Yana Julio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yana Julio
Yana Julio.jpg
Nama lahir Rusyana
Nama lain Yana Julio
Lahir 8 April 1960 (umur 54)
Bendera Indonesia Bogor, Indonesia
Pekerjaan penyanyi
Tahun aktif 1989 - sekarang
Pasangan Kania Rusyana
Anak Diaz Ilyasa, Aisyah Raihan Fadhilah

Rusyana lebih populer dengan nama Yana Julio (lahir di Bogor, Jawa Barat, 8 April 1960; umur 54 tahun) adalah penyanyi Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Yana Julio memulai kariernya lewat Bintang Radio & TV Remaja Regional II di Bogor. Kemudian Yana menjuarai Festival Penyanyi Populer di Bogor dan DKI Jakarta. Tak hanya tingkat regional dan nasional, Yana juga beberapa kali menjadi peserta dan juara event Festival Lagu Populer tingkat ASEAN , di antaranya Juara I pada 1988 di Kuala Lumpur dan Runner Up pada 1989 di Manila. Selain itu, Yana juga beberapa kali menjadi duta Indonesia dalam pertukaran budaya di Eropa.

Putra R.A. Karna Wiriadimadja ini juga terkenal sebagai salah satu dari anggota Elfa's Singes bersama Agus Wisman, Lita Zein dan Uci Nurul. Bersama `kelompok`nya ini, Yana melanglang ke berbagai negara serta beberapa kali menjadi duta Indonesia, antara lain menjadi duta Indonesia pada North Sea Jazz Festifal di Den Haag, Belanda dan di Thailand Jazz Festival pada tahun 1997. Dengan pimpinan Elfa Secioria Hasbullah, Elfa's Singer telah menyandang penghargaan puncak sebagai Grand Champions berturut-turut dalam olimpiade paduan suara dunia di Linz Austria (2000), Busan Korea (2002), Bremen Jerman (2004), dan Xiamen China (2006).

Alumnus Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Institut Pertanian Bogor ini telah mengeluarkan beberapa hits single (Emosi Jiwa) dan 8 album, di antaranya "Jumpa Lagi" (2002), "Kucinta" (1998), "Selamanya Cinta" (1995), dan "Hasrat Cinta". Pada pertengahan 2007, Yana merencanakan untuk meluncurkan album kompilasi berisi lagu-lagu terbaiknya yang berisi 12 lagu, dua di antaranya lagu baru, salah satunya berjudul "Haruskan Ku Mencintaimu Lagi". Lagu lainnya yang populer adalah "Satu Keinginan", yang juga merupakan judul salah satu albumnya.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Yana menikah dengan Kania Rusyana. Pernikahan tersebut membuahkan 3 orang anak, Diaz Ilyasa, Aisyah Raihan Fadhilah, dan seorang anak bungsunya yang lahir tahun 2004.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]