World War Z (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
World War Z
World War Z poster.jpg
Poster Amerika Serikat
Sutradara Marc Forster
Produser Brad Pitt
Dede Gardner
Jeremy Kleiner
Ian Bryce
Skenario Matthew Michael Carnahan
Drew Goddard
Damon Lindelof
Cerita Matthew Michael Carnahan
J. Michael Straczynski
Berdasarkan World War Z 
karya Max Brooks
Pemeran Brad Pitt
Mireille Enos
James Badge Dale
Matthew Fox
Musik Marco Beltrami
Sinematografi Ben Seresin
Penyunting Roger Barton
Matt Chesse
Studio Skydance Productions
Hemisphere Media Capital
GK Films
Plan B Entertainment
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
Durasi 116 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $190 juta[2]
Pendapatan kotor $112.211.834 [3]

World War Z adalah film horor kiamat tahun 2013 yang disutradarai Marc Forster. Skeanrio yang ditulis Matthew Michael Carnahan didasarkan pada novel tahun 2006 berjudul sama karya Max Brooks. Film ini dibintangi Brad Pitt sebagai Gerry Lane, mantan karyawan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang harus keliling dunia untuk mencari cara menghentikan wabah mirip zombi.[4]

Plan B Entertainment milik Pitt memegang hak adaptasi filmnya pada tahun 2007 dan Forster ditunjuk sebagai sutradara. Tahun 2009, Carnahan ditunjuk sebagai penulis ulang naskah filmnya. Syuting dimulai bulan Juli 2011 di Malta dengan anggaran sekitar $125 juta, sebelum pindah ke Glasgow pada Agustus 2011 dan Budapest Oktober 2011. Awalnya direncanakan dirilis bulan Desember 2012, namun produksinya mengalami hambatan. Pada Juni 2012, tanggal rilisnya dimundurkan dan kru film kembali ke Budapest untuk syuting selama tujuh minggu. Damon Lindelof ditugaskan untuk menulis skenario ketiga, tetapi tidak sempat dan akhirnya mempekerjakan Drew Goddard. Syuting ulang dilakukan antara September dan Oktober 2012.

World War Z tayang perdana di London tanggal 2 Juni 2013 dan dipilih sebagai film pembuka 35th Moscow International Film Festival. Film ini dirilis tanggal 21 Juni 2013 di Amerika Serikat dalam format 2D dan RealD 3D.

Alur[sunting | sunting sumber]

Mantan karyawan Perserikatan Bangsa-Bangsa Gerry Lane dan keluarganya sedang terjebak macet di Philadelphia ketika terdengar laporan dari radio bahwa terjadi wabah rabies di seluruh dunia. Mereka diserang ratusan zombi dan korban tergigit juga berubah menjadi zombi. Keluarga Lane berhasil kabur dan berlindung di kompleks apartemen sambil menunggu diselamatkan oleh helikopter yang dikirimkan mantan kolega Gerry di PBB, Thierry.

Keluarganya berhasil diangkut ke kapal milik Angkatan Laut Amerika Serikat di lepas pantai New York City. Di sana, tim analis dan personil militer sedang mempelajari penyebaran wabah tersebut di seluruh dunia. Seorang ahli virus, Dr. Fassbach, berpendapat bahwa wabah tersebut disebabkan oleh virus yang asal usulnya harus ditemukan agar vaksinnya bisa dikembangkan. Komandan kapal memberitahu Gerry bahwa karena pernah menjadi mantan penyidik di PBB, Gerry ditugaskan menyelidiki virus ini dan membantu Fassback menemukan sumbernya. Agar keluarganya bisa tetap tinggal di kapal, ia terpaksa menerimanya dan pergi ke Camp Humphreys, pangkalan militer di Korea Selatan tempat kata "zombi" pertama kali digunakan untuk menyebut wabah ini.

