Koprol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Yahoo! Koprol)
Logo pertama Koprol sebelum diakuisisi oleh Yahoo!

Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada di tempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat di mana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

Di Indonesia kota-kota yang sudah dapat menikmati aplikasi ini adalah Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Surakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Bengkulu, Medan, Banda Aceh, Palembang, Makassar, Balikpapan, Cirebon, Papua,[yang mana?] serta manca negara seperti Singapore, Houston, Indianapolis.

Awal Pendirian[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Ada pun tim Koprol yang dimaksud adalah Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai Production Director, dan Daniel Armanto sebagai Engineering manager. Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Koprol yang mencapai kurang lebih 80.000 orang setelah satu setengah tahun lahirnya Koprol. Ini juga mengagetkan SkyEight yang merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak, di mana Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto turut bergabung. Akhirnya pada Februari 2009 Koprol pun diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite. Koprol menggunakan spesifikasi teknologi ubuntu 8.04, apache2, passenger 2.2.1, Ruby Enterprise Edition 20090421, rails 2.3.2, dan MySQL 5 pada server nya. Bentuknya seperti mikroblog yang sedang marak belakangan ini. Mikroblog secara singkat adalah bentuk blog sederhana yang memungkinkan bagi pengguna internet yang sedang bepergian untuk tetap dapat menuliskan teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya.

Akuisisi[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Mei 2010, Yahoo mengumumkan telah mengakuisisi Koprol dengan nilai yang tidak disebutkan jumlahnya. Pada akuisisi ini, seluruh aset teknologi yang dimiliki Koprol beserta 11 orang karyawan Koprol, termasuk para pendiri Koprol, ditarik menjadi bagian dari Yahoo. Akuisisi ini akan menguatkan posisi Yahoo dalam meraup pangsa pasar yang lebih luas lagi di Asia Pasifik maupun di kancah internasional. Kecanggihan layanan berbasis lokasi yang diamini Yahoo lebih baik ketimbang Foursquare menjadi alasan akuisisi ini. Sedangkan dari pihak Koprol sendiri, akuisisi ini diterima dengan baik karena dirasa akan menguntungkan Koprol. Hal ini tidak lepas dari power yang dimiliki Yahoo yang bisa membuat Koprol melangkah ke level yang lebih tinggi lagi.

Sebenarnya kontak antara Yahoo dengan Koprol sendiri sudah mulai terjadi sejak menjelang acara Yahoo Open Hack Day 2009 yang diadakan pada tanggal 21-22 November 2010 di Balai Kartini Jakarta. Yahoo Open Hack Day adalah acara yang diadakan oleh Yahoo untuk memperkenalkan Yahoo! Developer Tools seperti Yahoo! API ke para pengembang web di Asia Tenggara. Saat itu Koprol menjadi salah satu mitra lokal Yahoo yang menggunakan beberapa teknologi API (Application User Interface) Yahoo seperti misalnya: Yahoo Fire Eagle, Yahoo Login, dan Yahoo Contacts. Koprol sendiri merupakan jejaring sosial asli Indonesia yang pertama diakuisisi oleh Yahoo.

Peningkatan Koprol setelah diakuisisi Yahoo[sunting | sunting sumber]

Setelah bergabung dengan Yahoo, Koprol mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini disampaikan oleh Satya Witoelar pada Selasa, 10-8/20 10, kurang lebih tiga bulan setelah akuisisi.[1] Peningkatannya yaitu:

  • More phones

Semakin bertambahnya perangkat telepon genggam yang menggunakan aplikasi Koprol, tidak sebatas smartphone saja. Hal ini didukung oleh adanya aplikasi Java ME (sebelumnya dikenal dengan J2ME) yang diluncurkan oleh Koprol bulan Agustus kemarin. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna Koprol yang tidak memiliki smartphone juga dapat mengakses Koprol melalui perangkat telepon genggam mereka. Selain itu, Koprol juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan telepon genggam, seperti Nexian dan Nokia. Dengan adanya kerja sama ini, pemilik telepon genggam Nexian dan Nokia tipe tertentu dapat mengakses Koprol dengan lebih mudah dari telepon genggam mereka karena terdapat aplikasi Koprol di telepon genggam tersebut.

  • More places

Fitur kurator yang ditambahkan dalam aplikasi Koprol membuat pengguna dapat menambahkan tempat-tempat sesuai dengan syarat yang berlaku. Selain itu, fitur Geo Techno yang juga turut ditambahkan membuat pengguna dapat melakukan update Koprol walaupun sedang tidak berada di Indonesia. Berkat fitur ini, Koprol dapat menjangkau seluruh dunia.

  • More people

Berkat nama besar Yahoo serta aktivitas promosi besar-besaran yang dilakukan oleh Yahoo setelah akuisisi, Koprol berhasil menarik lebih banyak orang untuk bergabung dalam jejaring sosial ini. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya data pengguna Koprol. Pada awal bulan September 2010, kurang lebih tiga bulan setelah akuisisi, pertumbuhan pengguna baru Koprol mencapai kurang lebih 350.000 orang. Dengan demikian, jumlah pengguna Koprol sampai dengan awal bulan September 2010 sudah mencapai kurang lebih 1.500.000 orang.

Penutupan Layanan Yahoo! Koprol[sunting | sunting sumber]

Setelah melakukan pemutusan hubungan kerja tim jejaring sosial Koprol, Yahoo! Koprol akan menutup dan menghentikan layanannya pada tanggal 28 Agustus 2012 karena Yahoo! Koprol dianggap termasuk dalam produk yang tidak memberikan keuntungan yang berarti bagi Yahoo!. Yahoo! telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 2000 karyawannya awal Maret lalu dan termasuk karyawan Yahoo! Indonesia yang tergabung dalam tim Koprol.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]