Berbagi Suami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berbagi Suami
Poster rilis teatrikal
SutradaraNia Dinata
ProduserElza Hidayat
Claud Kunetz
Constantin Papadimitriou
Ditulis olehNia Dinata
PemeranJajang C. Noer
Shanty
Dominique Agisca Diyose
El Manik
Tio Pakusadewo
Lukman Sardi
Nungki Kusumastuti
Ria Irawan
Ira Maya Sopha
Winky Wiryawan
Rieke Diah Pitaloka
Reuben Elishama
Atiqah Hasiholan
Janna Soekasah
Melissa Karim
Meirayni Fauziah
NaratorJajang C. Noer
Shanty
Dominique
Penata musikAghi Narottama
Bemby Gusti
Ramondo Gascaro
SinematograferIpung Rachmat Syaiful
PenyuntingYoga Krispatama
Perusahaan
produksi
DistributorKalyana Shira Films
Tanggal rilis
23 Maret 2006
Durasi105 Menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2006
  • Pemeran Pendukung Pria Terbaik : El Manik
  • Tata Artistik Terbaik : Wencisiaus

Berbagi Suami (judul rilis internasional: Love For Share) adalah sebuah film drama Indonesia yang disutradarai Nia Dinata dan dibintangi Jajang C. Noer, Shanty, Dominique Agisca Diyose, El Manik, Tio Pakusadewo, Lukman Sardi, Nungki Kusumastuti, Ria Irawan, Ira Maya Sopha, Winky Wiryawan, Rieke Diah Pitaloka, Reuben Elishama, Atiqah Hasiholan, Janna Soekasah, dan Melissa Karim. Film ini dirilis pada 23 Maret 2006.

Bintang-bintang lainnya yang muncul sebagai pemeran pembantu ialah Ikke Nurjanah, Lula Kamal, Alvin Adam, Dewi Irawan, Maudy Koesnaedi, Laudya Cynthia Bella, Aming, Erwin Parengkuan, Wak Ujang, Yuanita Christiani, Ronny P. Tjandra, dan Rusdi Rukmarata.

Film ini bercerita tentang tiga wanita dari kebudayaan berbeda namun sama-sama mempunyai suami yang melakukan poligami. Dalam proses pembuatannya, film ini melalui proses pengamatan dan riset. Film ini adalah kisah poligami dari sudut pandang perempuan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film Berbagi Suami terbagi dalam tiga segmen cerita yaitu cerita Salma, cerita Siti dan cerita Ming. Berbagi Suami adalah tuturan para perempuan yang menjalani kehidupan dipoligami dari kalangan usia, sosial dan etnis yang berbeda: Salma yang diperankan Jajang C Noer mewakili kalangan berpendidikan dengan strata sosial yang tinggi, berprofesi sebagai dokter, berlatar kultur Betawi di usia 50-an, bersuamikan pengusaha yang terjun ke dunia politik. Siti yang diperankan Shanty adalah perempuan dari pelosok Jawa, yang usianya mendekati 30-an; dan Ming yang diperankan Dominique, gadis keturunan Tionghoa yang berusia 19 tahun.

Ketiganya pernah bertemu meski tidak terlalu saling mengenal, tetapi mereka mengalami kondisi yang mirip: dipoligami. Berbagi Suami adalah penuturan Salma, Siti dan Ming tentang hidup dalam poligami.

Siti yang diperankan Shanty dijadikan istri ketiga oleh Pak Liknya

Cerita Salma[sunting | sunting sumber]

Salma (Jajang C. Noer) adalah perempuan yang berhasil hidup dalam strata sosial yang tinggi dan mengecap kebahagiaannya berprofesi sebagai seorang dokter. Suaminya, Pak Haji Ali Imron (El Manik) adalah seorang pengusaha besar yang terjun ke ranah politik. Ali sangat gemar melakukan poligami, hingga ia mempunyai banyak istri muda seperti Indri (Nungki Kusumastuti) dan Ima (Atiqah Hasiholan). Dalam lubuk hatinya, Salma sendiri kurang menyukai kebiasaan suaminya, tetapi ia lebih memilih diam dan menjadi istri tua. Anak Salma yang kini sudah dewasa, Nadim (Winky Wiryawan) adalah alasan Salma menjalani kehidupan poligaminya. Namun Nadim malah menjadi anak yang menentang hal tersebut. Akhirnya, Ali terkena stroke dan lumpuh. Nadim yang menjaga Ali di rumahnya, mendengar pesan terakhir dari ayahnya, agar tidak boleh mempunyai istri lebih dari satu. Nadim yang sejak mengerti keadaan orangtuanya marah kepada ayahnya, kini bisa memaafkannya. Ali pun meninggal dengan damai. Saat pemakaman, ternyata Ali masih mempunyai seorang istri muda berusia remaja (Laudya Chintya Bella). Nadim, yang dulu menolak ikut membantu tsunami di Aceh bersama ayahnya, dan Nadim kini memilih menjadi relawan langsung untuk membantu mencari korban yang hilang.

