Wong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wong
Asal Bandung, Indonesia
Genre Pop, Rock
Label Sony Music Indonesia
Anggota Ganjar Sukmawansah - Gangan (gitar)
Hermansyah - Herman (bass)
Iwan (gitar)
Remmi (drum)
Heppy Sondari - Heppy (vokal)
Mantan anggota Nunu (drum)

Wong adalah nama grup musik asal Bandung, Indonesia yang berdiri pada tanggal 8 Agustus 1997. Bermula dari sering bermain musik bareng di studio G9 di Jalan BKR Bandung, kemudian mereka sepakat membentuk band yang diberi nama "Wong". Nama tersebut diambil untuk memudahkan orang menyebut grup ini.

Mereka kemudian mencoba membuat lagu dalam bentuk demo dan menawarkannya ke beberapa stasiun radio di Bandung. Usaha mereka tak sia-sia karena singel mereka Tak Ingin masuk dalam program Indie Tujuh di radio Ardan, bahkan sempat merajai tangga lagu selama sembilan pekan tanpa mereka ketahui. Belakangan lagu ini bertengger selama 12 pekan dan selama empat minggu menduduki tangga pertama.

Sony Music Indonesia pun tertarik untuk memasukkan lagu mereka ke album kompilasi Indie Ten bersama 9 band lainnya. Album kompilasi yang juga melambungkan nama Cokelat dan Padi dengan lagu Sobat ini meraup sukses dan terjual di atas 100 ribu kopi. Nama Wong pun mulai terkenal karena kebetulan singel mereka juga dibuat video klipnya.

Sukses di album kompilasi tak membuat Wong puas, mereka terus berkarya dengan harapan ada pihak yang mau merekam lagu-lagu mereka dalam bentuk album. Niat mereka kemudian diwadahi oleh Sony Music Indonesia yang mengontrak mereka untuk membuat album. Sejak Januari 1999 mereka mulai rekaman di Studio Hijau selama tiga minggu dan di Studio 21 selama seminggu. Pada bulan Juni 1999 akhirnya album perdana mereka yang diberi tajuk Wong pun dirilis dengan singel andalan Tak Ingin dan Jangan Lagi. Terpilihnya Wong untuk membuat album merupakan hasil pooling pendapat pembeli kaset Indie Ten, dimana Wong dan grup band Padi terpilih sebagai kelompok favorit dengan suara terbanyak.

Sayangnya diperjalanan karier bermusik, Nunu sang drummer memilih meninggalkan Wong untuk menyelesaikan studi. Posisinya kemudian digantikan oleh Remmi, drummer yang biasa main di kafe-kafe.

Wong sempat merilis album kedua yang berjudul Esok Pagi, sebelum akhirnya vakum hingga saat ini.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  1. 1999 - Wong
  2. 2001 - Esok Pagi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]