Yamagata Masakage

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yamagata Masakage (山形昌景?) (1524-1575) adalah salah satu dari 24 jenderal klan Takeda. Ia terkenal akan baju baja merahnya dan kelihaiannya dalam medan pertempuran, dan juga kawan pribadi Shingen Takeda. Ia adalah saudara termuda Obu Toramasa yang juga pembantu Takeda Shingen yang menyebabkan "unit api merah" (berasal dari slogan Shingen Fūrinkazan) yang terkenal. Setelah saudaranya melakukan seppuku untuk menutupi kegagalan pemberontakan Takeda Yoshinobu, Masakage mengambil gelar unit api merah dan memperlengkapi kavalerinya dengan baju baja merah cerah. Konon kavalerinya akan selalu menyerang lebih dulu di sebuah pertempuran; menimbulkan kebingungan dan kepanikan di pihak musuh.

Yamagata adalah seorang ksatria hebat yang berperang di banyak pertempuran dan dianugerahi wilayah han di Shinano. Ia hadir dalam Pertempuran Mimasetoge pada tahun 1569 dan menduduki Kastil Yoshida milik Tokugawa, selama Gerakan Mikatagahara (1572-1573) dan hadir untuk Pertempuran Mikatagahara berikutnya. Gerakan terakhirnya adalah dalam Pertempuran Nagashino yang bernasib buruk pada tahun 1575 saat ia ditembak di atas kuda saat menyerang bersama dengan unit api merahnya yang terkenal. Mereka semua gugur bersamanya.

Yamagata mencoba memengaruhi Takeda Katsuyori untuk membatalkannya 2 kali pada saat serbuan Nagashino, karena ia tau ada perangkap yang menunggu mereka, namun Katsuyori tak mendengarkan.

Ii Naomasa dari klan Tokugawa diilhami oleh warna merah Yamagata, Ii Naomasa menghormati Yamagata dengan menamakan pasukannya "Pasukan Setan Merah."

Menurut legenda, Shingen berteriak pada Yamagata dari tempat tidur kematiannya pada tahun 1573 dan memerintahkannya untuk menanam patakanya di Jembatan Seta, pintu gerbang lama bagian timur ke Kyōto.

Yamagata dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Ia muncul sebagai salah satu tokoh utama dalam epik Akira Kurosawa Kagemusha. Dalam film ia nampak kritis secara terbuka (walaupun sebagai teman) terhadap Shingen "sesungguhnya".

Peran Yamagata di Nagashino sering ditampiljan pada video game yang berdasarkan pada peristiwa itu (Samurai Warriors, Devil Kings dll). Ia biasanya digantikan oleh Sanada Yukimura, meski Yukimura menggunakan baju baja merah bertanda Yamagata.

Baju baja merah Yamagata[sunting | sunting sumber]

Laporan NOBUNAGAOU).

Sumber[sunting | sunting sumber]