Yohanes dari Shanghai dan San Francisco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Yohanes si Pekerja Hebat
St. John saat kedatangannya di Shanghai
Uskup Shanghai, Uskup Agung Eropa Barat, Uskup Agung San Francisco
Lahir(1896-06-04)4 Juni 1896
Wilayah Izyum, Kegubernuran Kharkov
Meninggal2 Juli 1966(1966-07-02) (umur 70)
Seattle, Washington, AS
Dihormati diOrtodoks Timur
Kanonisasi19 Juni/2 Juli 1994, San Francisco, California, A.S. oleh Sinode Suci Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia
Tempat ziarahKathedral Theotokos, Joy dari Seluruh Orang Yang Sorrow, San Francisco, California, AS
Pesta19 Juni (O.S.)/2 Juli (N.S.) (hari Sabtu yang paling dekat dalam ROCOR)

Santo Yohanes (Maximovitch) dari Shanghai dan San Francisco juga Yohanes (Maximovitch) si Pekerja Hebat (bahasa Serbia: Св. Јован Шангајски, bahasa Rusia: Иоанн Шанхайский и Сан Францисский) (1896–1966) adalah seorang asketik Ortodoks Timur berpengaruh dan hierarki Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (ROCOR) yang aktif pada pertengahan abad ke-20. Ia menjadi seorang pastor dan bapak spiritual dengan reputasi yang tinggi dan direputasikan menjadi pekerja hebat yang diatributkan dengan kekuatan hebat dari nubuat, clairvoyance dan penyembuhan, dan ia sering disebut sebagai "St. Yohanes si Pekerja Hebat".

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

St. Yohanes lahir dengan nama Mikhail Borisovich Maximovitch (Rusia: Михаил Борисович Максимович) pada 1896 di desa Adamovka di Kegubernuran Kharkov (sekarang di selatan Ukraina). Ia berasal dari keluarga yang berasal dari Serbia. Dari 1907 sampai 1914 ia masuk Sekolah Militer Poltava. Ia meraih sebuah gelar dalam bidang hukum dari Universitas Kekaisaran Kharkov pada 1918. Keluarganya membawanya ke Belgrade pada 1921, dimana pada 1925 ia lulus dari Universitas Belgrade dengan sebuah gelar dalam bidang teologi.

Pada 1926, ia menjadi biarawan dan diangkat menjadi hierodeakon oleh Metropolitan Antonius (Khrapovitsky), yang memberikannya nama Yohanes. Kemudian pada tahun yang sama, ia diangkat menjadi pendeta oleh Uskup Gabriel dari Chelyabinsk. Selama beberapa tahun setelah itu, ia bekerja sebagai seorang instruktur dan tutor. Pada 1934 ia diangkat menjadi uskup oleh Metropolitan Antonius dan ditugaskan ke keuskupan Shanghai.[1]

Shanghai[sunting | sunting sumber]

St. Yohanes icon

Di Shanghai, Uskup Yohanes membangun sebuah katedral yang tidak terselesaikan

Sebagai satu-satunya hierarki Rusia di China, ia dipilih menjadi uskup agung oleh Sinode Suci ROCOR pada 1946.

Ketika Komunis memegang kekuasaan di China, koloni Rusia dipaksa untuk pergi, pertama ke sebuah kamp pengungsi di pulau Tubabao di Filipina dan kemudian umumnya ke Amerika Serikat dan Australia. Uskup Agung Yohanes pergi secara pribadi ke Washington, D.C.

Relik St. Yohanes

Kematian dan penghormatan[sunting | sunting sumber]

Pada 2 Juli 1966 (19 Juni dalam kalender Julian), St. Yohanes meninggal ketika mengunjungi Seattle

Hari perayaannya dirayakan pada hari Sabtu yang paling dekat dengan 2 Juli. Ia dicintai dan dirayakan diseluruh dunia, dengan begian-bagian dari reliknya yang ditempatkan di Serbia, Rusia, Gunung Athos, Bulgaria, Rumania, Amerika Serikat, Kanada (Gereja Ortodoks Serbia Tritunggal Kudus, Kitchener), Inggris (Katedral Gereja Ortodoks Rusia Dormition, London) dan negara lainnya di dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Rose, Fr. Seraphim & Abbot Herman. (1987). Blessed John the wonderworker: A preliminary account of the life and miracles of Archbishop John Maximovitch (Third, revised ed.). Platina: St. Herman of Alaska Brotherhood. ISBN 0-938635-01-8.
  • Father Seraphim: His Life and Work ISBN 1-887904-07-7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]