Dunia Sophie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dunia sophie)
Dunia Sophie
Sampul edisi bahasa Inggris
PengarangJostein Gaarder
Judul asliSofies verden
NegaraNorwegia
BahasaIndonesia
GenreFilsafat
PenerbitMizan
(di Norwegia Berkley Books, Farrar, Straus and Giroux (original hardcover), MacMillan (audio))
Tanggal terbit
5 December 1991
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
1995
Jenis mediaPrint (hardcover & paperback) and audiobook (English, unabridged CD & download)
Halaman518 pp
OCLC246845141
LCCMLCM 92/06829 (P)

Dunia Sophie (bahasa Norwegia: Sofies verden, bahasa Inggris: Sophie's World) adalah sebuah novel karya Jostein Gaarder, diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit Mizan tahun 1996. Aslinya ditulis dalam bahasa Norwegia, tetapi sudah diterjemahkan kedalam limapuluhtiga bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Novel ini sebagian besar terdiri dari dialog-dialog antara Sophie, seorang gadis remaja, dan seorang pria misterius bernama Alberto Knox, yang saling terkait dengan plot yang unik dan misterius, novel ini menjadi sebuah novel sekaligus panduan dasar filsafat. Pada tahun 1999, novel ini diadaptasi ke dalam sebuah film di Norwegia.

Bergabung dengan pelajaran filsafat, Gaarder memasukkan unsur-unsur yang biasa terdapat pada novel remaja, menggambarkan hubungan antara Sophie dan ibunya, dan juga dengan teman-temannya.

Bagian filsafatnya sendiri disajikan secara kreatif dan sederhana. Sophie mempelajari filsafat abad pertengahan dengan Alberto yang menyamar sebagai biarawan, di dalam sebuah gereja tua, dan dia juga mempelajari tentang Jean-Paul Sartre dan Simone de Beauvoir di sebuah kafe bersuasana Prancis. Berbagai pertanyaan dan metode filsafat diberikan kepada Sophie, sementara dia sendiri bekerja mencari filsafatnya sendiri. Banyak pelajaran yang disampaikan Alberto yang dimulai dengan pertanyaan singkat (seperti "Mengapa Lego merupakan mainan yang paling kreatif di dunia?") dan dia diberikan waktu untuk berpikir sebelum pelajaran berikutnya tiba. Setiap paket yang datang menyampaikan satu topik, yang berhubungan dengan catatan kecil yang mendahuluinya.

Buku ini juga diwarnai dengan beberapa hal yang tidak mungkin secara teknis (seperti Sophie melihat bayangannya di cermin mengedip dengan kedua matanya, atau bahkan melihat secara langsung Socrates dan Plato).

Ringkasan Cerita[sunting | sunting sumber]

Sophie Amundsen (Sofie Amundsen dalam versi Norwegia) adalah seorang gadis remaja berumur empat belas tahun yang tinggal di Norwegia pada tahun 1990. Dia tinggal bersama ibunya dan hewan-hewan peliharaannya. Ayahnya adalah seorang kapten kapal tanker minyak, yang menghabiskan sebagian besar waktunya berlayar. Ayahnya tidak muncul dalam buku ini.

Sophie menjalani kehidupan sebagai gadis biasa, yang secara mengejutkan terganggu pada awal buku ini, saat dia menerima dua pesan misterius di kotak posnya (Siapakah dirimu? Dari mana asalnya dunia?), bersama dengan sebuah kartu pos yang dialamatkan kepada: 'Hilde Møller Knag, d/a Sophie Amundsen'. Tak lama kemudian, dia juga menerima sebuah paket berisi pelajaran filsafat.

Dengan komunikasi yang misterius ini, Sophie menjadi murid dari seorang filsuf berumur limapuluh tahun, Alberto Knox. Dia mulai menghubungi Sophie tanpa menyebutkan identitasnya, tetapi sepanjang cerita, perlahan-lahan memunculkan identitasnya yang sebenarnya. Dari dialah semua surat-surat dan pelajaran filsafat yang dikirimkan kepada Sophie. Alberto melanjutkan pelajaran filsafat kepada Sophie, mulai dari masa Yunani sebelum Socrates sampai ke Jean-Paul Sartre, dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh remaja.

Seiring pelajaran filsafat Sophie, mereka berusaha mengungkap identitas Albert Knag yang misterius, seorang mayor PBB di Libanon yang tampaknya memiliki kekuatan untuk mengatur kehidupan Sophie. Terganggu dengan kemahakuasaannya, Alberto menyusun rencana untuk membebaskan dirinya dan Sophie dari genggaman Albert Knag.

Pada akhirnya diungkapkan bahwa seluruh kehidupan Sophie adalah buku yang ditulis Albert Knag sebagai hadiah ulang tahun putrinya, Hilde Møller Knag, yang kelimabelas. Rencana Alberto kemudian berhasil melepaskan hidup Sophie dan dirinya dari campur tangan sang Mayor.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999 Dunia Sophie diadaptasi dalam sebuah film Norwegia yang ditulis ulang oleh Petter Skavlan. Film ini tidak tersebar secara luas di luar Norwegia. Aktris Kjersti Holmen memenangkan penghargaan Amanda Award dalam perannya dalam film tersebut.

Televisi[sunting | sunting sumber]

Film tersebut juga disiarkan dalam siaran TV yang terbagi ke dalam delapan seri episode di Australia dan Islandia oleh penulis yang sama Petter Skavlan.

Selain itu juga diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 1995 oleh Paul Greengrass dan tampil dalam BBC sebagai bagian dari acara The Late Show. Serial televisi ini menampilkan Jessica Marshal-Gardiner yang memerankan tokoh Sophie Amunsend, Jim Carter as Albert Knox, dan Twiggy sebagai Ibu dari Sophie.

Board Game[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999 ada pula sebuah game papan yang diadaptasi dari buku ini. Permainan itu diciptakan oleh Robert Hyde dan Ken Howard, dan diluncurkan oelh Sophisticated Games Ltd.

Game Komputer[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya juga pernah diadaptasi dalam sebuah game komputer dan Mac CD-ROM oleh The Multimedia Corporation.

Musik[sunting | sunting sumber]

kelompok musik rock dari Inggris Spiritualize menamai salah satu album mereka yang dibuat pada 1997 dengan Ladies and Gentlemen We Are Floating in Space yang merupakan salah satu penggalan kalimat dalam buku Dunia Sophie terjemahan bahasa Inggris.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]