Yuktibhasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bagian awal dari Yuktibhasa, dalam aksara Malayalam.

Yuktibhasa (bahasa Malayalam: യുക്തിഭാഷ, arti: bahasa yang rasional) juga dikenal dengan nama Ganita Yuktibhasa (bahasa matematis yang rasional), adalah sebuah risalah penting mengenai matematika dan astronomi, yang ditulis oleh astronom India bernama Jyesthadeva dari mazhab matematika Kerala, sekitar tahun 1530.[1] Risalah ini merupakan konsolidasi dari berbagai penemuan dari Madhava dari Sangamagrama, Nilakantha Somayaji, Parameshvara, Jyeshtadeva, Achyuta Pisharati, dan astronom-matematikawan lainnya dari Mazhab Kerala. Yuktibhasa terutama dibuat berdasarkan pada Tantra Samgraha dari Nilakantha.[2] Ia ini dianggap sebagai teks pertama yang membahas kalkulus.[3] [4] [5] [6] Dengan demikian, hasil karya tersebut telah mendahului karya-karya para matematikawan Eropa lebih dari tiga abad. Namun, risalah tersebut umumnya tidak diketahui luar Kerala, karena buku itu ditulis dalam bahasa lokal (bahasa Malayalam).

Yuktibhasa adalah karya yang unik, karena berisikan pembuktian dan derivasi dari berbagai teorema yang disajikan; sesuatu yang tidak biasanya dilakukan oleh matematikawan manapun pada zaman itu.[7] Beberapa perkembangan penting yang terdapat dalam analisisnya antara lain meliputi: ekspansi deret takterhingga dari suatu fungsi, deret pangkat, deret Taylor, deret trigonometri untuk sinus, kosinus, tangen, dan arc tangen, hampiran orde kedua dan ketiga deret Taylor dari sinus dan kosinus, deret pangkat untuk π, π/4, θ, jari-jari, diameter dan lingkar dan uji kovergensi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A book on rationales in Indian Mathematics and Astronomy — An analytic appraisal" (PDF). Yuktibhasa of Jyesthadeva. K V Sharma & S Hariharan. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2006-09-28. Diakses tanggal 2006-07-09. 
  2. ^ "The Kerala School, European Mathematics and Navigation". Indian Mathemematics. D.P. Agrawal — Infinity Foundation. Diakses tanggal 2006-07-09. 
  3. ^ "Neither Newton nor Leibniz - The Pre-History of Calculus and Celestial Mechanics in Medieval Kerala". MAT 314. Canisius College. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-08-06. Diakses tanggal 2006-07-09. 
  4. ^ "An overview of Indian mathematics". Indian Maths. School of Mathematics and Statistics University of St Andrews, Scotland. Diakses tanggal 2006-07-07. 
  5. ^ "Science and technology in free India" (PDF). Government of Kerala — Kerala Call, September 2004. Prof.C.G.Ramachandran Nair. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2006-08-21. Diakses tanggal 2006-07-09. 
  6. ^ Charles Whish (1835). Transactions of the Royal Asiatic Society of Great Britain and Ireland. 
  7. ^ "Jyesthadeva". Biography of Jyesthadeva. School of Mathematics and Statistics University of St Andrews, Scotland. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-03-16. Diakses tanggal 2006-07-07. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • K V Sharma & S Hariharan (1990). Yuktibhasa of Jyesthadeva — A book on rationales in Indian Mathematics and Astronomy - an analytic appraisal. Indian Journal of History of Science. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]