Fatin Shidqia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fatin Shidqia Lubis)

Fatin Shidqia Lubis
S.I.Kom.
Fatin di acara pembukaan FLS2N 2019
LahirFatin Shidqia Lubis
30 Juli 1996 (umur 27)
Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
AlmamaterSTIKOM The London School of Public Relations[1]
Pekerjaan
Tahun aktif2013 - sekarang
Dikenal atasX Factor Indonesia
Karier musik
GenrePop
InstrumenVokal
LabelSony Music

Fatin Shidqia Lubis, S.I.Kom.[2] (lahir 30 Juli 1996),[3] atau yang lebih dikenal dengan Fatin Shidqia atau Fatin adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama.[4] Setelah menjuarai ajang tersebut, Fatin mengeluarkan debut single "Aku Memilih Setia" yang langsung menempati posisi 1 di chart iTunes Indonesia.[5]

Karier[sunting | sunting sumber]

2012-2013: X Factor Indonesia dan Debut Album "For You"[sunting | sunting sumber]

Fatin mengikuti audisi musim pertama dari X Factor Indonesia dengan membawakan lagu Bruno Mars yang berjudul "Grenade". Kala itu dia masih memakai seragam OSIS karena dia sebelumnya izin sekolah untuk mengikuti audisi ini. Dia pun memakai sweater berwarna abu-abu bergaris-garis. Hal ini karena dia sedang dalam kondisi sakit ketika melantunkan lagu "Grenade". Tepuk tangan meriah ia dapatkan dari keempat juri dan para penonton. Rossa mengatakan bahwa suara Fatin sangat bagus. Ahmad Dhani mengatakan bahwa ia sangat suka suara Fatin. Sementara itu Mulan mengatakan bahwa suara Fatin "bahaya". Keempat juri memberikan 4 Yes. Ia pun berhak maju ke tahap bootcamp 1.

Di tahap tersebut Fatin menyanyikan lagu "Rindu" bersama teman grupnya yakni Mersya Veronica (19), Alifia Yeri (22), Yemima Novalia (19), dan Bella (19). Saat menyanyikan lagu Agnes Monica itu, Fatin sempat salah lirik. Hal ini karena ia merasa gugup.

Babak selanjutnya, yakni Bootcamp 2 (Dance Challenge) yang menguji peserta X Factor harus menari bersama-sama. Sayangnya Fatin dinyatakan tidak lolos pada Dance Challenge ini sehingga juri memberikan Mini Challenge yaitu menyanyi secara acapela (tanpa iringan musik), pada waktu itu Fatin menyanyikan lagu "Paris Oh La La". Dia akhirnya dinyatakan lolos yang membawanya untuk tampil ke babak selanjutnya yakni Bootcamp 3.

Pada tahap Bootcamp 3 ini, Fatin membawakan lagu Foster The People yang berjudul "Pumped Up Kick". Meskipun sempat lupa lirik, namun Fatin tetap mendapatkan pujian, hal ini karena suaranya yang benar-benar khas.

Fatin pun lanjut ke babak selanjutnya yakni Judges Home Visit. Di hadapan juri Rossa dan Maia, ia melantunkan lagu "Cinta Kan Membawamu Kembali" karya Dewa 19. Sayang lagu ini tidak pas dengan karakter Fatin sehingga wajar jika Maia mengatakan bahwa Fatin tidak menyanyikan lagu ini dengan indah. Namun Rossa masih percaya dengan kemampuan karakter vokal Fatin. Ia pun meloloskannya hingga akhirnya ia melanjutkan ke babak berikutnya yakni Showcase, Fatin tampil dengan ke-12 kontestan lainnya secara langsung di hadapan 4 juri (Ahmad Dhani, Rossa, Anggun, dan Bebi Romeo) dan ribuan penonton. Fatin saat itu menyanyikan lagu dari Rihanna yang berjudul "Diamond".