Cerita Siti[sunting | sunting sumber]

Siti (Shanty) adalah seorang gadis Jawa yang dibawa dari kampung ke Jakarta oleh Pak Liknya (Lukman Sardi). Keinginan Siti ke Jakarta adalah untuk kursus kecantikan. Di kampung, Pak Lik selalu bergaya seakan ia adalah orang penting di industri perfilman di Jakarta karena foto-foto Pak Lik bersama aktor-aktor terkenal. Kenyataannya, ia hanyalah sopir studio film dengan perolehan gaji yang pas-pasan. Siti harus menghadapi kenyataan ketika ia dipersunting Pak Liknya yang padahal sudah beristri dua, Sri (Ria Irawan) dan Dwi (Rieke Diah Pitaloka). Siti terpaksa melambatkan cita-citanya dengan merawat anak-anak dari Sri dan Dwi yang jumlahnya sangat banyak. Pak Lik dikirim pergi ke Aceh untuk peliputan dokumentasi akibat tsunami di sana. Selama itu, Siti dan Dwi menjalani hubungan lesbian dan keteguhan untuk ingin keluar dari rumah tersebut dengan membawa dua anak. Siti yang belum sempat hamil, mengantar Sri ke dokter kandungan yang memberitakan bahwa Sri terkena gonorhea akibat suaminya. Hal itu membuat Siti dan Dwi semakin yakin untuk kabur. Beberapa hari setelah Pak Lik pulang dari Aceh membawa seorang istri baru bernama Santi, pada dini hari Dwi dan Siti pergi.

Cerita Ming[sunting | sunting sumber]

Ming (Dominique) adalah seorang gadis berusia 19 tahun yang bekerja disebuah restoran bebek Koh Abun (Tio Pakusadewo), sang koki dan pemilik restoran. Koh Abun mempunyai istri bernama Cik Linda (Ira Maya Sopha) yang menjadi pengurus keuangan restoran dan dianggap Koh Abun sebagai pembawa hoki bagi dirinya. Kehadiran Ming sebagai pelayan restoran menambah pelanggan restoran bebek yang sedari dulu memang sudah laris, kesuksesan restoran itu disimpan oleh Cik Linda yang pelit, sehingga kendati restoran ini menghasilkan laba yang sangat besar, segala pernak-pernik restoran masih seperti dulu. Kecantikan Ming membuat banyak lelaki terpesona termasuk Koh Abun dan teman Ming yang berprofesi sebagai sutradara, Firman (Reuben Elishama). Akhirnya Koh Abun tidak tahan dan berniat menikahi Ming, tetapi setelah menikah dengan siasat, Koh Abun tidak berani mengatakan yang sebenarnya kepada Cik Linda. Ming diberikan fasilitas berupa apartemen dan mobil, di samping itu, Ming menggunakan semuanya untuk mengejar cita-citanya sebagai seorang aktris. Ming tenggelam dalam kehidupan rumah tangganya, apalagi setelah Cik Linda pergi sementara ke Amerika untuk mengunjungi anak-anaknya yang sekolah di sana. Firman mendatangi Ming dan berkata bahwa jalan hidup Ming masih panjang dan tidak pantas untuk langsung hidup enak. Firman menawari Ming untuk belajar akting dan mengikuti casting dalam film panjang perdana Firman. Ming menyetujuinya dan belajar mengimbangi sebagai istri simpanan dan calon aktris. Di suatu pagi, ia dilabrak oleh Cik Linda dan anak-anaknya yang baru pulang dari Amerika. Ternyata, sikap Ming dan Koh Abun yang mesra, dicurigai banyak pihak dan semua orang sudah menyangka. Akhirnya, Koh Abun pindah ke Amerika sekeluarga karena Green Card yang lama mereka ajukan lolos. Segala aset Ming dijual karena semuanya beratasnamakan Koh Abun. Ming diberikan sejumlah uang untuk membantu masa depannya. Ming pun membeli sebuah rumah kontrakan sekaligus mengawali masa depannya yang baru.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Cameo[sunting | sunting sumber]

Hubungan Antar Cerita[sunting | sunting sumber]

  • Salma
    • Salma dan Siti: Salma adalah dokter yang memeriksa kandungan Sri yang diantar Siti.
    • Salma dan Ming: Salma sekeluarga adalah pelanggan tetap restoran bebek Koh Abun
  • Siti
    • Siti dan Salma: Siti mengantarkan Sri ke dokter kandungan, dokter itu adalah Salma
    • Siti dan Ming: Saat Dwi kabur membawa anaknya, Ming datang memberikan boneka. Lalu, rumah kontrakan Ming yang baru berdekatan dengan rumah Pak Lik.
  • Ming
    • Ming dan Salma: Ming mengenali Salma sekeluarga sebagai pelanggan tetap restoran.
    • Ming dan Siti: Rumah kontrakan baru Ming dekat dengan rumah Pak Lik. Ming memberikan boneka kepada anak Dwi saat Dwi dan anak-anak kabur.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Berbagi Suami diproduksi Kalyana Shira Film yang berkolaborasi dengan rumah produksi asal Prancis, WallWorks. Pekerja film yang terlibat adalah Ipung Rachmat Syaiful sebagai director of photography, Yoga K. Koesprapto sebagai editor, Wencislaus sebagai art director dan Claude Kunetz sebagai co-producer dari WallWorks Prancis.

