Woollahra, New South Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Woollahra
SydneyNew South Wales
Wiki0028.jpg
Phoenix Hotel, Moncur Street
Jumlah penduduk: 7,296 (2006) [1]
Kode pos: 2025
Nilai Properti: AUD $2,000,000 (2007)
Letak: 5 km (3 mi) timur dari Sydney CBD
LGA: Municipality of Woollahra
Distrik Negara Bagian: Vaucluse
Divisi Federal: Wentworth
Pinggiran kota di sekitar Woollahra:
Edgecliff Double Bay Bellevue Hill
Paddington Woollahra Bondi
Moore Park Centennial Park Bondi Junction

Woollahra adalah sebuah kota pinggiran di Eastern Suburbs, Sydney, di negara bagian New South Wales, Australia. Woollahra terletak 5 kilometer di timur distrik bisnis pusat Sydney, di wilayah pemerintah lokal Municipality of Woollahra. Municipality of Woollahra mengambil namanya dari kota pinggiran ini tapi pusat administratifnya terletak di Double Bay. Woollahra terkenal untuk jalan pemukimannya yang sunyi dan dijajari pohon dan pusat perbelanjaan bergaya pedesaan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Woollahra adalah sebuah kata Aborigin yang berarti kamp atau tempat bertemu atau tempat berduduk-duduk. Sebutan ini digunakan oleh Daniel Cooper (1821-1902), pembicara pertama di majelis legislatif New South Wales, ketika ia menetapkan fondasi Woollahra House tahun 1856. Rumah ini dibangun di situs Henrietta Villa (atau Point Piper House). Cooper dan keturunannya bertanggung jawab atas pendirian dan pengembangan pinggiran kota dan namanya diambil dari rumah ini.[2]

Wollahra adalah rumah bagi John McGarvie Smith, seorang ahli metalurgi dan biokimia yang memproduksi vaksin antraks pertama.

Wilayah komersial[sunting | sunting sumber]

Di antara kafe dan restoran adalah sejumlah toko antik dan galeri seni. Kota pinggiran ini juga merupakan lokasi bagi banyak konsulat pemerintah, termasuk Serbia, Jerman, Rusia, Polandia dan Turki.

Gereja[sunting | sunting sumber]

All Saints Church, Ocean Street, dirancang Edmund Blacket
Holy Cross Church, Adelaide Street, dirancang Austin Mackay

Satu dari banyak gereja penting, All Saints di Ocean Street, dirancang oleh Edmund Blacket dan dibangun tahun 1874-1881. Gereja ini tidak pernah sepenuhnya selesai; termasuk teras yang ditujukan sebagai dasar menara dan puncaknya, yang dirancang tapi tak pernah dibangun. Gereja ini sebagian besar dibangun dengan batu pasir dan sekarang terdaftar dalam Register of the National Estate. Gereja ini dideskripsikan sebagai "sebuah gereja paroki yang dirancang secara indah dan memiliki hubungan penting dengan banyak keluarga terkenal Australia." [3]

Gaya kontras dimiliki oleh Holy Cross Church di Adelaide Street. Gereja bata ini dirancang oleh Austin Mackay dan dibangun tahun 1940. Sejauh ini jarang terdapat pada gereja Art Deco, yang cukup tak biasa, dan juga menampilkan pengaruh arsitektur Belanda. [4]

Rumah[sunting | sunting sumber]

Woollahra adalah sebuah kota pinggiran berpengaruh di Sydney, karena dekat dengan kota dan pemandangan menghadap Sydney Harbour. Kota ini memiliki sejumlah tempat penting, termasuk di Moncur Street, Queen Street dan Jersey Road.

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Woollahra Public School dibuka tahun 1877.

Budaya dan Acara[sunting | sunting sumber]

Queen Street Fair[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970-an, sebuah pameran diadakan di Queen Street. Awalnya pameran masyarakat, kemudian berkembang menjadi lebih komersial hingga penduduk lokal mulai tidak senang dengan keributan dan ukuran pameran tersebut. Pameran ini dibubarkan pada awal 1980-an.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Australian Bureau of Statistics (25 October 2007). "Woollahra (State Suburb)". 2006 Census QuickStats. Diakses 2009-03-03. 
  2. ^ Book of Sydney Suburbs, Frances Pollon (Angus and Robertson) 1990, p.273
  3. ^ The Heritage of Australia, Macmillan Company, 1981, p. 2/138
  4. ^ Sydney Architecture, Graham Jahn (Watermark Press) 1997, p.141


Pranala luar[sunting | sunting sumber]