Yuri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yuri (百合), juga dikenal dengan bentukan wasei-eigo Girls' Love (ガールズラブ, gāruzu rabu), adalah sebuah istilah jargon dalam bahasa Jepang untuk konten dan genre yang melibatkan percintaan antara dua perempuan atau lebih dalam manga, novel ringan, anime, dan media Jepang yang berhubungan. Yuri tidak terbatas pada percintaan sesama perempuan saja melainkan hubungan intim sesama perempuan seperti persahabatan juga banyak disebut Yuri[1]. Sedangkan karya yang mengangkat tema terbatas pada percintaan sesama perempuan sering menggunakan istilah GL (Girls' Love)[2].

Saat ini memang Yuri banyak menunjuk kepada genre manga, novel ringan, anime, dan media Jepang lainnya. Namun pada saat zaman sebelum peperangan di Jepang, kata Yuri juga dipakai untuk menunjuk kepada novel untuk gadis muda seperti novel karya Yoshiya Nobuko[3] yang berjudul "Hana Monogatari", atau literatur umum tentang lesbian maupun film yang dibuat berdasarkan itu.

Pada akhir tahun 2000-an, genre manga seperti moe 4-koma dan slice of life mulai populer dengan mengesampingkan atau menghilangkan peran karakter pria. Fokus utama dari karya-karya ini adalah interaksi sehari-hari dari beberapa karakter Bishōjo atau perempuan yang imut. Dalam karya-karya turunan (fan-made) dari karya-karya asli ini, seperti halnya dalam karya-karya yaoi yang dibuat oleh fujoshi, ide yang umumnya diadopsi adalah menafsirkan hubungan antara karakter perempuan dengan nuansa cinta sesama jenis, yang dikenal sebagai "yuri". Fenomena ini juga turut berkontribusi pada popularitas genre yuri. Pada dekade 2010-an, dalam cerita yang melibatkan banyak karakter perempuan, menjadi hal yang umum bahwa karakter perempuan memiliki perasaan romantis terhadap karakter perempuan lainnya.

Sebagai contoh adalah majalah komik Manga Time Kirara yang diterbitkan oleh Houbunsha. Majalah komik Manga Time Kirara dikenal dengan majalah yang memuat banyak seri manga moe 4-koma dan slice of life yang mengesampingkan atau bahkan tidak memunculkan peran karakter pria. Banyak diantaranya juga membawakan cerita interaksi dan hubungan kuat sesama karakter perempuan seperti persahabatan hingga percintaan. Pada beberapa tahun ini, majalah komik Manga Time Kirara juga sudah mulai memuat begitu banyak manga yang membawakan genre yuri baik itu secara terselubung berupa cerita slice of life maupun secara frontal yang jelas membawakan cerita percintaan sesama perempuan. Tidak heran jika akhirnya muncul sebutan "Yuri Kirara" di kalangan pecinta yuri yang berarti manga yuri yang diserialisasikan dalam majalah komik Manga Time Kirara.

Majalah komik yang paling populer dan disukai kalangan pecinta yuri adalah Komik Yuri Hime. Komik Yuri Hime merupakan majalah komik yang khusus memuat serialisasi manga yuri yang diterbitkan oleh Ichijinsha. Komik-komik yang dimuat dalam Majalah komik Yuri Hime juga menjadi bukti bahwa yuri tidak selalu soal percintaan. Karena hubungan sesama perempuan memiliki jangkuan yang sangat luas dan makna yang dalam.

Contoh majalah komik yang memuat banyak manga bergenre yuri lainnya adalah Komik CUNE terbitan KADOKAWA yang memuat serialisasi manga yuri lebih dari 50% isinya. Dan masih banyak lagi majalah komik yang memuat manga yuri di dalamnya meski tidak sebanyak beberapa contoh di atas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "百合 (ジャンル)". Wikipedia (dalam bahasa Jepang). 2024-01-07. 
  2. ^ "百合(ジャンル)とは (ユリとは) [単語記事]". ニコニコ大百科 (dalam bahasa Jepang). 2008-05-20. Diakses tanggal 2024-01-23. 
  3. ^ "吉屋信子". Wikipedia (dalam bahasa Jepang). 2024-01-06. 

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]