Wolfhart Pannenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bundesarchiv B 145 Bild-F065001-0017, Bonn, CDU-Friedenskongress, Pannenberg.jpg

Wolfhart Pannenberg, lahir di Stettin (Szczecin, Poland, 2 Oktober 1928; umur 85 tahun), adalah seorang teolog Kristen Jerman.

Kehidupan dan pandangan[sunting | sunting sumber]

Pannenberg dibaptiskan sebagai anak-anak dalam Gereja Injili (Lutheran), namun selain itu praktis tidak mempunyai hubungan apapun dengan Gereja pada tahun-tahun awalnya. Ketika ia berumur sekitar 16 tahun, ia mengalami pengalaman keagamaan yang kuat yang belakangan disebutnya "pengalaman terang"nya. Ia berusaha memahami pengalaman in dan mulai menyelidiki karya-karya para filsuf dan pemikir agama yang besar. Seorang guru sastranya di SMA yang juga anggota Gereja yang Mengaku pada masa Perang Dunia II mendorongnya untuk menyelidiki dengan sungguh-sungguh agama Kristen. Hal ini menyebabkan Pannenberg mengalami "pertobatan intelektual". Ia menyimpulkan bahwa kekristenan adalah pilihan agama terbaik yang ada untuknya. Hal ini membuatnya merasa terpanggil untuk menjadi seorang teolog.

Yang menjadi pusat karier teologi Pannenberg adalah pembelaannya terhadap teologi sebagai suatu disiplin akademis yang keras, yang mampu berinteraksi secara kritis dengan filsafat, sejarah, dan ilmu-ilmu alam.

Pannenberg barangkali paling terkenal untuk karyanya "Jesus: God and Man" ("Yesus: Allah dan Manusia"); dalam buku ini ia membangun suatu Kristologi "dari bawah". Ia mengambil klaim-klaim dogmatisnya dari suatu penyelidikan kritis terhadap kehidupan Yesus dari Nazaret. Bersaman dengan itu ia menolak Kristologi tradisional dari Konsili Khalsedon tentang "dua hakikat", dan lebih suka memandang pribadi Kristus dalam terang kebangkitan-Nya. Fokus terhadap kebangkitan sebagai kunci terhadap identitias Kristus ini telah membuat Pannenberg membela historisitasnya.

Buku-buku karya Pannenberg dalam bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

  • 1968. Jesus: God and Man. Philadelphia: Westminster Press.
  • 1969. Theology and the Kingdom of God. Westminster Press.
  • 1970. What Is Man? Philadelphia: Fortress Press.
  • 1972. The Apostles' Creed in Light of Today's Questions. Westminster Press.
  • 1977. Faith and Reality. Westminster Press.

Literatur sekunder[sunting | sunting sumber]