Sementara untuk album lagu tema, Kalyana Shira Films bekerjasama dengan Aksara Records lewat grup musik Sore dan White Shoes & The Couples Company yang menggarap lagu serta scoring film ini.

Penghargaan dan Piala Citra[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan penghargaan Golden Maile Award sebagai Best Feature Film dalam Hawaii International Film Festival, Amerika Serikat dan juga "Movie of the Year"[1] dari Guardians e-Awards pada tahun 2007, berdampingan dengan Nagabonar Jadi 2.

  • FFI 2006 - Pemeran Pembantu Pria Terbaik (El Manik)
  • FFI 2006 - Tata Artistik Terbaik (Wencislaus)
  • Nominasi Piala Citra - Sutradara (Nia Dinata)
  • Nominasi Piala Citra - Pemeran Utama Wanita (Jajang C Noer, Shanty)
  • Nominasi Piala Citra - Pemeran Pembantu Pria (Ruben Elishama)
  • Nominasi Piala Citra - Pemeran Pembantu Wanita (Ira Maya Sopha, Ria Irawan, Rieke Diah Pitaloka)
  • Nominasi Piala Citra - Skenario Asli (Nia Dinata)
  • Nominasi Piala Citra - Sinematografi (Ipung Rachmat Syaiful)
  • Nominasi Piala Citra - Penyunting Gambar (Yoga K Koesprapto)

Album lagu tema film[sunting | sunting sumber]

OST. Berbagi Suami
Album studio karya Kompilasi
Dirilis2006
GenreLagu tema
Pop
Durasi57:55
LabelAksara Records
ProduserKalyana Shira Films
Kronologi Kompilasi
-String Module Error: Match not foundString Module Error: Match not found Ost. Berbagi Suami
(2006)
-String Module Error: Match not foundString Module Error: Match not found

OST. Berbagi Suami adalah album kompilasi yang dirilis di bawah label Aksara Records yang berkolaborasi dengan Kalyana Shira Films pada tahun 2006 untuk mengiringi film Berbagi Suami, dengan didukung grup musik indie seperti Sore dan White Shoes & The Couples Company yang menggarap lagu serta scoring film ini. Dua lagu dalam album ini adalah lagu klasik dari Indonesia, antara lain Sabda Alam karya Ismail Marzuki dan Bengawan Solo karya Gesang Martohartono.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Lagu Tema Berbagi Suami (Salma)" (1:05)
  2. "10 Tahun kemudian" (0:50)
  3. "Bengawan Solo" (2:57)
  4. "Berpapasan" (1:06)
  5. "Hari ini Saya Merasa Jadi Pemenang" (1:17)
  6. "Lagu Tema Berbagi Suami (Siti)" (1:05)
  7. "Siti di Kota Besar" (1:21)
  8. "Pergi tanpa Pesan" - (Sore) (3:25)
  9. "Swing 86" - (Rez Trio) (8:40)
  10. "Gundah" (0:56)
  11. "Siti" (1:48))
  12. "Gundah" (0:56)
  13. "Panik di Malam Pertama" (0:29)
  14. "Love Exists " - (GAIA) (5:20)
  15. "Lagu Tema Berbagi Suami (Ming)" (0:42))
  16. "Aksi Kucing" (3:20))
  17. "Ming" (0:26)
  18. "Kesayangan Cik Linda " (1:18)
  19. "Sabda Alam" - (White Shoes & The Couples Company) (4:10)
  20. "Cik Linda " (0:35)
  21. "Kembali ke Gang" (1:30)
  22. "Dilabrak" (0:49)
  23. "Bersandar" - (White Shoes & The Couples Company) (4:00)
  24. "Ming dan Koh Abun, Pt.1" (0:24)
  25. "Ming dan Koh Abun, Pt.2" (0:51)
  26. "No Fruits For Today" - (Sore) (4:58)

OST. Berbagi Suami adalah album kompilasi yang dirilis di bawah label Aksara Records pada tahun 2006 untuk mengiringi film Berbagi Suami,[1] dengan didukung grup musik indie seperti Sore (grup musik).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ OST Berbagi Suami[pranala nonaktif permanen] Aksara Records.