Fatin pun melanjutkan ke tahap Gala Show pertamanya. Ia melantunkan lagu dari Adele, "Rumour Has It". Kemudian Fatin lolos dan melangkah ke babak selanjutnya yakni Gala Show 2 yang bertemakan "Song from mentor" di saat menyanyikan lagu "Pudar". Ia mulai beradaptasi menyanyi dengan menari bersama penari lainnya. Fatin dinyatakan lolos dan berhak lanjut ke babak berikutnya.

Babak ini (Gala Show 3) bertemakan "My Favourite Song". Fatin menyanyikan lagu "Girl On Fire" asal penyanyi Alicia Keys sambil menge-rap. Di sini karakter serak Fatin muncul. Ia dinyatakan lolos. Pada Gala Show selanjutnya, Fatin tampil nge-Rock dengan menyanyikan lagu "Don't Speak", dia pun lolos ke Gala Show 5. Pada Gala Show 5 ini, Fatin menyanyikan lagu slow dari Maudy Ayunda yang berjudul "Perahu Kertas". Fatin melangkah ke babak selanjutnya, Gala Show 6 yang mengambil tema "My Inspiration Song". Fatin memilih lagu Bruno Mars yang berjudul It Will Rain. Ia lolos dan berhak melanjutkan ke Gala Show 7, ia membawakan lagu Duffy yang berjudul "Mercy". Di sini Fatin mulai bernyanyi sambil berinteraksi dengan penonton. Fatin juga disebut finalis yang sering lupa, sudah banyak waktu Gala Show dia lupa lirik.

Fatin lanjut hingga Grand Final dan menyanyikan "Katakan Tidak" dengan Afgansyah Reza, "Stay", dan lagu kemenangannya "Aku Memilih Setia" yang langsung menjadi Top Songs di Chart iTunes Indonesia.

Pada 25 Mei 2013, Fatin dinyatakan sebagai pemenang X Factor Indonesia musim pertama.

Penampilan di X Factor Indonesia (musim pertama)[sunting | sunting sumber]

Episode Tanggal Lagu & Penyanyi Asli Hasil
Babak Audisi N/A "Grenade" - Bruno Mars Lolos
Babak Bootchamp 1 (Grup) "Rindu" - Agnes Monica
Babak Bootcamp 2 (Stage Act) N/A
Babak Bootcamp 2 (Mini Challenge Acapella) "Paris (Ooh La La)" - (Grace Potter and the Nocturnals)
Babak Bootcamp 3 (Solo) "Pumped Up Kicks" - Foster the People
Babak Judge's Home Visit "Cinta Kan Membawamu Kembali" - Dewa 19
Babak Showcase "Diamonds" - Rihanna
Gala Live Show 1 "Rumour Has It" - Adele
Gala Live Show 2 "Pudar" - Rossa
Gala Live Show 3 "Girl on Fire" - Alicia Keys
Gala Live Show 4 "Don't Speak" - No Doubt
Gala Live Show 5 "Perahu Kertas" - Maudy Ayunda
Gala Live Show 6 "It Will Rain" - Bruno Mars
Gala Live Show 7 "Mercy" - Duffy
Gala Live Show 8 "Arti Hadirmu" - Audy Item
"These Words" - Natasha Bedingfield
Gala Live Show 9 "Jalan Cinta" - Sherina Munaf
"Logika" - Vina Panduwinata (duet dengan Vina Panduwinata)
Gala Live Show 10 "Pelan-Pelan Saja" - Kotak
"Lovefool" - The Cardigans
Gala Live Show 11 "One Way or Another" - One Direction
"Tak Ada Yang Abadi" - Noah
Road to Grand Final "Everything At Once" - Lenka
"Material Girl" - Madonna (duet dengan Rossa)
"Grenade" - Bruno Mars
Grand Final "Katakan Tidak" - Afgan (duet dengan Afgan)
Rihanna}
"Aku Memilih Setia" - (Winner Song)
"Don't Stop Believin'" - Journey
Hasil "Well, Well, Well" - Duffy Pemenang
"Good Time" - Owl City & Carly Rae Jepsen (duet dengan Mikha Angelo)
"Aku Memilih Setia" - (Winner Song)

^1Tidak ada eliminasi di minggu tersebut.

