YPRI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tentang YPRI[sunting | sunting sumber]

Yayasan Pendidikan Rakyat Indonesia - YPRI (Indonesian Popular Education Institute) didirikan pada tanggal 21 Januari 1999, dalam rangka mendukung gerakan Hak-hak Asasi Petani yang melibatkan para aktivis LSM dan akademisi serta para penggerak petani nasional melalui serangkaian kegiatan penelitian, assessment, dan dialog-dialog intensif tentang persoalan-persoalan petani dan kebijakan di bidang pertanian.

Pada bulan April 1999, kolaborasi ini kemudian dikukuhkan menjadi Sekretariat Bersama Advokasi Hak-hak Petani dan Reformasi Agraria--beranggotakan aktivis NGO pendamping petani, para akademisi yang berpihak pada petani, insan pers, dan beberapa organisasi tani yang ada di Indonesia. Kolaborasi ini kemudian merintis kampanye hak-hak petani dan penyusunan serta sosialisasi hak-hak petani kepada petani di beberapa wilayah di Indonesia.

Perkembangan berikutnya setelah dukungan kerja-kerja Advokasi Hak-hak Petani diambil alih perannya oleh AGRA (Aliansi Gerakan Reforma Agraria). YPRI kembali pada induknya INSIST (INDONESIAN SOCIETY for SOCIAL TRANSFORMATION ) dan kembali posisinya sebagai institusi yang lebih memusatkan pada kajian dan pengembangan pendidikan popular, secara khusus mendukung pengembangan Sekolah Transformasi Sosial (STS) dikalangan anggota INSIST.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]