Zatoichi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zatoichi dalam poster film pertama, The Tale of Zatoichi (1962)

Zatoichi (座頭市 Zatōichi?) tokoh fiksi Jepang yang diciptakan oleh novelis Kan Shimozawa, dan pertama kali ditampilkan dalam seri film chanbara produksi studio Daiei. Nama tokoh ini, Zatōichi berasal dari kata Zatō no Ichi yang berarti Ichi Si Tukang Pijat Tunanetra. Zatoichi buta pada kedua matanya, dan mencari nafkah sebagai tukang pijat. Ia juga sekali-kali berjudi ketika membutuhkan uang dalam jumlah banyak.

Zatoichi dulunya pernah melakukan tindak pidana, oleh karena itu, ia mengembara dari satu provinsi ke provinsi lain. Sebagai seorang tuna netra, Zatoichi berada di lapisan paling bawah dalam sistem kelas masyarakat pada zaman Edo di Jepang.[1] Ia direndahkan oleh semua orang awas, namun sangat ditakuti oleh para yakuza.[1] Temannya hanya wanita pelacur dan para pejudi.[1] Zatoichi adalah seorang pengembara yang tidak punya tempat tinggal tetap.[1] Berkat keahliannya bertarung dengan pedang, Zatoichi dapat menegakkan keadilan dan menghabisi penjahat yang menjadi lawan-lawannya.

Plot film-film Zatoichi biasanya dimulai dari kedatangan Zatoichi di sebuah kota yang bermasalah. Ia lalu menghabisi yakuza atau samurai korup untuk menyelamatkan seorang gadis muda atau anak yatim.[1] Sebagai sebuah karakter film chambara, Zatoichi juga memiliki emosi. Ia sering tertarik pada wanita cantik, dan sering ditemani oleh wanita pelacur.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tokoh Zatoichi pertama kali diperankan oleh aktor Shintaro Katsu yang kemudian terus menerus memerankan Zatoichi dalam 26 film layar lebar dan 4 seri televisi (produksi tahun 1974, 1976, 1978, dan 1979) dengan total sebanyak 112 episode.[2] Katsu dilahirkan pada tahun 1931 sebagai anak laki-laki seorang pemusik, dan juga memulai kariernya di dunia artis sebagai seorang penyanyi.[1] Ia dikenal sebagai seorang aktor setelah membintangi film Hakuōki (1959) yang juga dikenal dengan judul Inggris Samurai Vendetta.[1] Namun ia baru menjadi sangat terkenal setelah berperan sebagai Zatoichi.[1] Katsu harus berpura-pura buta ketika sedang bertarung.[1] Ia biasanya memejamkan kedua matanya ketika berakting sebagai Zatoichi, atau memutar bola matanya ke atas hingga hanya bagian putih dari bola matanya yang terlihat.[1] Keterampilan bermain pedang yang dimiliki Zatoichi sangat fantastis, bahkan untuk seorang ahli pedang yang dapat melihat.[1] Zatoichi dapat menghabisi lusinan musuh dengan sabetan pedangnya yang cepat. Perkelahian biasanya berlangsung di tempat yang menguntungkan kebutaan Zatoichi.[1]

Film pertama dalam rangkaian seri film Zatoichi adalah film The Tale of Zatoichi (Zatōichi Monogatari) karya sutradara Kenji Misumi yang diproduksi oleh Daiei.[2] Film kedua, The Tale of Zatoichi Continues (Zoku Zatōichi Monogatari) disutradarai oleh Kazuo Mori. Film ketiga sekaligus film berwarna pertama dari Zatoichi diberi judul New Tale of Zatoichi (Shin Zatōichi Monogatari),[2] disutradarai oleh Tokuzo Tanaka yang selanjutnya menyutradarai film ke-4, Zatoichi The Fugitive (Zatōichi Kyōjō-tabi) .

Shintaro Katsu mendirikan perusahaan sendiri dengan nama Katsu Pro pada tahun 1967.[2] Produksi pertama Katsu Pro adalah film ke-16, Zatoichi the Outlaw (Zatōichi Rōyaburi) yang disutradarai oleh Satsuo Yamamoto. Tokoh Yojimbo seperti yang diperankan Toshiro Mifune dalam film Akira Kurosawa, muncul untuk bertemu Zatoichi dalam film ke-20, Zatoichi meets Yojimbo (1970).

Jimmy Wang Yu mengulangi perannya sebagai pendekar kung fu berlengan satu (One-Armed Swordsman) untuk bertemu Zatoichi dalam film ke-22, Zatoichi Meets the One-Armed Swordsman. Film ini merupakan hasil kerja sama Hong Kong dan Jepang pada tahun 1971. Sebelumnya Wang Yu memerankan One-Armed Swordsman dalam film laris berjudul sama karya sutradara Chang Cheh pada tahun 1967.[1]

Setelah Daiei bangkrut pada tahun 1971, tiga film berikutnya didistribusikan oleh Toho.[2] Zatoichi at Large yang sekaligus film Zatoichi terakhir karya Kazuo Mori, dan Zatoichi in Desperation yang disutradarai sendiri oleh Shintaro Katsu. Kedua film tersebut dari tahun 1972. Film terakhir dari seri film Zatoichi adalah Zatoichi's Conspiracy yang disutradarai Kimiyoshi Yasuda pada tahun 1973. Setelah itu, karakter Zatoichi pindah ke seri televisi.[2] Setelah Daiei bangkit kembali dari kepailitan, Zatoichi kembali dihidupkan di layar lebar pada tahun 1989 dalam Zatoichi: Darkness Is His Ally yang disutradarai sendiri oleh Shintaro Katsu.[2] Ketika itu Katsu sudah berumur hampir 60 tahun.