Setelah memenangkan X Factor Indonesia musim pertama, Fatin meluncurkan single perdananya yang berjudul "Aku Memilih Setia" dalam bentuk digital melalui iTunes.[6] Video Klip single perdananya pertama kali ditayangkan pada acara Konser Super X.[7] Fatin juga tampil sebagai model iklan di Indosat IM3. Iklan ini merupakan hasil kerja sama antara Indosat dan MNC Media setelah acara X Factor Indonesia.[8]

Fatin juga menjadi satu-satunya artis yang menggunakan hijab dan tampil sebagai sampul majalah HAI.[9] Fatin juga banyak menjadi bintang tamu di berbagai acara seperti pada tanggal 27 Mei 2013 tampil di Indonesian Movie Awards bersama rekannya di X Factor Indonesia musim pertama Shena Malsiana dan Alex Rudiart Hutajulu. Di acara ini, Fatin membawakan lagu "Ada Apa Dengan Cinta? milik Melly Goeslaw[10] Pada tanggal 14 Juni 2013 tampil di Indonesia Kids Choice Awards 2013 bersama Mikha Angelo.[11] Pada tanggal 5 Juli, Fatin juga tampil di acara Satu Jam Lebih Dekat di TvOne.

Di sini, Fatin banyak bercerita mengenai kehidupannya sebelum mengikuti X Factor Indonesia. Di acara ini Fatin membawakan lagunya sendiri "Aku Memilih Setia" dan "Grenade" dari Bruno Mars[12] Pada 15 Juli, Fatin mengeluarkan single yang berjudul "KekasihMu". Lagu ini dirilis bersamaan dengan terpilihnya Fatin sebagai Brand Ambasador Rabbani.[13] Lagu ini terdapat di dalam album kompilasi "The Best of Islamic Music Vol.2" di mana terdapat juga lagu dari penyanyi Maher Zain dan Sandhy Sondoro.[14] Pada tanggal 24 Agustus, Fatin dan Novita Dewi tampil di acara spesial untuk merayakan hari ulang tahun ke-24 RCTI yaitu X Factor Around the World bersama dengan para pemenang X Factor dari negara lain seperti Samantha Jade, Jahméne Douglas, The Collective, dan Melanie Amaro.[15]

Pada acara tersebut, Fatin menyanyikan lagunya "Aku Memilih Setia", "Payphone" duet dengan The Collective,[16] dan terakhir menyanyikan lagu "The World's Greatest" bersama Melanie Amaro.[17] Pada bulan September, Fatin tampil sebagai cameo di film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1. Di film ini, Fatin juga dipercaya untuk menyanyikan lagu soundtracknya.[18] Pada 7 November 2013, Fatin merilis single kedua dari album perdananya yang berjudul "Dia Dia Dia". Perilisan single ini bersamaan dengan musik video di YouTube. Musik video untuk single ini, Fatin syuting di kota Paris, Prancis dan Vienna, Austria bersamaan dengan syuting film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1.[19] Pada tahun ini, Fatin juga mendapatkan penghargaan dari Tabloid Bintang sebagai Bintang Paling Berkilau 2013 bersama beberapa artis lainnya.[20]

Pada 11 November 2013, Fatin merilis album pertamanya yang berjudul For You di bawah naungan Sony Music Indonesia. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia.[21] Di album ini Fatin banyak bekerja sama dengan musisi asing seperti Gustav Efraimsson yang merupakan penulis lagu dan produser musik berkebangsaan Swedia.[22] dan merupakan produser musik yang pernah bekerja sama dengan NKOTBSB (New Kids On The Block & Backstreet Boys) dan Hayden Bell seorang produser musik berkebangsaan Australia.[23] Di album perdana ini, beberapa lagu Fatin untuk penyelesaian akhirnya dilakukan di studio dari Swedia oleh Hayden Bell.

