Yudhistira ANM Massardi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yudhistira Anm Massardi
Pekerjaan Penulis
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Pasangan hidup Siska Massardi
Anak Iga Massardi , Kafka Dikara

Yudhistira Andi Noegraha Moelyana Massardi (lahir di Subang, Jawa Barat, 28 Februari 1954) adalah sastrawan Indonesia.

Karya[sunting | sunting sumber]

Cerpen[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Sajak[sunting | sunting sumber]

Sejak duduk di bangku SMP, Yudhis telah mulai menulis. Ia mengaku di dorong oleh keinginan besar melihat tulisan dan namanya terpampang di halaman Koran dan majalah. Pada usia 16 tahun, pada tahun 1970, keinginan itu terkabul. Tulisan-tulisannya mulai disiarkan. Yudhis tak hanya menulis cerpen, novel dan drama, melainkan juga puisi, serta kritik dan esei meski dalam jumlah yang sangat tipis. Novelnya Arjuna Mencari Cinta meraih hadiah sebagai novel bacaan remaja terbaik tahun 1977 dari Yayasan Buku Utama dan sempat ramai diperbincangkan. Novel itu merupakan sebuah karikatur kehidupan remaja pada masa itu. Bahasanya hidup.


Melalui gaya bahasa yag hiduo ia mampu memikat pembaca sampai baris terakhir. Semua tokoh yang dikisahkan memakai nama wayang. Tapi ceritanya sendiri tak bakal ketemu dalam pakem atau carangan manapun juga. Ketika cerita itu diangkat menjadi sebuah film, Departemen Penerangan RI tak setuju akan penggunaan nama-nama wayang. Maka judulnya tinggal Mencari Cinta Saja.


Selesai SMA di Yogyakarta, tahun 1972, Yudhis pindah ke Jakarta dan hidup prihatin. Hanya satu semester ia sempat mengikuti pendidikan di Akademi Sinematografi LPKJ. Pernah ia berjualan koran, hidup di jalanan dan tidur di mobil. Yudhis memasuki dunia kewartawanan dan sempat menjadi Wakil Pemimpin Redaksi majalah hiburan Le Laki pada tahun 1976-1978. Sementara itu, kegiatan sastranya tak ia tinggalkan. Naskah dramanya Wot (1977) dan Ke (1978) mendapat hadiah harapan dalam sayembara Penulisan Naskah Drama DKJ.


Kumpulan puisinya, Sajak Sikat Gigi, terpilih sebagai satu di antara empat buku puisi terbaik tahun 1976-1977, hasil pertimbangan dewan juri yang dibentuk oleh Dewan Kesenian Jakarta. Tiga buku lainnya ialah Amuk kumpulan Sutardji Calzoum Bachri, Meditasi kumpulan Abdul Hadi WM dan Peta Perjalanan kumpulan Sitor Situmorang. Pemilihan itu tak urung mengundang ricuh. Sutardji dan Abdul Hadi melayangkan protes. “Mana bisa Yudhistira itu disejajarkan dengan Sitor Situmorang, Sutardji, Abdul Hadi dan yang besar-besar itu”, komentar seorang sarjana sastra yang gemar menulis kritik dan esei. Yudhis sendiri tinggal tenang. “Abdul Hadi tak sepantasnya menang”, sahutnya sembari tersenyum simpul.


Selain bekerja sebagai wartawan Tempo namun a tetap berhasil meluangkan waktu untuk menulis. Arjuna Mencari Cinta II yang terbit tahun980, di samping cerpen lain yang mengalir dari tangannya. Gemar menonton film dan mendengarkan musik, Yudhis banyak menulis lirik yang kemudian dilagukan duet kakak-beradik Franky dan Jane. Pendiam, lebih banyak senyum ketimbang ngomong, ia menyenangi warna cokelat dan kuning gading.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]