Yakovlev Yak-100

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yak-100

Yakovlev Yak-100 adalah sebuah helikopter transportasi mesin tunggal, dikembangkan di Uni Soviet pada tahun 1948. Ini adalah helikopter kedua Desain Biro Yakovlev.

Yak-100 (awalnya ditunjuk Yak-22) dikembangkan dalam kompetisi langsung dengan Mikhail Mil Mi-1. Membawa kemiripan yang mencolok dengan Sikorsky H-5 (murni kebetulan) Yak-100 memiliki konfigurasi rotor konvensional utama dan anti-torsi, didorong oleh Ivchenko AI-26GRFL. Pilot dan awak/penumpang duduk di bawah kanopi rumah kaca gaya lama, menikmati visibilitas yang sangat baik.

Uji coba penerbangan berkembang dengan cepat, dengan getaran hampir di mana-mana sedang ditangani dengan memindahkan pusat gravitasi dari baling-baling utama di balik sumbu lentur mereka. Percobaan Produsen diselesaikan pada bulan Juni 1950, dengan uji coba sukses berikut penerimaan negara akhir tahun itu.

Meskipun sukses dalam uji coba, Yak-100 tidak dimasukkan ke dalam produksi karena Mi-1 sama-sama sukses sudah dipersiapkan untuk produksi sebelum Yak-100 telah menyelesaikan uji penerimaan. Prototipe kedua memiliki 3 kursi serta perbaikan kecil lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Gordon, Yefim (2005). OKB Yakovlev: A History of the Design Bureau and its Aircraft. Hinkley: Midland.