Zenit (kantor berita)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ZENIT adalah sebuah kantor berita nirlaba yang melaporkan berita-berita mengenai Gereja Katolik Roma dan hal-hal yang penting bagi institusi tersebut dari sudut pandang doktrin Gereja. Mottonya adalah "Dunia dilihat dari Roma".

Situs internet resmi ZENIT memaparkan sudut pandang mereka sebagai yang "yakin akan kekayaan yang luar biasa dari pesan-pesan Gereja Katolik, terutama doktrin-doktrin sosialnya ... (dan) melihat pesan ini sebagai sebuah cahaya untuk mengerti akan dunia saat ini". Petunjuk arah (kompas) ZENIT adalah "doktrin sosial Gereja, yang dirangkum dalam Kompendium yang diterbitkan oleh Komisi Kepausan untuk Keadilan dan Perdamaian".

ZENIT menyebutkan bahwa mereka memulai kegiatan publikasi pada tahun 1997, dan saat ini mereka telah menerbitkan berita dalam tujuh bahasa, dicetak-ulang di dalam 20.000 sumber-sumber pemberitaan, dan memiliki sekitar 450.000 pelanggan surat elektronik.

Nama "ZENIT" merujuk pada titik tertinggi di langit yang menggapai matahari, sebuah simbol yang berhubungan dengan Yesus Kristus dari umat Kristen awal.