Zedge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Zedge adalah salah satu situs web penyedia isi ponsel (mobile content) dengan jumlah anggota yang terdaftar di seluruh dunia mencapai lebih dari 16 juta orang. Perkembangan pemakaian ponsel yang semakin cepat mendorong situs ini dibentuk, khususnya dengan memberi perhatian terhadap isi ponsel. Zedge yang merupakan merek dan layanan yang dimiliki oleh Zedge di Inggris, merupakan salah satu pusat jaringan sosial ponsel yang terbesar dan terbaik di dunia. Situs ini menyediakan layanan isi ponsel seperti tema, walpaper, video, nada dering, teks, dan permainan. Untuk mengakses situs ini, pengguna cukup menjalankan browser yang dimiliki dan kemudian mengetikkan http://www.zedge.net di kolom alamat. Pengguna tidak hanya dapat mengunduh isi ponsel saja, tetapi juga dapat berkomunikasi dengan orang di berbagai belahan dunia yang memiliki akun situs tersebut.

Mendaftar[sunting | sunting sumber]

Setelah masuk dalam situs ini, pengguna diminta untuk mendaftar (sign up). Sama seperti pendaftaran situs lain, salah satu yang diperlukan adalah surat elektronik (email). Pengguna diminta untuk mengisi kolom nama, jenis kelamin, alamat email, tanggal lahir (untuk memastikan pengguna berumur di atas 16 tahun), negara, kata sandi, dan tipe ponsel. Dalam pengisian nama, pengguna dapat mengalami kendala yang dikarenakan nama yang ingin digunakan sudah dipakai. Untuk menanggulangi hal tersebut, pengguna diharapkan menggunakan beberapa pilihan nama, misalnya seperti nama david menjadi david_490. Pengguna juga harus menyetujui ketentuan layanan dan kebijakan privasi dengan menandai kolom yang tersedia. Selanjutnya, pengguna menekan tombol sign me up dan sekarang pengguna sudah dapat menikmati berbagai isi ponsel sesuai yang dipilih dan juga dapat berinteraksi dengan orang dan forum yang tersedia.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Zedge merupakan spesialis dalam personalisasi ponsel dan menawarkan beberapa layanan yang unik dan kreatif. Zedge diharapkan dapat mampu menjadi situs yang dapat diandalkan pengguna dalam mencari beragam isi dari berbagai ponsel. Hal tersebut dibuktikan dengan kepedulian Zedge dalam memenuhi kebutuhan pengguna dengan menyediakan aplikasi terbaru, seperti android. Harapan tersebut juga diwujudkan melalui fitur-fitur yang dibangun dalam Zedge. Beberapa fitur yang menjadikan Zedge dianggap sebagai situs yang bermanfaat bagi pengguna ponsel, antara lain:

Download[sunting | sunting sumber]

Salah satu keunggulan situs ini adalah memiliki isi ponsel yang beragam. Isi ponsel tersebut tidak hanya dibuat oleh pengelola situs, tetapi oleh semua pengguna yang telah mendaftar dan memiliki akun situs ini. Dapat dibayangkan apabila berbagai daya imajinasi dan kreativitas dari semua pengguna dikumpulkan menjadi satu, membuat situs menjadi semakin berkualitas dan menjadi pilihan penikmat isi ponsel. Berikut adalah cara pengguna dalam mengunduh isi ponsel. Pertama, setelah masuk dengan menggunakan akun yang telah dibuat, pengguna harus memilih isi ponsel yang akan diunduh seperti tema, walpaper, video, nada dering, teks, dan permainan. Misalnya, pengguna ingin mengunduh tema, maka pengguna harus memilih tab tema. Kemudian, akan muncul berbagai macam tema yang dapat pengguna unduh, beserta rangking berdasarkan banyaknya diunduh. Pengguna dapat memilih satu tema yang disukai dan kemudian pilih tombol PC Download. Selanjutnya, muncul jendela PC Download dan pengguna harus menekan tombol Start Download untuk memulai pengunduhan. Kemudian akan muncul jendela Save to Disk dan pilih tempat penyimpanan, sehingga tema yang pengguna pilih dapat dimiliki. Untuk mendapatkan isi ponsel lainnya, pengguna dapat mengunduh dengan menggunakan petunjuk tersebut.

Upload[sunting | sunting sumber]

Situs ini memberikan keleluasaan pengguna untuk memberikan umpan balik (feedback). Pengguna tidak hanya dapat mengambil isi ponsel dari situs tersebut, tetapi juga dapat memasukkan isi ponsel kedalam situs tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna harus memilih tab upload. Apabila pengguna memutuskan akan memasukkan nada dering, maka pengguna harus menekan tombol upload a ringtone. Kemudian, pilih browse dan pengguna mencari tempat dimana nada dering disimpan, lalu tekan tombol upload. Pengguna harus mengikuti beberapa langkah selanjutnya, hingga nada dering tersebut tersimpan dalam database situs.

Tools[sunting | sunting sumber]

Situs ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk berekspresi dan menyalurkan kreativitas. Terbukti dengan adanya peralatan untuk membuat isi ponsel, seperti nada dering, suara, screensaver, walpaper, tampilan, dan tema. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna harus memilih tab tools. Misalnya pengguna ingin membuat screensaver, maka pengguna memilih screensaver maker. Dalam membuat isi ponsel, pengguna dipermudah dengan keberadaan template. Begitupula dengan peralatan isi ponsel yang lain, pada umumnya sudah diatur dengan tingkat kesulitan yang sedang sehingga mempermudah pengguna dalam berkarya dan berkreativitas.

Community[sunting | sunting sumber]

Sama seperti akun dalam situs lain, pengguna memiliki profil, teman, buku tamu, dan dapat berinteraksi dalam suatu forum diskusi. Pengguna dapat mengirimkan pesan terhadap pengguna lain. Secara tidak langsung, pengguna dapat menambah teman dari berbagai belahan dunia dan bertukar pikiran terhadap suatu isu atau permasalahan dalam forum-forum yang ada. Untuk menjaga kehormatan Zedge dalam forum, maka digunakan moderator. Moderator merupakan sekelompok kecil orang yang berpengalaman dan bertugas untuk memastikan bagaimana pengguna harus berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Jadi, forum yang dibentuk adalah sesuai dengan etika yang ada karena jalan diskusi dikontrol oleh moderator.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Supardi, Yuniar.2009.Internet Untuk Segala Kebutuhan.Jakarta:Penerbit PT Elex Media Komputindo.angkat ma jlo Uma Wildan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.zedge.net
  2. (Indonesia)Zedge Diarsipkan 2012-04-16 di Wayback Machine.