Setibanya di pangkalan, mereka diserang dan Fassbach tidak sengaja menembakkan senjatanya ke dirinya sampai tewas. Di sana Gerry mengetahui dari beberapa korban selamat bahwa zombi tertarik dengan suara. Komandannya juga memberitahu Gerry tentang seorang warga lokal yang mulutnya berbusa menggigit dokternya. Ia memperlihatkan sebuah ruangan penuh jasad terbakar, tempat mereka pertama melihat wabah tersebut. Seorang mantan agen CIA yang dipenjara karena berkhianat menyuruh Gerry pergi ke Yerusalem. Di sana, kepala dinas intelijen Israel Mossad, Jurgen Warmbrunn, telah mendirikan zona aman tepat sebelum wabah diakui secara resmi, artinya Israel sebelumnya sudah tahu tentang peristiwa ini.

Di Yerusalem, Gerry bertemu Warmbrunn. Warmbrunn menjelaskan bahwa beberapa bulan sebelumnya Mossad menguping pembicaraan seorang jenderal militer India yang menyatakan bahwa tentara India sedang memerangi sosok "tak mati". Dari informasi tersebut, dibantu program yang mencegah Israel kecolongan seperti sebelumnya, zona karantina didirikan di Israel dan mereka mengizinkan warga sipil yang tidak terinfeksi masuk. Akibat keributan di dalam zona tersebut, ribuan korban dan zombi di luar dinding mulai menumpukkan diri dan memanjat. Kekacauan terjadi dan tentara pengawal Gerry, Segen, digigit. Gerry langsung mengamputasi tangannya agar ia tidak berubah menjadi zombi. Kemudian mereka kabur dari Yerusalem dengan menumpang pesawat.

Setelah menghubungi Thierry, pesawat mereka dialihkan ke Cardiff, Wales, supaya bisa mengunjungi fasilitas riset WHO untuk membantu penelitian vaksinnya. Di dalam pesawat, seorang zombi yang menumpang menyerang, sehingga Gerry terpaksa melemparkan granat ke belakang pesawat. Ledakan tersebut menurunkan tekanan kabin dan semua orang tersedot ke luar. Pesawat jatuh dan Segen dan Gerry selamat. Keduanya tiba di fasilitas tersebut dan Gerry mengungkapkan bahwa korban terinfeksi tidak menggigit orang-orang sakit yang sekarat; mereka dianggap tidak cocok sebagai inang reproduksi virus. Ia bersedia menguji patogen fatal namun dapat disembuhkan pada dirinya. Akan tetapi, gedung penyimpanan patogen tersebut dipenuhi zombi setelah salah seorang dokter tak sengaja menginfeksi dirinya sendiri dan teman-temannya. Gerry berhasil mencapai ruang penyimpanan patogen dan menyuntikkan salah satunya ke tubuhnya. Ia berhasil kembali ke laboratorium utama setelah patogen tersebut membuat dirinya "tersamarkan" dari penglihatan para zombi. Para dokter bahagia atas penemuan tersebut, lalu menyembuhkan Gerry setelah tiba di gedung utama.

Gerry bertemu kembali dengan keluarganya di zona aman Freeport, Nova Scotia. Sebuah "vaksin" yang diambil dari beberapa patogen mematikan langsung dikembangkan. Vaksin tersebut berperan sebagai samaran bagi warga sipil yang mengungsi dan tentara yang memerangi zombi. Rekaman selanjutnya menampilkan perlawanan terhadap zombi di seluruh dunia. Umat manusia memiliki harapan dan Gerry mengatakan bahwa "Ini belum berakhir; mendekati pun tidak."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Selain itu, Peter Capaldi, Pierfrancesco Favino, Ruth Negga, dan Moritz Bleibtreu memerankan dokter WHO. Ernesto Cantu memerankan ayah Tomas, David Andrews sebagai Kapten AL Amerika Serikat Mullenaro,[11] Elyes Gabel sebagai Fassbach,[12] Lucy Aharish sebagai gadis Palestina,[13] dan Julia Levy-Boeken sebagai pengungsi Israel.[9]

