Yi Hwang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yi Hwang
Nama Korea
Hangeul 이황
Hanja 李滉
Alih Aksara yang Disempurnakan I Hwang
McCune–Reischauer Yi Hwang
Nama pena
Hangeul 퇴계
Hanja 退溪
Alih Aksara yang Disempurnakan Toegye
McCune–Reischauer T'oegye
Courtesy name
Hangeul 경호
Hanja 景浩
Alih Aksara yang Disempurnakan Gyeongho
McCune–Reischauer Kyŏngho
Posthumous name
Hangeul 문순
Hanja 文純
Alih Aksara yang Disempurnakan Munsun
McCune–Reischauer Munsun

Yi Hwang (1501-1570) adalah salah seorang dari 4 tokoh cendekiawan dan ilmuwan Korea dari Dinasti Joseon, disamping Yi I (Yulgok), Cho Shik(NAmmyung), Seong Hon(Woogye). Yi Hwang lebih dikenal dengan nama pena Toegye yang berarti "menyusur balik sungai". Nama istananya atau gelar kerhormatannya adalah Gyeongho.

Yi Hwang terlahir di Ongye-ri (sekarang Ansan), Andong, Gyeongsang Utara, pada 25 November, tahun 1501. Keluarganya adalah klan Yi dari Jinseong. Semasa kecil ia adalah anak yang sangat cerdas. Pada usia enam tahun, ia mulai menguasai puisi klasik Tionghoa Seribu Karakter Klasik dari seorang tetangganya dan pada usia 12 tahun sudah mempelajari kitab Analek Kong Hu Chu dari pamannya, Yi U. Pada usia 19 tahun, ia pun menguasai 2 volume kitab Seongni Taejeon karya pemikir Neo-Konfusianisme dari Tiongkok, Hu Guang, kemudian mengalami proses kebangkitan besar. Pemikirannya pun didasarkan pada cara pandang ilmuwan Tiongkok dari Dinasti Song, Zhu Xi.

Yi tiba di Seoul pada usia 23 tahun untuk belajar di Akademi Nasional. Ia kemudian berhasil lulus dari ujian sipil provinsi dengan penghargaan tertinggi pada usia 33 tahun dan melanjutkan cita-citanya menjadi ilmuwan sambil bekerja pada pemerintahan Joseon. Ia bekerja untuk negara sepanjang hidupnya dengan berpindah-pindah dari 29 posisi berbeda. Yi terkenal sangat anti-korupsi dan tugasnya adalah memberantas para koruptor dalam kantor pemerintahan. Dalam laporannya kepada raja setelah melakukan inspeksi rahasia dari provinsi Chungcheong, ia melaporkan tentang anggota kantor pemerintahan yang mengabaikan perintah atasannya, dan melakukan penggelapan harta dari anggaran dasar pemerintah. Akibat prinsip anti korupsinya yang tak mengenal belas kasihan, beberapa kali ia diasingkan dari ibukota.

Pada tahun 1594, ia pensiun dari pekerjaannya dan pulang ke kampung halamannya sampai akhir hayatnya. Di sana ia berencana membangun Dosan Sowon, akademi swasta Konfusius yang mengajarkan ajaran klasik Konfusius serta upacara-upacara religius. Sayangnya pada tahun 1570, ia terlebih dahulu menghembuskan napas terakhir sebelum melihat pembukaan sekolahnya. Walau begitu, para anak didiknya terus melanjutkan pengajaran setelah wafatnya Yi. Dosan Sowon dibuka tahun 1570 dan masih berdiri hingga sekarang.

Yi Hwang yang terpampang di mata uang kertas 1.000 won.

Setelah kematiannya, Yi Hwang secara resmi diangkat menjadi menteri dengan pangkat tertinggi dan tablet memori yang mengukir namanya disimpan di kuil Kong Hu Chu bersamaan dengan tablet memori milik Raja Raja Seonjo. Banyak karya Konfusianisme dan sastra yang ditulisnya, contohnya adalah "shijo", koleksi syair yang sangat dikenal oleh sastrawan pada zaman Dinasti Joseon. Dalam 40 tahun hidupnya, Yi Hwang mengabdikan diri pada 4 orang raja, yakni Junjong, Injong, Myeongjong dan Seonjo

Toegyero -- sebuah nama jalan di pusat kota Seoul -- dinamakan dari nama penanya, dan pola Taekwondo dari Toi-Gye dinamakan untuk memberi penghormatan bagi Yi Hwang.

Hasil karya[sunting | sunting sumber]

  • Sepuluh Diagram dan Pembelajaran Kebijaksanaan (성학십도; 聖學十圖)
  • Garis Besar dan Penjelasan Karya Zhu Xi (주자서절요; 朱子書節要)
  • Uraian dari Kitab Hati (심경석의; 心經釋義)
  • Sejarah Neo-Konfusianisme pada zaman Song, Yuan dan Ming (송계원명이학통록; 宋季元明理學通錄)
  • Debat Empat Puluh Tujuh (사칠속편; 四七續篇): yang mendiskusikan pemikiran Mencius dengan Gi Dae-seung

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]