Yao Wenyuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yao Wenyuan (姚文元; pinyin: Yáo Wényuán; Zhuji, Zhejiang, 1931/1932Shanghai, 23 Desember 2005) adalah seorang pejabat dan penulis asal Republik Rakyat Tiongkok. Ia adalah salah seorang anggota Kelompok Empat pada masa Revolusi Kebudayaan.

Awalnya ia bekerja sebagai kritikus sastra. Kariernya melesat setelah dirinya bergabung dalam Kelompok Empat yang beranggotakan Jiang Qing, istri ketiga Mao Zedong dan dua politikus asal Shanghai, Zhang Chunqiao dan Wang Hongwen. Bersama, mereka menebarkan kekacauan di seluruh Tiongkok dalam masa kekuasaan mereka selama 10 tahun. Masyarakat China dijungkirbalikkan, sementara Garda Merah menyerbu rumah-rumah dan kantor untuk mencari "penempuh jalan kapitalis" dan "kaum borjuis."

Keempatnya ditahan pemerintah baru pada tahun 1976 menyusul kematian Mao dan dijatuhi hukuman panjang, dengan Jiang dan Zhang diganjar hukuman seumur hidup. Yao divonis hukuman 20 tahun penjara dan dibebaskan pada 23 Oktober 1996. Sisa hidupnya dihabiskan dengan menulsi sebuah buku dan mempelajari sejarah Tiongkok.

Ia meninggal dunia akibat diabetes pada 23 Desember 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]