Yi Chung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yi Chung
Hangeul 이청
Hanja 李淸
Alih Aksara yang Disempurnakan I Cheong
McCune–Reischauer I Ch'ŏng

Pangeran Yi Chung dari Korea (lahir 23 April 1936) merupakan anggota keluarga bekas Kerajaan Korea dan secara silsilah garis keturunan laki-laki Kaisar Gojong.[1] Ia merupakan putra sulung Pangeran Wu dari Korea yang mewarisi gelar Pangeran Heung dengan urutan keempat Kepala Istana Unhyun dan istrinya Puteri Chanju, cucu perempuan Marquis Park Yeonghyo yang merupakan menantu Raja Cheoljong dari Joseon.

Pada usia 9 tahun, ia mewarisi Unhyeongung, dimana Kaisar Gojong dilahirkan, setelah ayahnya tewas di dalam ledakan bom atom. Pada tahun 1947, kakanda ayahnya, Pangeran Gun (Momoyama Ken'ichi), mendapatkan kewarganegaraan Jepang. Hal tersebut membuat Pangeran Chung tampaknya pewaris langsung kakeknya, Pangeran Kerajaan Ui, yang meninggal pada tahun 1955. Pada tahun 1991, Pangeran Chung mengembalikan kampung halaman leluhurnya Unhyeongung ke kota pemerintahan Seoul setelah kematian ibunya.

Di hari ini, ia merupakan pewaris keturunan de jure pemimpin keluarga kerajaan dimana hak putra sulung diberlakukan. Namun, ia tidak ambil bagian di dalam posisi aktif perdebatan antara kepemimpinan keluarga Kerajaan antara kedua kerabatnya, Won, Pangeran Kerajaan Turun Temurun dari Korea (sepupu pertama dan putra dari putra kesembilan Pangeran Ui) dan Puteri Haewon (bibi dan putri sulung kedua Pangeran Ui).

Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]