Pada 22 November 2013, Fatin merilis musik video terbarunya di YouTube yang berjudul "Cahaya Di Langit Itu". Lagu ini juga menjadi soundtrack film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1 dan 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2 yang tayang pada 5 Desember 2013.[24] Pada tahun ini juga, Fatin berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Rising Star of the Year pada ajang Yahoo! OMG Awards 2013.[25] dan masuk nominasi di World Music Awards untuk kategori Worlds Best Female Artist, World's Best Live Act, dan World's Best Entertainer of the Year.[26] Fatin juga masuk dalam nominasi HAI Reader's Poll Music Awards 2013 untuk kategori 'The Best Fresh Meat' dan 'The Best Female'. Penghargaan ini merupakan penghargaan tahunan yang diadakan oleh majalah HAI.[27]

Pada tanggal 7 Desember, Fatin menggelar konser peluncuran album perdananya secara langsung di RCTI. Acara tersebut diberi nama "Fatin For You". Di acara ini, Fatin berkolaborasi dengan Kevin Aprilio, The Overtunes, Al Ghazali, New Kingz, dan Gamaliel.[28] Dan di penghujung acara, Fatin mendapatkan kejutan berupa penghargaan multi platinum untuk penjualan albumnya.[29]

2014-sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Januari, Fatin ikut andil dalam konser Konser KFC Adu Bintang 2 bersama para musisi ternama di Indonesia seperti Ahmad Dhani, Indra Lesmana, Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya, Marcell Siahaan, Bunga Citra Lestari, Mulan Jameela, Ari Lasso, Judika, Sammy Simorangkir, Mike Mohede. Konser ini digelar di Jakarta Hall Convention Center.[30] Di konser ini, Fatin tampil bersama Mulan Jameela dan menyayikan lagu Pertama milik Reza Artamevia.[31] Tanggal 21 Januari, Fatin tampil di Dahsyatnya Awards 2014 dan menyanyikan lagu "Aku Memilih Setia" bersama Citra Skolastika yang menyanyikan lagu Galau Galau Galau. Di acara ini, Fatin mendapatkan penghargaan sebagai Pendatang Baru Terdahsyat.[32]

Pada 5 April, Fatin tampil di acara perhelatan ke-17 Panasonic Gobel Awards 2014. Di acara ini, Fatin menyanyikan lagunya secara medley "Aku Memilih Setia/"Dia Dia Dia".[33] Pada 20 Mei, Fatin merilis single berikutnya yang berjudul "Kaulah Kamuku". Di lagu ini, Fatin berkolaborasi dengan band The Overtunes yang digawangi oleh Mikha Angelo. Perilisian single ini dibarengi dengan musik video di Youtube.[34] Pada 13 Juni, Fatin tampil di acara Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards 2014 dan menyanyikan lagu "Happy" bersama Ayu Ting Ting dan Cakra Khan.

Bahkan Fatin juga mendapatkan penghargaan sebagai Penyanyi Solo Terfavorit di ajang tersebut.[35] Pada 19 Juni, Fatin diundang untuk tampil di perhelatan Anugerah Musik Indonesia 2014 yang digelar di The Kasablanka, Jakarta. Di acara ini, Fatin tampil menyanyikan lagu "Aku Memilih Setia" bersama dengan grup band Republik yang membawakan lagu "Selimut tetangga".[36] Pada acara pagelaran AMI ke-17 ini pula, Fatin untuk pertama kalinya masuk nominasi sebanyak 8 nominasi. Fatin menjadi penyanyi solo dengan nominasi terbanyak yang berasal dari ajang pencarian bakat di Indonesia.[37] Di AMI Awards ke-17 ini pula Fatin berhasil menyabet 5 penghargaan di antaranya Pendatang Baru Terbaik, Album Pop/Urban Terbaik, Album Terbaik-Terbaik, Penata Musik Pop/Urban Terbaik.