Popularitas Zatoichi mendorong Shochiku untuk membuat seri film wanita tunanetra ahli pedang Ochi Si Buta (Blind Oichi) yang diperankan Yōko Matsuyama. Dalam judul-judul film yang diedarkan di Barat, tokoh Oichi disebut dengan nama Crimson Bat.[2] Seluruhnya ada empat film dari seri Crimson Bat. Dua film pertama disutradarai oleh Sadatsugu Matsuda: Crimson Bat: The Blind Swordsman (Mekura no Oichi Monogatari: Makkana Nagaradori, 1969) dan Trapped, the Crimson Bat (Mekura no Oichi: Jigokuhada). Dua film berikutnya disutradarai oleh Hirokazu Uchimura: Watch Out, Crimson Bat! (Mekura no Oichi: Midaregasa, 1969) dan Crimson Bat - Oichi: Wanted, Dead or Alive (Mekura no Oichi: Inochi Moraimasu, 1970).

Pada tahun 1990. film ke-17 Zatoichi Challenged dibuat ulang oleh sutradara Phillip Noyce dengan judul Blind Fury. Rutger Hauer berperan sebagai veteran Perang Vietnam yang menjadi ahli pedang tunanetra setelah kehilangan penglihatannya akibat ledakan mortir.

Selain Shintaro Katsu, satu-satunya aktor lain yang pernah memerankan Zatoichi adalah Takeshi Kitano. Zatoichi berambut pirang dalam film Blind Swordsman: The Zatoichi yang disutradarai sendiri oleh Kitano pada tahun 2003.

Daftar seri film[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tahun Judul Jepang Alih aksara Sutradara
1 The Tale of Zatoichi 1962 座頭市物語 Zatōichi monogatari Kenji Misumi
2 The Tale of Zatoichi Continues 続・座頭市物語 Zoku Zatōichi monogatari Kazuo Mori
3 New Tale of Zatoichi 1963 新・座頭市物語 Shin Zatōichi monogatari Tokuzo Tanaka
4 Zatoichi The Fugitive 座頭市兇状旅 Zatōichi kyōjō-tabi
5 Zatoichi on the Road 座頭市喧嘩旅 Zatōichi kenka-tabi Kimiyoshi Yasuda
6 Zatoichi and the Chest of Gold 1964 座頭市千両首 Zatōichi senryō-kubi Kazuo Ikehiro
7 Zatoichi's Flashing Sword 座頭市あばれ凧 Zatōichi abare tako
8 Fight, Zatoichi, Fight 座頭市血笑旅 Zatōichi kesshō-tabi Kenji Misumi
9 Adventures of Zatoichi 座頭市関所破り Zatōichi sekisho-yaburi Kimiyoshi Yasuda
10 Zatoichi's Revenge 1965 座頭市二段斬り Zatōichi nidan-giri Akira Inoue
11 Zatoichi and the Doomed Man 座頭市逆手斬り Zatōichi sakate-giri Kazuo Mori
12 Zatoichi and the Chess Expert 座頭市地獄旅 Zatōichi jigoku-tabi Kenji Misumi
13 Zatoichi's Vengeance 1966 座頭市の歌が聞える Zatōichi no uta ga kikoeru Tokuzo Tanaka
14 Zatoichi's Pilgrimage 座頭市海を渡る Zatōichi umi o wataru Kazuo Ikehiro
15 Zatoichi's Cane Sword 1967 座頭市鉄火旅 Zatōichi tekka-tabi Kimiyoshi Yasuda
16 Zatoichi the Outlaw 座頭市牢破り Zatōichi rōyaburi Satsuo Yamamoto
17 Zatoichi Challenged 座頭市血煙り街道 Zatōichi chikemurikaidō Kenji Misumi
18 Zatoichi and the Fugitives 1968 座頭市果し状 Zatōichi hatashijō Kimiyoshi Yasuda
19 Samaritan Zatoichi 座頭市喧嘩太鼓 Zatōichi kenka-daiko Kenji Misumi
20 Zatoichi meets Yojimbo 1970 座頭市と用心棒 Zatōichi to Yōjinbō Kihachi Okamoto
21 Zatoichi, The Festival Of Fire 座頭市あばれ火祭り Zatōichi abare-himatsuri Kenji Misumi
22 Zatoichi Meets the One Armed Swordsman 1971 新座頭市・破れ!唐人剣 Shin Zatōichi: Yabure! Tōjin-ken Kimiyoshi Yasuda
23 Zatoichi at Large 1972 座頭市御用旅 Zatōichi goyō-tabi Kazuo Mori
24 Zatoichi in Desperation 新座頭市物語・折れた杖 Shin Zatōichi monogatari: Oreta tsue Shintaro Katsu
25 Zatoichi's Conspiracy 1973 新座頭市物語・笠間の血祭り Shin Zatōichi monogatari: Kasama no chimatsuri Kimiyoshi Yasuda
26 Zatoichi the Blind Swordsman 1989 座頭市 Zatōichi Shintaro Katsu
  • Catatan: Seri film Zatoichi juga diedarkan dengan judul bahasa Inggris. Judul-judul dalam daftar ini bukan terjemahan langsung dari judul film ini dalam bahasa Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n West, David (2006). Chasing Dragons: An Introduction to the Martial Arts Film. I. B. Tauris. hlm. 33–37. ISBN 1850439826. 
  2. ^ a b c d e f g h Sharp, Jasper (2011). Historical Dictionary of Japanese Cinema. Lanham, MD.: Scarecrow Press. hlm. 311–312. ISBN 0810875411.