Zaman Impian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Zaman impian)
Langsung ke: navigasi, cari

Di dalam kerangka berpikir animisme mitologi Aborigin Australia, Zaman Impian adalah zaman kudus di mana Roh-Roh Totem leluhur membentuk Penciptaan. Oleh Aranda zaman ini disebut "Alchera".

Orang Aborigin percaya bahwa setiap orang pada intinya ujud secara abadi di alam Impian. Bagian abadi ini ujud sebelum kehidupan perseorangan dimulai, dan terus berlanjut keujudannya ketika kehidupan perseorangan itu usai. Sebelum maupun sesudah kehidupan, diyakini bahwa anak-arwah ini ujud dalam Impian dan hanya dimulakan ke dalam kehidupan melalui kelahiran jabang bayi melalui ibunya. Roh sang anak secara budaya dipahami memasuki janin yang berkembang pada usia kehamilan lima bulan.[1] Ketika sang ibu merasa bahwa anaknya bergerak di dalam rahim untuk kali pertama, dianggap bahwa inilah karya roh bumi di mana sang ibu berdiri. Pada kelahirannya, sang anak dianggap sebagai wali istimewa bagian negaranya dan dianggap sebagai kisah dan alur lagu tempat itu. Seperti yang ditulis Wolf (1994: hal. 14): "'Fella' (kawan) kulit hitam memandang totem atau tempat sumber rohnya berasal sebagai Impiannya. Dia juga memandang hukum kesukuan sebagai Impiannya."[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bates, Daisy (1996), Legenda dan Biografi Bibbulmun dan Aborigin Perth, Hesperion Press
  2. ^ 'Fella' adalah pengerutan percakapan dari 'fellow', meskipun serupa dengan penggunaan 'guys' pada ragam percakapan Australia, sebenarnya lebih merujuk pada laki-laki dewasa atau perempuan dewasa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]