WxWidgets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wxwidgets)
WxWidgets
Tipeclass library (en), Peralatan gawit, Pustaka perangkat lunak, Gawit grafis dan perangkat lunak bebas
Versi pertama1992; 32 tahun lalu (1992)
Versi stabil
3.2.4 (11 November 2023)
GenreDevelopment library
LisensiwxWindows License
Karakteristik teknis
Sistem operasiMicrosoft Windows, GNU/Linux, macOS dan mirip Unix
Bahasa pemrogramanC++
Informasi pengembang
PembuatJulian A.C. Smart (en)
PengembangTim wxWidget[1]
Informasi tambahan
Situs webwxwidgets.org
Free Software DirectorywxWidgets
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


wxWidgets (sebelumnya wxWindows) adalah perangkat dan pustaka untuk membuat antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk aplikasi lintas platform. wxWidgets memungkinkan kode GUI suatu program untuk dikompilasi dan dijalankan pada beberapa platform komputer dengan sedikit atau tanpa perubahan kode. Terdapat banyak pilihan kompilator dan alat lain yang dapat digunakan dengan wxWidgets untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi canggih. wxWidgets mendukung beragam sistem operasi populer dan perpustakaan grafis, baik yang berlisensi maupun gratis, dan secara luas digunakan dalam banyak organisasi terkemuka. wxWidgets adalah perangkat lunak bebas dengan sumber terbuka yang didistribusikan di bawah lisensi wxWidgets.

Proyek ini dimulai dengan nama wxWindows pada tahun 1992 oleh Julian Smart di University of Edinburgh. Pada tahun 2004, Microsoft mengklaim merek dagang terhadap nama wxWindows sehingga proyek ini berganti nama menjadi wxWidgets.

Portabilitas dan Pengembangan[sunting | sunting sumber]

wxWidgets dapat berjalan pada beberapa sistem seperti Microsoft Windows, Mac OS, iOS, Linux/Unix (X Window System, Motif, dan GTK), OpenVMS, OS/2 dan AmigaOS.

wxWidgets digunakan di banyak sektor industri, terutama oleh Xerox, Advanced Micro Devices (AMD), Lockheed Martin, NASA dan Pusat Analisis Angkatan Laut Amerika Serikat. Selain itu juga digunakan pada sektor publik dan pendidikan, misalnya oleh Sekolah Kedokteran Dartmouth, National Research Genome Research Institute, National Center for Biotechnology Information dan lain-lain.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]