Yanka Kupala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yanka Kupala
Я́нка Купа́ла
Yanka Kupala.jpg
Lahir 7 Juli 1882
Viazynka, near Minsk, Belarus
Meninggal 28 Juni 1942 (usia 59)
Moskwa, Rusia
Pekerjaan penulis
Kewarganegaraan Belarusia
Periode menulis 1903-1942

Yanka Kupala (Janka Kupała, bahasa Belarusia: Я́нка Купа́ла; July 7 [K.J.: June 25] 1882 – June 28, 1942) — adalah nama pena dari Ivan Daminikavich Lutsevich (bahasa Belarusia: Іва́н Даміні́кавіч Луцэ́віч) seorang penulis dan puitis yang berkewarganegaraan Belarusia. Kupala dianggap sebagai salah satu penulis besar berbahasa Belarusia abad ke-20.


Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Rumah dari Yanka Kupala, tempat dia dilahirkan (folwark Viazynka, Minsk district, Belarusia)

Kupala lahir pada tahun 1882 di Viazynka, dekat Maladzyechna pada tanggal 7 Juli. Keluarganya berasal dari Szlachta, meskipun kedua orang tua Kupala bekerja sebagai petani di en:folwark tersebut. Kupala pada dasarnya lahir dari keluarga petani yang tidak memiliki tanah. Kupala menjalani pendidikan Belarusia tradisional, menyelesaikan studinya pada tahun 1898. Setelah kematian ayahnya pada tahun 1902, Kupala bekerja berbagai pekerja jangka pendek, termasuk sebagai tutor, asisten toko, dan penjaga rekaman.

Kupala mulai menulis sastra secara serius dan menghasilkan karya Ziarno, sebuah puisi berbahasa Polandia sentimental yang ia selesaikan sekitar tahun 1903-1904 dengan nama samaran "Ka". Hasil karyanya yang berbahasa Belarusia adalah ("Мая доля") yang diselesaikan pada tanggal 15 Juli 1904. Puisi pertama yang dipublikasikan Kupala adalah "Мужык" ("Petani"), diterbitkan kira-kira setahun kemudian, yang dimuat di surat kabar Belarusia Russophone Severo-Zapadnyi Krai(Krai Timur Laut) pada 11 Mei 1905. Sejumlah puisi berikutnya yang dihasilkan Kupala dan dimuat di surat kabar berbahasa Belarusia adalah Nasha Niva pada tahun 1906-1907.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]