimana 1000 kopi pertama dibuat dari vinyl biru transparan dan sisanya dengan vinyl hitam.

2007 bonus tracks
No.JudulDurasi
18."Wild West Hero (Alternate Bridge – Home Demo)"0:24
19."The Quick and the Daft"1:49
20."Latitude 88 North"3:24

Personel[sunting | sunting sumber]

ELO
Produksi

Mik Kaminski muncul hanya di "Sweet Talkin Woman", "Across the Border" dan "Wild West Hero", Melvyn Gale di "Wild West Hero" dan Hugh McDowell tidak ada sama sekali di semua track, tetapi ketiganya dikreditkan sebagai anggota grup utuh.

Sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikasi Penjualan/unit tersertifikasi
Kanada (Music Canada)[9] Platinum 100.000^
Jerman (BVMI)[10] Gold 250.000^
Belanda (NVPI)[11] Gold 50.000^
Britania Raya (BPI)[12] Platinum 300.000^
Amerika Serikat (RIAA)[13] Platinum 1.000.000^

* Jumlah penjualan menurut seritifikasinya.
^ Jumlah pengiriman menurut seritifikasinya.

Tanggal lagu[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ allmusic ((( A New World Record > Overview )))
  2. ^ Wild, David. "The Story of a Rock and Roll Band and the Pop Genius Who Dared to Go Baroque." Flashback.
  3. ^ 2001: A Space Odyssey (1968) - Posters
  4. ^ Altman, Billy (12 January 1978). "Internet Archive Wayback Machine". Web.archive.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-29. Diakses tanggal 18 October 2012. 
  5. ^ Billy Altman (12 January 1978). "Out Of The Blue review". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-29. Diakses tanggal 2013-02-10. 
  6. ^ Eder, Bruce. "Out of the Blue - Electric Light Orchestra : Songs, Reviews, Credits, Awards". AllMusic. Diakses tanggal 18 October 2012. 
  7. ^ Mitchum, Rob (1 March 2007). "Electric Light Orchestra: Out of the Blue | Album Reviews". Pitchfork. Diakses tanggal 18 October 2012. 
  8. ^ Outline Page
  9. ^ "Canadian album certification – Electric Light Orchestra – Out of the Blue". Music Canada. 
  10. ^ "Gold-/Platin-Datenbank (Electric Light Orchestra; 'Out of the Blue')" (dalam bahasa German). Bundesverband Musikindustrie. 
  11. ^ "Dutch album certification – Electric Light Orchestra – Out of the Blue" (dalam bahasa Belanda). Nederlandse Vereniging van Producenten en Importeurs van beeld- en geluidsdragers.  Enter Out of the Blue in the "Artiest of titel" box.
  12. ^ "British album certification – Electric Light Orchestra – Out of the Blue". British Phonographic Industry.  Select albums in the Format field. Select Platinum in the Certification field. Type Out of the Blue in the "Search BPI Awards" field and then press Enter.
  13. ^ "American album certification – Electric Light Orchestra – Out of the Blue". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  14. ^ a b c Kent, David (1993). Australian Chart Book 1970–1992. St Ives, NSW: Australian Chart Book. ISBN 0-646-11917-6. 
  15. ^ Library and Archives Canada. Retrieved 2012-02-24
  16. ^ "dutchcharts.nl Electric Light Orchestra – Out of the Blue" (ASP). dutchcharts.nl (dalam bahasa Dutch). MegaCharts. Diakses tanggal 2011-08-08. 
  17. ^ "InfoDisc : Tous les Albums classés par Artiste > Choisir Un Artiste Dans la Liste : Electric Light Orchestra". infodisc.fr. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-15. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  18. ^ a b "Hit Parade Italia - Gli album più venduti del 1978" (dalam bahasa Italian). hitparadeitalia.it. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  19. ^ Oricon Album Chart Book: Complete Edition 1970-2005. Roppongi, Tokyo: Oricon Entertainment. 2006. ISBN 4-87131-077-9. 
  20. ^ "charts.org.nz Electric Light Orchestra – Out of the Blue". Hung Medien. Recording Industry Association of New Zealand. Diarsipkan dari versi asli (ASP) tanggal 2012-11-12. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  21. ^ "norwegiancharts.com Electric Light Orchestra – Out of the Blue" (ASP). Hung Medien. VG-lista. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  22. ^ "swedishcharts.com Electric Light Orchestra – Out of the Blue" (ASP). Sverigetopplistan. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  23. ^ "Chart Stats - Electric Light Orchestra – Out of the Blue" (PHP). UK Albums Chart. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-04. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  24. ^ "allmusic ((( Out of the Blue > Charts & Awards > Billboard Albums )))". allmusic.com. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  25. ^ "Album Search: Electric Light Orchestra – Out of the Blue" (ASP) (dalam bahasa German). Media Control. Diakses tanggal 2012-02-24. [pranala nonaktif permanen]
  26. ^ a b c "Complete UK Year-End Album Charts". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-29. Diakses tanggal 2011-09-12. 
  27. ^ "RPM Top 100 Albums of 1978". RPM. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-19. Diakses tanggal 2012-02-24. 
  28. ^ "Top Pop Albums of 1978". billboard.biz. Diakses tanggal 2012-02-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]