Bahkan Fatin berhasil menyabet penghargaan sebagai Artis Solo Wanita Pop Terbaik di mana Fatin berhasil mengalahkan Raisa, Andien, Syahrini, Astrid, dan Bunga Citra Lestari.[38] Pada 24 Juni, Fatin merilis album dan buku secara bersamaan di Central Park, Jakarta. Album yang diberi judul 12 Lagu Islami Terbaik - Fatin & Friends ini merupakan album kolaborasi beberapa penyanyi Indonesia seperti Gita Gutawa, Nindy & Dide "Hijau Daun", Tasya, dan Gito Rollies.[39] Fatin sendiri di album ini menyanyikan dua buah lagu barunya yang berjudul "Proud of You Moslem" ciptaan Ade Govinda dan "Oh Tuhanku" ciptaan M. Fredy.

Fatin juga berbagi tips dalam menggunakan hijab di dalam bukunya yang berjudul Fatin's Hijab Diary.[40] Pada 4 Juli, Fatin juga ikut menyanyikan kembali lagu lawas karya Fariz RM dan Dian Pramana Poetra yang berjudul "Demi Cintaku". Lagu ini akan terdapat di dalam album kompilasi kedua musisi legenda Indonesia tersebut. Selain Fatin, terdapat juga penyanyi populer lainnya seperti Angel Pieters, Sammy Simorangkir, Maliq & D'Essentials, Glenn Fredly, Indah Dewi Pertiwi akan ikut dalam proyek ini[41] dan album ini rilis pada 14 Nopember 2014.[42] Pada 10 September, Fatin merilis single berikutnya yang berjudul "Semua Tentangmu". Video klip lagu ini dilakukan di kota Paris, ketika Fatin sedang melakukan syuting film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1.[43]

Pada 27 September, Fatin tampil di acara penghargaan musik Inbox Awards 2014, di mana Fatin juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai "Penyanyi Solo Wanita Paling InBox".[44] Pada 29 September, Fatin bersama Judika tampil di Esplanade Concert Hall,Singapura. Fatin menjadi bintang tamu di konser perdana Judika di negara tersebut dan menyanyikan 2 lagu hitsnya yaitu "Aku Memilih Setia" dan "Dia Dia Dia".[45] Pada 17 Oktober di perhelatan Anugerah Planet Muzik 2014, Fatin kembali mendapatkan penghargaan di kategori Most Popular Song untuk lagu "Dia Dia Dia".[46]

Pada 4 Desember, Fatin tampil di acara Festival Film Indonesia 2014 yang dihelat di Kota Palembang. Di acara tersebut, Fatin tampil bersama Vidi Aldiano dan membawakan lagu "Apakah Aku Jatuh Cinta".[47] Pada tahun ini, Fatin juga berhasil menyabet penghargaan The Best Female dalam Hai Reader 's Poll Music Awards 2014,[48] serta majalah HAI menobatkan Fatin sebagai "Penyanyi Cewek Indonesia Terbaik 2014" bersama penyanyi Andien, Yura Yunita dan Gita Gutawa.[49]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

  • Aku Memilih Setia (2013)
  • Dia Dia Dia (2013)
  • Cahaya Di Langit Itu (2013)
  • Kaulah Kamuku (2014)
  • Semua Tentangmu (2014)
  • Away (2015)
  • Percaya (2016)
  • Salahkah Aku Terlalu Mencintaimu (2016)
  • Shoot Me Now (2017)
  • Jingga (2018)
  • Pelangi dan Hujan (2020)[50]
  • Dalam Teduh (2021)
  • Ingin Bertemu Lagi (2022)
  • Bukan Kamu (2022)
  • Menjelang Pagi (2023)
  • Jangan Tersesat, Sayang (2023)

Single[sunting | sunting sumber]

Album Studio[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film
Tahun Judul Peran Catatan
2013 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1 Penampilan Spesial "Cahaya Di Langit Itu" Movie Soundtrack
2016 Dreams Fatin

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Anugerah Musik Indonesia[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi[52] Penerima Hasil
2014 Pendatang Baru Terbaik Fatin Shidqia Menang
Artis Solo Pop Wanita Terbaik Menang
Lagu Pop Terbaik Aku Memilih Setia Nominasi
Pencipta Lagu Pop/Urban Terbaik Nominasi
Produser/Penata Musik Pop/Urban Terbaik Nominasi
Produser Album Rekaman Terbaik For You Menang
Album Pop/Urban Terbaik Menang
Album Terbaik-Terbaik Menang
2015 Artis Solo Pop Wanita Terbaik "Demi Cintaku" Belum diputuskan

