Clas Mild

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Clas Mild
Jenis produkRokok kretek
PemilikNojorono
ProdusenPT Nojorono Tobacco International
NegaraIndonesia
Diluncurkan10 Februari 2003; 21 tahun lalu (2003-02-10)
Merek terkaitNikki Super
Niko International
Aroma Bold
Aroma Mile
Jazy Mild
Top Mild
Maxximil
PasarIndonesia
Jargon"Ini Asli Gue"
Situs webSitus web resmi

Clas Mild merupakan sebuah merek rokok kretek mild di Indonesia, yang diproduksi oleh PT Nojorono Tobacco International yang diluncurkan pada 10 Februari 2003 silam. Rokok ini memiliki kandungan tar 14 mg dan nikotin 1.0 mg.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada 10 Februari 2003 di Kudus, Clas Mild adalah produk rokok kategori mild pertama yang diluncurkan oleh PT. Nojorono Tobacco International untuk memenuhi pasar rokok mild. Clas Mild diterima baik oleh konsumen puncaknya sejak awal tahun 2004 hingga sekarang. Clas Mild juga menjadi produk tumpuan Nojorono dan menjadi satu-satunya produk segmen premium (SES A-B) sekaligus merek nasional dari produsen tersebut, dikarenakan merek-merek keluaran Nojorono rata-rata difokuskan untuk kelas menengah ke bawah (SES C, D & E) dan ditujukan sebagai merek regional.

Mengusung brand promise Rasa Gue Bukan Kertas Kertas, yang bermakna bahwa bahan baku yang digunakan merupakan cengkih dan daun tembakau hasil pertama "first harvest", sehingga menciptakan kehalusan rasa. Awalnya, Produk Clas Mild membidik pasar sigaret di Jakarta, Sumatera dan Sulawesi dan dipasarkan di berbagai wilayah di Indonesia. Kini, Clas Mild telah di ekspor ke berbagai negara Asia Tenggara. Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang menggemari merek Clas Mild maupun merek-merek rokok mild lainnya seperti A Mild, LA Lights, dan lain-lain.

Berbagai inovasi juga dilakukan oleh Clas Mild. Pada tahun 2010, Clas Mild menghadirkan inovasi pertamanya dengan nama Clas Mild Menthol yang mengusung tema Cool & Smooth. Tetapi Clas Mild Menthol kurang begitu laris di pasaran sehingga produksinya dihentikan pada tahun 2016.

Clas Mild kemudian meluncurkan Clas Mild Menthol Boost demi kegagalan Clas Mild Menthol. Produk ini ditujukan untuk bersaing dengan LA Ice milik Djarum, yang mana inovasi yang diusung Clas Mild Menthol Boost menggunakan teknologi ultimenthol (penambahan menthol yang lebih banyak pada foil rokok). Sayangnya Clas Mild Menthol Boost lagi-lagi dihentikan penjualannya pada 2017.

Kegagalan Clas Mild menghadirkan varian menthol membuat Clas Mild kembali ke inovasi utamanya dengan meluncurkan Clas Mild Silver pada tahun 2019. Mengusung tema Enteng Tapi Paten, Clas Mild Silver hadir sebagai SKM LTLN dengan rasa yang lebih ringan dibanding Clas Mild Reguler. Pada tahun 2022, Clas Mild menghadirkan inovasi terbarunya kembali dengan meluncurkan Clas Mild RedMax dengan rasa yang cukup "kuat" dibandingkan Clas Mild Reguler. Clas Mild RedMax bertujuan untuk menggantikan Maxus yang dulu pernah diproduksi Nojorono pada tahun 2016-2018. Hal ini dapat kita lihat dari font huruf M yang digunakan pada kata Max seperti font huruf M pada tulisan Maxus.

Insiden[sunting | sunting sumber]

Pada 28 Januari 2010 sekitar pukul 18.30 WIB di Cibitung, Bekasi, rokok Clas Mild yang dihisap oleh Andi Susanto meledak dan menyebabkan luka yang cukup parah di bagian bibir dan tanggalnya 7 buah gigi Andi Susanto (5 saat terjadinya kecelakaan dan 2 selama perawatan). Pada 3 Februari 2010, Kapolres Kabupaten Bekasi, Kombes Herry Wibowo menyatakan bahwa hasil visum menunjukkan bahwa luka yang diderita berasal dari benda tumpul. Pada luka yang diderita juga tidak ditemukan adanya bubuk amunisi atau serbuk petasan. Hasil pemeriksaan terhadap sisa rokok juga tidak menunjukkan adanya kandungan bahan yang mencurigakan.

Pihak Clas Mild berusaha menunjukkan itikad baik dengan memberi uang santunan 5 juta Rupiah sebagai "uang muka" damai. Namun demikian, masih terdapat kompensasi yang harus dibayarkan lagi. Andi sendiri perlu membayar ongkos 12 juta Rupiah selama dirawat di rumah sakit, di mana biaya tersebut belum termasuk ongkos untuk ganti gigi, kontrol ke dokter, dan terapi kejiwaan. Sumber lain menyatakan Clas Mild telah membiayai kekurangan biaya pengobatan Andi Susanto tersebut sampai tuntas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]