Santapan Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Santapan Nusantara
240px
PresenterNindy Ellesse
Ida Kusumah
(1996-1999)
Enita Sriyana
(1999-2012)
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim17
Jmlh. episode800+
Produksi
Durasi30 menit (Sabtu)
Rumah produksiSejati Production
Rilis asli
JaringanMNCTV (1996-2012)
Rilis22 Januari 1996 –
14 Juli 2012

Santapan Nusantara adalah program acara kuliner yang ditayangkan oleh MNCTV. Program ini perdana tayang 22 Januari 1996 tepatnya sehari sebelum TPI berulang tahun yang ke-5. Program ini selalu ditayangkan setiap Sabtu pukul 08.30 WIB. Program acara ini termasuk yang paling lama ditayangkan di TPI, disamping program Ngelaba dan Kuis Dangdut. Dan program ini telah mencapai episode terpanjang yakni 800 episode.

Program ini juga disebut sebagai program yang tidak pernah absen dan tidak pernah mengubah jadwal siarannya. Hal ini yang membuat Museum Rekor Indonesia memberikan penghargaan kepada acara ini sebagai program terlama di Indonesia dengan jumlah tayang hingga 700 episode.

Di awal acara ini tayang, konsepnya adalah memperkenalkan budaya kuliner nusantara. Presenternya saat itu ialah Nindy Ellesse, dengan bintang tamu para pelawak yang mengenakan baju adat sesuai dengan tema kuliner Nusantara. Pernah juga Ida Kusumah menjadi presenter Santapan Nusantara. Kemudian konsep ini kembali diubah dengan tema talk show yang pada segmen selanjutnya menghadirkan demo masak dengan presenter Enita Sriyana. Dan pada sesi selanjutnya hingga akhir dari episode, lebih banyak menjelajah kuliner nusantara dan mancanegara.

Program Santapan Nusantara dibuat dengan konsep dasar program pemerintah, "Aku Cinta Makanan Indonesia", dalam rangka melestarikan makanan Indonesia menghadapi gempuran makanan cepat saji yang masuk ke Indonesia.

Santapan Nusantara I-V, disponsori Indofood selama dua setengah tahun. Dan Santapan Nusantara VI-XXIV disponsori Ajinomoto. Hingga episode terakhirnya yang ditayangkan pada 14 Juli 2012, Santapan Nusantara sudah berjalan pada tahun ke-17. Tanpa sekali pun absen.

Masuknya Ajinomoto menggantikan Indofood karena perusahaan milik Salim Grup saat itu terkena imbas krisis moneter. Berdasar alasan kesamaan kultur Ajinomoto yang mencintai budaya leluhur, membuat Ajinomoto mempunyai beban yang sama dengan bangsa Indonesia.

Santapan Nusantara mempunyai suatu identitas yang jelas dan lain daripada acara masak lainnya, juga mempunyai visi misi yang jelas pada setiap penampilannya. Walau ada tema–tema dan perubahan format sebagai suatu kreativitas, tetapi tetap menampilkan kelezatan masakan Nusantara hingga sekarang.

Profil Pembawa Acara Santapan Nusantara[sunting | sunting sumber]

Enita Sriyana lahir dari pasangan Yusuf Ibrahim dan Dee Ta Bretoniere yang berkebangsan Prancis, memulai program Santapan Nusantara dari program Kuis (1991) yang juga diproduksinya. Wanita kelahiran Bandung, 12 Agustus 1951, mengakui banyak mendapatkan pengetahuan tentang masakan dari sering berpergian ke luar negeri. "Saya fokus pada masakan oriental," katanya. Selain Santapan Nusantara yang dibawakannya sepeninggal Nindy Ellesse pada tahun 1999, tercatat sebagai pemecah rekor di MURI sebagai program kuliner terlama di Indonesia. Santapan Nusantara sendiri berakhir tayang pada tanggal 14 Juli 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]