Dahsyatnya Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi[53] Penerima Hasil
2014 Pendatang Baru Terdahsyat Fatin Shidqia Menang
Lagu Dahsyat Aku Memilih Setia Nominasi

Expose Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi[54] Penerima Hasil
2013 Celeb of The Year Fatin Shidqia Menang
Female Singer of The Year Menang
New Comer of The Year Menang
Song of The Year Aku Memilih Setia Menang

Global Seru Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi[55] Penerima Hasil
2014 Pendatang Baru Paling Seru Fatin Shidqia Nominasi
Lagu Paling Seru Aku Memilih Setia Nominasi

HAI Reader's Poll Music Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penerima Hasil
2013 The Best Fresh Meat Fatin Shidqia Nominasi
The Best Female Nominasi
2014 The Best Female[56] Menang

Inbox Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penerima Hasil
2014 [57] Penyanyi Solo Wanita Paling Inbox Fatin Shidqia Menang
Lagu Paling Inbox Aku Memilih Setia Nominasi

Indonesian Choice Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penerima Hasil
2014 Breakthrough Artists of the year[58] Fatin Shidqia Menang

Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penerima Hasil
2014 Penyanyi Solo Terfavorit[35] Fatin Shidqia Menang

SCTV Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penerima Hasil
2014 Penyanyi Ngetop[59] Fatin Shidqia Nominasi

World Music Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penerima Hasil
2014 World's Best Female Artist[60] Fatin Shidqia Nominasi
World's Best Live Act[61] Nominasi
World's Best Entertainer of the Year[62] Nominasi
World's Best Indonesian Female Artist[63] Menang

