Indonesia Lawak Klub

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Indonesia Lawak Klub
Mengatasi Masalah Tanpa Solusi
PresenterDenny Chandra
Negara asalIndonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode786 (27 Agustus 2017) (daftar episode)
Produksi
Durasi2 jam (termasuk iklan) (Senin-Jumat)
1,5 jam (termasuk iklan) (Sabtu)
Rumah produksiTrans Media
DistributorTrans Media
Rilis asli
JaringanTrans7
Format gambarSDTV dan HDTV
Format audioDolby Digital 5.1
RilisMinggu, 27 Oktober 2013 –
Minggu, 27 Agustus 2017
Acara terkait
Indonesia Lawyers Club (tvOne)

Indonesia Lawak Klub (disingkat dari ILK) adalah sebuah program lawak yang disiarkan oleh Trans7.[1] Konsep acara ini adalah mempertemukan para pelawak di Indonesia dan bergabung dalam satu forum diskusi dan membahas sebuah topik yang tengah menjadi isu terkini. Orang-orang yang biasanya melawak itu berkolaborasi membicarakan suatu masalah dan berusaha untuk memberikan solusi dengan versi yang menghibur.[2] Acara ini merupakan parodi dari program diskusi Indonesia Lawyers Club yang disiarkan di tvOne.[3]

Dalam durasi 60 menit (kini 120 menit termasuk pariwara), Denny Chandra yang menjadi moderator akan mengundang 8-10 orang pelawak atau entertainer yang dikenal di Indonesia untuk menjadi panelis. Selain mendengarkan komentar dari para tamu, masyarakat pun diajak terlibat dengan menyampaikan pendapat mereka melalui video tape (atau VT) yang ditayangkan, lalu di akhir acara disampaikan melalui rangkuman kesimpulan oleh seorang notulen yang diperankan oleh Maman Suherman dari hasil pembahasan dari para tamu.[4][5][3]

Bintang utama ILK adalah pembawa acara Denny Chandra, Komeng sebagai komeng-tator (plesetan dari komentator), dan Cak Lontong sebagai penyampai data hasil survei absurd. Ketiga orang itu diibaratkan sebagai "segitiga jitu andalan" dalam acara ini.[6]

Jam tayang[sunting | sunting sumber]

Acara ini pertama kali dimulai pada 27 Oktober 2013, kini acara ini hadir 5 kali dalam seminggu, Senin-Jumat pada pukul 21.50 WIB.

Sejak awal kemunculannya, ILK hadir setiap hari Minggu malam pada pukul 19.00 WIB. Per 8 Desember 2013, tetap setiap hari Minggu, acara ini hadir 1 jam lebih awal dari jam tayang semula, yaitu pada pukul 18.00 WIB. Empat minggu kemudian, per 4 Januari 2014, acara ini hadir 2 kali dalam seminggu, Sabtu dan Minggu, tetap di jam yang sama. Mulai tanggal 3 Februari 2014, hari tayang acara ini ditambah, yaitu setiap Senin-Jumat pukul 21.15 WIB. Dan pada tanggal 8 April 2014, jam tayangnya menjadi 20.45 WIB dengan durasi acara yang ditambah dari 1 jam menjadi 1,5 jam.

Baru berjalan seminggu dengan durasi 1,5 jam, mulai Senin, 14 April 2014, jam tayang ILK dimajukan menjadi 20.45 WIB dengan durasi yang ditambah lagi menjadi 2 jam.

Dan mulai Jumat, 22 Agustus 2014, ILK berubah format dari siaran tunda menjadi siaran langsung, tetapi hingga sekarang siarannya tidak selalu menentu, kadang langsung kadang tunda. Hari tayang ILK juga ditambah hingga Sabtu mulai tanggal 4 Oktober 2014, dengan nama ILK Weekend. Sejak Sabtu, 15 November 2014, ILK Weekend dihentikan penayangannya.

Per bulan Maret 2015 ILK kembali berubah jam tayang menjadi Senin-Selasa mulai pukul 20.30 WIB.

Daftar peserta forum[sunting | sunting sumber]

Dalam setiap episodenya, dalam forum Indonesia Lawak Klub menghadirkan panelis-panelis yang akan membahas suatu masalah. Berikut daftar panelis yang pernah mengisi forum Indonesia Lawak Klub:

Moderator/ pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Notulen/ No Tulen[sunting | sunting sumber]

Panelis pelawak[sunting | sunting sumber]

Panelis artis[sunting | sunting sumber]

Panelis profesional[sunting | sunting sumber]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref.
2014 Panasonic Gobel Awards 2014 Program Komedi/Lawak Indonesia Lawak Klub Nominasi
2015 Panasonic Gobel Awards 2015
Indonesian Choice Awards 2015 TV Program of the Year
2016 Panasonic Gobel Awards 2016 Program Komedi

Kalimat pembuka[sunting | sunting sumber]

  • "Mengatasi Masalah Tanpa Solusi"
  • "Indonesia Lawak Klub adalah satu satunya acara diskusi ditelevisi yang menghadirkan perdebatan panas namun cerdas, dan setiap masalah dikupas dengan lepas, tuntas dan tidak berkualitas."
  • "Indonesia Lawak Klub adalah tayangan yang menyajikan sebuah diskusi ringan yang seolah kosong tidak mendidik dan kopong namun berisi hiburan bermakna dan mudah dicerna ala panelis songong" (Denny Chandra. 21 Oktober 2014, Episode Pemerintahan Baru Harapan Baru)
  • "Indonesia Lawak Klub adalah program lawak yang isinya bikin ngakak terbahak-bahak sampai tersedak. Kadang pembicaraannya norak, panelisnya ada yang suka meledak-ledak dan notulennya botak." (Denny Chandra. 6 November 2014, Episode Batak (Banyak Taktik Banyak Akal))
  • "Indonesia Lawak Klub adalah tayangan yang menyajikan obrolan bermutu dan terarah dikupas dengan indah oleh panelis-panelis bergairah dengan gaya-gaya yang tidak membuat resah para penonton setia ILK yang ada dirumah" (Denny Chandra. 10 November 2014, Takkan Redup Kebahagiaan Hidup)

[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Acara Trans 7