Yom Hazikaron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tentara Angkatan Pertahanan Israel pada upacara Yom Hazikaron, 2007

Yom Hazikaron (bahasa Ibrani: יום הזכרון לחללי מערכות ישראל ולנפגעי פעולות האיבה, lit. Hari Peringatan Israel untuk tentara yang gugur dan korban dari terorisme) adalah hari peringatan resmi Israel. Pada tahun 2010, Israel memberi hormat kepada 22.684 tentara yang gugur dalam tugasnya[1] dan 3.971 penduduk sipil korban terorisme.[2]

Observasi[sunting | sunting sumber]

Orang-orang berdiri mengheningkan cipta ketika sirene terdengar (Tel Aviv, 2007)

Yom Hazikron adalah hari dimana Israel menghargai veteran perangnya. Upacara peringatan nasional ini diadakan dihadapan pejabat tinggi dan personel militer. Peringatan ini dilakukan pada malam hari sebelumnya pukul 20.00 (8.00 malam), mengingat bahwa dalam kalender Ibrani setiap hari dimulai saat matahari terbenam, yang ditandai dengan bunyi sirene. Sirene terdengar di seluruh wilayah negeri itu selama 1 menit, dimana seluruh penduduk Israel berhenti semuanya (termasuk mengemudi, yang menghentikan jalan tol) dan berdiri mengheningkan cipta, memperingati yang tewas dan menunjukkan kehormatan. Upacara resmi untuk menandai pembukaan hari ini diadakan di Dinding Barat, pada waktu bendera Israel diturunkan sampai setengah tiang.

Tanggal[sunting | sunting sumber]

Yom Hazikaron diperingati pada hari ke-4 bulan Iyar dalam kalender Ibrani (bulan April-Mei penanggalan Masehi), yang selalu mendahului Hari Kemerdekaan Israel ("Yom Ha'atzma'ut") pada hari ke-5 bulan Iyar, pada peringatan Proklamasi Negara Israel pada tahun 1948.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2010 Memorial Day". (Ibrani). NRG Maariv. 19 April 2010. Diakses 19 April 2010. 
  2. ^ Aurora (Spanish)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]