Yahoo! OMG Awards Indonesia[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penerima Hasil
2013 Rising Star of the Year[25] Fatin Shidqia Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-08. Diakses tanggal 2021-09-22. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-10. Diakses tanggal 2021-09-22. 
  3. ^ "Fatin Shidqia Profile on xfactorindonesia.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-27. Diakses tanggal 2013-04-08. 
  4. ^ "Fatin Shidqia Lubis Juara X Factor Indonesia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-09. Diakses tanggal 2013-05-24. 
  5. ^ Adriyanto Prasetyo (17 May 2013). "Aku Memilih Setia - Single Pertama Fatin langsung rajai Chart iTunes". galaunews Interaktif. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-04. Diakses tanggal 18 November 2013. 
  6. ^ "iTunes – Music – Aku Memilih Setia – Single by Fatin Shidqia". iTunes Store (Indonesia). Apple. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-27. Diakses tanggal 2013-05-17. 
  7. ^ "Heboh Fatin Jadi Trending Topic di Twitter". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal 2013-08-16. 
  8. ^ "Fatin - Iklan Indosat Ramadhan (New Version) - YouTube". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-25. Diakses tanggal 2014-07-18. 
  9. ^ Sobri Hai (8 June 2013). "Fatin Shidqia Jadi Cewek Berhijab Pertama di Cover Majalah HAI". HAI Magazine Interaktif. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-14. Diakses tanggal 19 August 2013. 
  10. ^ "Fatin Tampil Penuh Pesona di Indonesian Movie Awards". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 2013-08-16. 
  11. ^ "Tampil di Indonesia Kid's Choice Awards 2013, Fatin Diteriaki Fatinistic". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 2013-08-16. 
  12. ^ "Satu Jam Lebih Dekat Bersama Fatin Shidqia di TvOne". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-03. Diakses tanggal 2013-08-16. 
  13. ^ "Fatin Andalkan Single Religi KekasihMu". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-16. Diakses tanggal 2013-08-16. 
  14. ^ Ade Kurniawan (22 July 2013). "Fatin Shidqia Berserah Diri Lewat "KekasihMu"". Cek&Ricek. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-03. Diakses tanggal 2 November 2013. 
  15. ^ "RCTI 24 Tahun "X Factor Around The World" - YouTube". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-26. Diakses tanggal 2014-07-18. 
  16. ^ Afriadi, Abednego (25 August 2013). "X Factor Around the World: Fatin dan Novita Dewi Panen Pujian". Timlo.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-08. Diakses tanggal 27 August 2013. 
  17. ^ "Fatin Shidqia Dipuji Melanie Amaro". Tempo. 24 August 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal 27 August 2013. 
  18. ^ "Tak Dapat Tokoh Utama, Fatin Shidqia Tetap Antusias Main Film". Tribun. 31 July 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-10. Diakses tanggal 4 September 2013. 
  19. ^ "Fatin Shidqia rilis Dia Dia Dia Dengan Suasana Eropa". Okezone. 7 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-09. Diakses tanggal 18 November 2013. 
  20. ^ "Bintang Paling Berkilau 2013 : Fatin Shidqia Lubis". Tabloid Bintang. 10 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-13. Diakses tanggal 18 November 2013. 
  21. ^ "Fatin Shidqia Rilis Debut Albumnya For You". Kapanlagi.com. 11 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 18 November 2013. 
  22. ^ "Album Fatin Shidqia Melibatkan Produser NKOTBSB". Okezone. 11 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-12. Diakses tanggal 18 November 2013. 
  23. ^ "Bawakan Lagu Karya Komposer Ini, Fatin Shidqia Setara Dengan Penyanyi Dunia". Tribun News. 20 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  24. ^ "Fatin Rilis Cahaya Di Langit Itu Untuk Ost 99 Cahaya Di Langit Eropa". Kapanlagi.com. 23 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-10. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  25. ^ a b "Daftar Pemenang Yahoo OMG Awards 2013". Yahoo Indonesia. 2013-11-16. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-18. Diakses tanggal 2013-11-18. 
  26. ^ "Daftar Pemenang World Music Awards 2014". 2014-05-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-29. Diakses tanggal 2014-05-29. 
  27. ^ "Nomination HAI Reader's Poll Music Awards 2013". HAI. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-21. Diakses tanggal 5 December 2013. 
  28. ^ "Fatin Shidqia Jadi Diva Satu Malam Konser Promosi Album". Okezone.com. 8 December 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-11. Diakses tanggal 9 December 2013. 
  29. ^ "Album Fatin Tembus 7 Platinum". Indonesia Today. 9 December 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-11. Diakses tanggal 9 December 2013. 
  30. ^ "Fatin Rasakan Kegokilan Ahmad Dhani". TribunNews.com. 20 January 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 1 February 2014. 
  31. ^ "Nuansa Jazz Bermain di KFC Adu Bintang 2". Hai Online. 21 January 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-14. Diakses tanggal 1 February 2014. 
  32. ^ "Fatin Sabet Penghargaan Pendatang Baru Terdahsyat". Tempo. 21 January 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal 1 February 2014. 
