Yusuf bin Tasyfin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yusuf bin Tasyfin or Tasyafin (berkuasa c. 1061 - 1106) (Arab: يوسف بن تاشفين or يوسف بن تشفين) adalah penguasa Murabitun (Almoravid). di Afrika Utara dan Al-Andalus. Ia mungkin adalah sepupu atau keponakan dari Abu Bakar bin Umar, pendiri dinasti Murabitun, dan menikahi Zainab An-Nafzawiyat, mantan istri Abu Bakar. Ia mempersatukan semua daerah Islam di Semenanjung Iberia (sekarang Spanyol dan Portugal) bersama Kerajaan Maroko Murabitun (c. 1090), setelah ia dipanggil ke Al-Andalus oleh penguasa Muslim disana, demi mempertahankan Al-Andalus dari serangan kerajaan-kerajaan Kristen.

Yusuf juga merupakan salah satu pendiri Marrakesh (Arab Murakush, merupakan asal kata Maroko). Kota ini tempatnya dipilih dan diawali oleh Abu Bakar bin Umar pada 1070, tetapi awal 1071 ia harus berangkat untuk memadamkan pemberontakan di Sahara. Marrakesh diselesaikan oleh Yusuf, yang kemudian menjadikannya ibu kota daerah Murabitun. Sebelumnya orang-orang Murabitun merupakan pengembara padang pasir, dan pendirian kota ini menandai mereka telah menetap dan mengikuti cara hidup urban.

Menurut buku karangan Abd Allah pada abad ke-14 "Roudh el-Kartas" dan terjemahan Prancisnya oleh A.Beaumier's, Yusuf adalah orang yang "berkulit cokelat, tinggi sedang, kurus, sedikit berjenggot, bersuara lembut, bermata hitam, berhidung rajawali, rambut ala Muhammad tumbuh hingga telinganya, alisnya bergabung, berambut ikal"[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "teint brun, taille moyenne, maigre, peu de barbe, voix douce, yeux noirs, nez aquilin, meche de Mohammed retombant sur le bout de l'oreille, sourcils joints l'un a l'autre, cheveux crepus", [1]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Ibn Idhari, Al-bayan al-mughrib Part III, annotated Spanish translation by A. Huici Miranda, Valencia, 1963.
  • N. Levtzion & J.F.P. Hopkins, Corpus of early Arabic sources for West African history, Cambridge University Press, 1981, ISBN 0-521-22422-5 (reprint: Markus Wiener, Princeton, 2000, ISBN 1-55876-241-8). Contains English translations of extracts from medieval works dealing with the Almoravids; the selections cover some (but not all) of the information above.
  • E. A. Freeman, History and Conquests of the Saracens, (Oxford, 1856)
  • Codera, Decadencia y desaparicion de los Almoravides en España (1889)
Didahului oleh:
Abu Bakar bin Umar
Pemimpin Murabitun
10611106
Diteruskan oleh:
Ali bin Yusuf