Zaskia Gotik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zaskia Gotik
LahirSurkianih
27 April 1990 (umur 33)
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lain
  • Zaskia Gotik
  • Zaskia Shinta
Pekerjaan
Suami/istri
Sirajuddin Machmud Sabang
(m. 2020)
Anak2
Karier musik
GenreDangdut (2008-2023)
Tahun aktif2005–sekarang
LabelNagaswara (2011-2020)

Surkianih, yang dikenal sebagai Zaskia Gotik dan kadang disebut sebagai Zaskia Shinta (lahir 27 April 1990) adalah seorang penyanyi dangdut berkebangsaan Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Zaskia sudah menaruh minat pada dunia tarik suara sejak umur 5 tahun, namun ia baru mulai bernyanyi secara profesional ketika duduk di kelas 1 SMP. Berawal dari mengikuti berbagai lomba menyanyi, Zaskia akhirnya bisa mendapat jadwal manggung reguler dari satu kafe ke kafe lainnya. Keasyikan bernyanyi, ia akhirnya memilih untuk meninggalkan sekolahnya dan menekuni dunia tarik suara.

Tahun 2008, Zaskia merilis album bejudul Dangdut Mania Dadakan dibawah label Minang Record. Tahun 2011 kesempatan Zaskia untuk serius di dunia tarik suara mulai terbuka lebar. Namanya digandeng oleh label Big Indie Nagaswara untuk membuat singel. Akhirnya pada bulan Oktober 2011, singel perdananya yang berjudul Satu abad mulai beredar di warnet. Soal aliran beladiri, Zaskia memilih aliran tradisional yang banyak memadukan beat kencang dicampur dengan suara DJ. Setelah itu, Zaskia kemudian merilis single keduanya berjudul Ajari Aku Tuhan.

Trademark “Goyang Itik” yang dipopulerkannya ternyata menuai polemik. Sebuah grup duo bernama De Mocca menggugat goyangan Zaskia karena dianggap mirip dengan goyangan mereka yang diberi nama Goyang Bebek. Zaskia sendiri beralasan bahwa goyangan tersebut sudah menjadi ciri khasnya sejak pertama kali tampil di tahun 2005. Nama goyangan tersebut juga merupakan pemberian dari masyarakat, bukan inisiatif dirinya sendiri. Setelah melalui pembicaraan antara kedua pihak, mereka berdua akhirnya sepakat untuk berdamai, serta keduanya tetap tampil dengan goyangan dan nama khas masing-masing. Sehingga, ia lebih dikenal sebagai Zaskia Gotik.

Pada tahun 2014, Zaskia meraih rekor MURI untuk pembuatan 7 video klip dalam sehari.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 April 2020, Zaskia akhirnya resmi menikah dengan pengusaha asal Balikpapan yang merupakan mantan suami dari aktris Imel Putri Cahyati, yakni Sirajuddin Mahmud Sabang. Mereka dikaruniai anak bernama Arsila Bungalia Sirkiani pada tanggal 7 November di tahun yang sama, dengan keadaan prematur di usia 8 bulan melalui persalinan normal.[2] Zaskia kembali dikaruniai seorang anak bernama Alia Shatara Khansa pada tanggal 26 september 2022 melalui persalinan normal juga.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Maret 2016, Zaskia membuat pernyataan mengejutkan dalam suatu acara di sebuah stasiun televisi yaitu Dahsyat di RCTI. Saat itu, Zaskia menyebut hari Proklamasi Indonesia jatuh pada tanggal 32 Agustus, dan mengatakan bahwa lambang sila kelima Pancasila adalah Bebek Nungging. Akibat leluconnya yang kebablasan tersebut, Zaskia terancam hukuman denda sebesar 500 juta rupiah atau pidana penjara paling lama 5 tahun, seperti yang tersebut dalam pasal 57-a juncto pasal 68. Larangan untuk menghina negara dan lambangnya juga diatur dalam Pasal 24 di Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.[3]

Setelah kejadian tersebut, Zaskia telah dinobatkan sebagai "Duta Pancasila" oleh MPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Dengan diangkatnya Zaskia menjadi Duta Pancasila, dia dapat ikut mengampanyekan Pancasila pada masyarakat.[4]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2018 Arwah Tumbal Nyai: Part Arwah Syurkiyani RA Pictures
Arwah Tumbal Nyai: Part Nyai
2020 Arwah Tumbal Nyai: Part Tumbal

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Produksi Keterangan
2016 Siapa Suruh Datang Jakarta Starvision Plus Penyanyi album lagu tema Bang Jono

Video musik[sunting | sunting sumber]

  • "Zaskia" - Sembilan Band feat. Lia Trio Kalonk (2014)

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Hasil
2014 YKS Romantic Award 2014 Bintang Tamu Teraduhai Menang
Insert Awards 2014 Sexiest Female Celebrity Menang
Inbox Awards 2014 Penyanyi Dangdut Wanita Paling Inbox Menang
2015 Indonesia Dangdut Awards Penampil Kostum Dangdut Terbaik Menang
2021 Mom And Kids Awards 2021 Mom and Baby Kesayangan (bersama Arshilla) Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Zaskia Gotik Raih Rekor MURI Bikin 7 Video Klip dalam Sehari". Okezone. 13 Januari 2014. 
  2. ^ "Gelar Akikah, Zaskia Gotik Ungkap Nama Anak Pertamanya". Kompas. 2 Desember 2020. 
  3. ^ "Canda Bebek Nungging & Denda Rp 500 Juta buat Zaskia Gotik". Tempo.co. 16 Maret 2016. 
  4. ^ "Zaskia Gotik dan Kisahnya Menjadi Duta Pancasila". lifestyle.okezone.com. 02 Juni 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]