Musik[sunting | sunting sumber]

World War Z: Music from the Motion Picture
Album soundtrack oleh Marco Beltrami
Dirilis 18 Juni 2013
Genre Klasik
Durasi 44:09
Label Warner Bros. Records
Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian
Movie Wave 3.5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar half.svgStar empty.svg
Filmtracks 3/5 starsStar full.svgStar full.svgStar empty.svgStar empty.svg
World War Z: Music from the Motion Picture
No. Judul Durasi
1. "Philadelphia"   4:03
2. "The Lane Family"   2:47
3. "Ninja Quiet"   2:54
4. "Searching for Clues"   5:33
5. "NJ Mart"   4:01
6. "Zombies in Coach"   3:43
7. "Hand Off!"   2:49
8. "No Teeth No Bite"   3:25
9. "The Salvation Gates"   4:24
10. "Wales"   5:22
11. "Like a River Around a Rock"   5:08
Durasi total:
44:09


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WORLD WAR Z (15)". British Board of Film Classification. 2013-06-05. Diakses 2013-06-18. 
  2. ^ "Exclusive: The Making of Brad Pitt’s World War Z, from Stunning Budget Overages and a Re-Shot Ending to Lots of On-Set Drama". Vanity Fair. April 30, 2013. Diakses May 5, 2013. 
  3. ^ [1]gross from box office mojo. Retrieved June 25, 2013
  4. ^ Goldberg, Matt (August 10, 2011). "Official World War Z Synopsis Reveals Key Difference between the Movie and the Book". Collider. Diakses May 3, 2012. 
  5. ^ Little Horn, Georgina (July 5, 2011). "It's too loud, Daddy! Brad Pitt's boys cover their ears during explosive visit to set of his new film World War Z". Daily Mail. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal October 5, 2011. Diakses July 5, 2011. 
  6. ^ Kit, Borys (April 25, 2011). "'The Killing' Star in Talks to Play Brad Pitt's Wife in 'World War Z' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal October 5, 2011. Diakses June 21, 2011. 
  7. ^ "Brangelina land in Malta this afternoon". Variety. June 11, 2011. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal October 5, 2011. Diakses June 10, 2011. 
  8. ^ "David Morse To Zombie Pic ‘World War Z’". Deadline.com. October 6, 2011. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal October 10, 2011. Diakses October 9, 2011. 
  9. ^ a b Fleming, Mike (June 14, 2011). "Matthew Fox, Ed Harris In 'World War Z' Talks". Deadline.com. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal October 5, 2011. Diakses June 23, 2011. 
  10. ^ Lesnick, Silas (November 23, 2011). "Abigail Hargrove Talks World War Z". Diakses January 6, 2012. 
  11. ^ Brad Pitt's turmoil in sneak peek of World War Z: 'I can't leave my family' | Mail Online
  12. ^ Miller, Daniel (July 22, 2011). "'Game of Thrones' Actor Cast in Brad Pitt's 'World War Z' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal October 5, 2011. Diakses July 27, 2011. 
  13. ^ Swissa, Eran (June 14, 2011). "נבחרת הזומבים: לוסי אהריש לוהקה לסרט החדש של בראד פיט" [Zombie Dream Team: Lucy Aharish cast in new Brad Pitt film]. Nrg Maariv (dalam bahasa Hebrew). Diarsipkan dari aslinya pada tanggal October 5, 2011. Diakses June 27, 2011. "לוסי אהריש, מגישת הלייט-נייט של הערוץ הראשון, "נבחרת החלומות", מצטרפת אל הקאסט. על-פי גורמים המעורבים בפרטים אהריש נבחנה לפני כשבועיים לתפקיד של אשה פלסטינית צעירה. הקלטות הועברו להפקה ובתחילת השבוע קיבלה אהריש תשובה חיובית." 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Marc Forster Templat:J. Michael Straczynski