Yayasan Asti Dharma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yayasan Asti Dharma
Jenis Yayasan Pendidikan
Didirikan 8 September 1957
Kantor pusat Jl. Rahayu No. 22 Jelambar Grogol Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
Daerah layanan DKI Jakarta, Bogor, Jawa Tengah, Ambon, Maluku Tenggara, Sulawesi Tengah
Jasa Pendidikan
Situs web www.astidharma.sch.id

Yayasan Asti Dharma merupakan Yayasan Pendidikan Sekolah Katolik di Jakarta Barat.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Yayasan Asti Dharma Jakarta beralamat di Jln. Rahayu no. 22 Jelambar, Grogol, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan Asti Dharma didirikan oleh Tarekat Puteri Bunda Hati Kudus pada tanggal 8 September 1957. Sampai saat ini Yayasan Asti Dharma melayani masyarakat dalam dunia pendidikan dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA. Pada jenjang TK terdiri dari Kelompok Batita (Bawah Tiga Tahun), Kelompok Bermain (KB), TKA dan TKB. Ada pun sekolah - sekolah yang dikelola oleh Yayasan Asti Dharma saat ini berjumlah 34 unit persekolahan yang terdiri dari 13 unit sekolah Taman Kanak-kanak, 9 unit Sekolah Dasar, 7 unit Sekolah Menengah Pertama, dan 3 unit Sekolah Menengah Atas serta 3 Unit Sekolah Menengah Kejuruan.

Karya Putri Bunda Hati Kudus di bidang pendidikan telah dimulai sejak tahun 1927, saat Misionaris Putri Bunda Hati Kudus pertama tiba di pulau Jawa. Awal pertumbuhan usaha pendidikan oleh Putri Bunda Hati Kudus di Jawa Tengah telah mempunyai 4 komunitas seperti di Purworejo, Tegal, Cilacap dan Wonosobo. Komunitas Purworejo telah mendirikan TK dan SD pada tahun 1928, sedangkan di Tegal didirikan pada 13 Januari 1929. Pada tahun 1931 komunitas Putri Bunda Hati Kudus Wonosobo mendirikan TK dan SD Pius. Komunitas Putri Bunda Hati Kudus tiba di Cilacap pada bulan Juni 1931 untuk mengurus sekolah-sekolah yang telah diambil alih dari seorang wanita Katholik yang kembali ke negara Belanda.

Perkembangan sekolah Katholik di Tegal dimulai tahun 1938 telah didirikan Sekolah Kepandaian Putri (SKP). Awal tahun 1950 didirikan SMP Bintang Laut untuk siswa putri dan SMP Bakti Mulya atau SMP Kraton bagi siswa putra. Pada 1 Agustus 1965 didirikan SMA dan SMK Pius sebelumnya bernama SKKP (Sekolah Kejuruan Kepandaian Putri).

Pada tahun 1949 di Cilacap komunitas Putri Bunda Hati Kudus dibangun kembali untuk menggantikan para suster dari tarekat Dominikanes yang berkarya di persekolahan TK dan SD. Pada tanggal 1 April 1950 berhasil didirikan SKKP dan pada tanggal 1 Juli 1952 didirikan SMP. Dengan demikian Komunitas Cilacap telah memiliki TK, SD, SKKP dan SMP Pius pada akhir tahun 1959.

Komunitas pendidikan yang baru dimulai pada tahun 1963 di Grogol Jakarta Barat, Pemalang tahun 1970, Temanggung tahun 1981, Kota Wisata Bogor tahun 1998. Pendirian di Palu Sulawesi Tengah dan pengambilalihan beberapa sekolah di Maluku.

Persekolahan[sunting | sunting sumber]

TK Bunda Hati Kudus , SD Bunda Hati Kudus, SMP Bunda Hati Kudus dan SMA Bunda Hati Kudus Jelambar Grogol, Jakarta Barat TK, SD, SMP dan SMA Bunda Hati Kudus di Kota Wisata, Cibubur, Kabupaten Bogor. TK, SD, SMP, SMA dan SMK Pius Tegal, Jawa Tengah TK, SD dan SMP Pius Pemalang, Jawa Tengah TK dan SD Pius Wonosobo, Jawa Tengah TK Ade Irma Suryani Parakan, Jawa Tengah SD dan SMP St. Maria Temanggung, Jawa Tengah TK, SD dan SMP St. Maria Purworejo, Jawa Tengah TK, SD Pius Cilacap dan SMP Pius Cilacap, Jawa Tengah Tk Xaverius Ambon TK Ade Irma Suryani, SD Mathias III A & B,SMP dan SMK Santa Theresia Langgur Tual,TK Miryam Elat Kei Besar,TK St. Theresia Arui Bab Wer Tamrian, SMK Imakulata Saumlaki, Maluku Tenggara TK Bunda Hati Kudus Sulawesi Tengah

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]