  33. ^ "Panasonic Gobel Awards Tahun Ini Lebih Meriah". Okezone.com. 1 April 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-10. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  34. ^ "Fatin Dan The Overtunes Rilis Video Klip "Kaulah Kamuku"". WowKeren.com. 20 May 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-10. Diakses tanggal 18 June 2014. 
  35. ^ a b "Fatin Shidqia Fun Berada di IKCA 2014". Yahoo Indonesia. 13 June 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal 18 June 2014. 
  36. ^ "Fatin, Gita Gutawa dan Virzha 'Idol' Siap Meriahkan AMI Awards 2014". WowKeren.com. 11 June 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 7 July 2014. 
  37. ^ "Daftar Nominasi AMI 2014". MetroTv News. 31 Mei 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-06. Diakses tanggal 20 Juli 2014. 
  38. ^ "Fatin Lebih Percaya Diri Setelah Kalahkan Raisa dan Andien". Tribunnews.com. 20 Juni 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 7 Juli 2014. 
  39. ^ "Rilis Album Religi, Fatin Libatkan Mendiang Gito Rollies". Okezone. 24 Juni 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-07. Diakses tanggal 3 Agustus 2014. 
  40. ^ "Fatin Rilis Buku dan Album Religi". Showbiz MterroTv. 24 Juni 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-08. Diakses tanggal 3 Agustus 2014. 
  41. ^ "Romantisme Fariz RM dan Dian PP di Album". Liputan6. 4 Juli 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-01. Diakses tanggal 3 Agustus 2014. 
  42. ^ "Fariz RM dan Dian Pramana Luncurkan Album Musik". Tempo. 6 Nopember 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-29. Diakses tanggal 21 Nopember 2014. 
  43. ^ "Fatin Shidqia resmi rilis video klip baru". JadiBerita.com. 13 September 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 21 Nopember 2014. 
  44. ^ "Fatin : Konsep Inbox Awards 2014 Keren Banget". Liputan6.com. 27 September 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-01. Diakses tanggal 21 Nopember 2014. 
  45. ^ "Judika Sihotang rocked Singapore with his First Concert". GIVnews.com. 6 Oktober 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-12. Diakses tanggal 21 Nopember 2014. 
  46. ^ "6 Artis Indonesia Boyong Piala di Singapura". Liputan6.com. 18 Oktober 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-17. Diakses tanggal 21 Nopember 2014. 
  47. ^ "Foto Berdua dengan Fatin, Vidi Aldiano Bikin Hastag #Apakah Aku Jatuh Cinta?". TribunNews. 5 Desember 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 20 Desember 2014. 
  48. ^ "Official Fans Page Fatin Shidqia". Facebook. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-08. Diakses tanggal 20 Desember 2014. 
  49. ^ "Penyanyi Cewek Indonesia Terbaik 2014: Fatin Shidqia". HaiOnline. 18 Desember 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-14. Diakses tanggal 20 Desember 2014. 
  50. ^ Rachman, Yogi (19 September 2020). "Fatin rilis video musik "Pelangi dan Hujan" dengan nuansa serba pink". Antara News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-10. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  51. ^ Mursidan Baldan, Zaki (20 September 2020). "Kapanlagi.com: Musik - Usung Nuansa City Pop Jepang, Fatin Shidqia RIlis Single Baru "Pelangi Dan Hujan"". KapanLagi.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-01. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  52. ^ "Daftar Pemenang AMI 2014". Okezone.com. 20 June 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-26. Diakses tanggal 7 july 2014. 
  53. ^ "Inilah Daftar Pemenang Dahsyatnya Awards 2014". BeritaSatu. 22 January 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal 1 February 2014. 
  54. ^ "@_TweetSeleb_ Status". Twitter. 28 December 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-10. Diakses tanggal 30 December 2013. 
  55. ^ "Inilah Para Pemenang Global Seru". 23 April 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 27 April 2014. 
  56. ^ "Official Fans Page Fatin Shidqia Lubis". Facebook. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-08. Diakses tanggal 20 Desember 2014. 
  57. ^ "Inbox Awards 2014". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-12. Diakses tanggal 17 Oktober 2014. 
  58. ^ "Fatin Menjadi pemenang Breakthrough Artist of the year". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-08. Diakses tanggal 28 May 2014. 
  59. ^ "Kategori dan Nominasi SCTV Awards 2014". SCTV. 19 November 2014. Diakses tanggal 20 Desember 2014. [pranala nonaktif permanen]
  60. ^ "Nomination World's Best Female Artist 2014". Diakses tanggal 2014-04-04. [pranala nonaktif permanen]
  61. ^ "Nomination World's Best Live Act 2014". Diakses tanggal 2014-04-04. [pranala nonaktif permanen]
  62. ^ "Nomination World's Best Entertainer of the Year 2014". Diakses tanggal 2014-04-04. [pranala nonaktif permanen]
  63. ^ "World Music Awards Official Facebook". Facebook. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-12. Diakses tanggal 2014-10-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Belum Ada
X Factor Indonesia
Pemenang

2013
Diteruskan oleh:
Jebe & Petty